10 Manfaat Menjadi Ketua Sie Dalam Organisasi Siswa, Mahasiswa, dan Kepemudaan

Kali ini idehidup.com akan membahas mengenai apa saja sih manfaat menjadi ketua sie dalam organisasi siswa, mahasiswa, atau kepemudaan. Sobat idehidup.com sekalian pastinya akan selalu menjumpai organisasi-organisasi kesiswaan semisal OSIS, Pramuka, PMR, dan klub-klub di sekolah. Atau bila sobat sekalian sedang menempuh pendidikan tinggi maka akan lebih banyak menjumpai lagi organisasi kemahasiswaan di kampus sobat sekalian. Atau organisasi kepemudaan semisal karangtaruna dan organisasi-organisasi yang lain.

Oh iya lupa, kami ucapkan Halo sobat muda sekalian, selamat datang di idehidup.com, selamat menikmati tertikel-artikel yang tersedia dan semoga bisa memberikan manfaat sebanyak-banyaknya kepada sobat sekalian. Sebelumnya mungkin sobat sudah membaca tulisan kami yang berjudul Manfaat Aktif di Kegiatan Organisasi Kepemudaan dan Kemahasiswaan. Artikel kali ini masih berhubungan dengan artikel tersebut.

Nah mungkin di antara sobat sekalian sudah ada yang sudah bergabung di salah satu organisasi tersebut. Dan sobat sekalian suatu waktu diminta atau ditunjuk oleh ketua organisasi untuk menjabat menjadi salah satu ketua sie dalam organisasi yang sobat ikuti. Jangan bingung sobat sekalian, terima saja, karena sobat-sobat sekalian akan banyak mendapatkan manfaat ketika sobat idehidup.com menjadi ketua sie. Apa saja diantara manfaat-manfaat yang bisa sobat dapatkan ketika menjadi ketua sie? mari simak urain berikut ini,

pemimpin, kepemimpinan, organisasi mahasiswa, organisasi siswa, organisasi kepemudaan, manfaat ikut organisasi siswa mahasiswa kepemudaan, manfaat menjadi ketua sie,

1. Melatih Kepemimpinan

Inilah manfaat utama yang paling susah untuk didapatkan bila sobat muda sekalian tidak bergabung di organisasi siswa mahasiswa atau kepemudaan, yaitu ketrampilan kepemimpinan. Ketika sobat sekalian bergabung dengan organisasi siswa mahasiswa atau kepemudaan maka sobat akan terlibat langsung dalam proses kepemimpinan. Sobat sekalian akan mengamati bagaimana senior-senior sobat sekalian menjalankan roda organisasi dengan gaya masing-masing. Dan juga tentu akhirnya nanti sobat juga akan kebagian juga untuk diserahi tanggungjawab menjadi koordinator/ketua sie, bendahara, sekretaris, atau ketua umum.

Sobat sekalian akan banyak belajar bagaimana cara memimpin secara baik. Sobat sekalian akan belajar bagaimana menjalankan organisasi sebaik mungkin. Yang paling terlihat dari organisasi siswa atau organisasi mahasiswa adalah kaderisasi yang berjalan secara dinamis. Karena setiap tahun ajaran baru pasti ada siswa atau mahasiswa baru yang masuk ke sekolah atau kampus. Oleh karena itu pengkaderan di organisasi siswa dan mahasiswa terus berlangsung dan tidak pernah berhenti. Penerimaan anggota baru (open recruitment) serta pendidikan dan pelatihan dasar anggota baru setiap tahun pasti dilakukan.

2. Melatih Tanggungjawab

Dengan menjadi ketua sie di organisasi siswa mahasiswa atau kepemudaan ditempat organisasi sobat muda bergabung akan memberikan latihan pelaksanaan tanggungjawab. Sobat sekalian akan diberikan tanggungjawab untuk menjalankan program kerja yang sudah ditetapkan. Dan sobat sekalian juga bertanggungjawab memberikan arahan dan pemantauan terhadap kinerja anggota sie yang sobat muda pimpin. Karena tentunya sobat muda sebagai ketua sie akan dimintai pertanggungjawaban di akhir masa kerja, yaitu ketika akan diadakan pemilihan pengurus baru organisasi tersebut.

3. Melatih Keterampilan Berkomunikasi

Sebagai ketua sie di organisasi siswa mahasiswa atau kepemudaan maka sobat muda akan dituntut untuk belajar cara berkomunikasi, baik itu dengan anggota sie yang sobat pimpin, dengan ketua sekretaris bendahara atau dengan ketua sie yang lain. Sobat muda juga terkadang diperlukan untuk berlatih berkomunikasi dengan lingkup luar organisasi yaitu masyarakat luas atau juga dengan organisasi lain. Dalam proses melaksanakan program-program kerja organisasi tentunya sobat muda sebagai ketua organisasi juga akan berkomunikasi secara intens dengan para stake holder yang terlibat dengan program kerja yang dipimpin oleh ketua sie.

4. Melatih Keterampilan Memotivasi

Sobat sekalian akan berlatih untuk memotivasi diri sendiri dan juga memotivasi anggota sie yang sobat muda pimpin ketika sobat menjadi ketua Sie dalam organisasi. Karena pada dasarnya sobat sekalian harus bisa memotivasi diri sendiri sebelum bisa memotivasi anggota sie yang sobat pemimpin. Kalau sobat muda sebagai ketua sie sendiri saja sudah lemas tidak bertenaga tidak bersemangat maka apalagi anggota sie yang sobat pimpin, jadi apa mereka nanti. Nah di sinilah letak perlunya keterampilan sobat muda sebagai ketua sie untuk memotivasi diri sendiri dan juga memotivasi anggota sie yang sobat pimpin supaya terus bersemangat apapun yang terjadi.

Sobat sekalian, kondisi dalam berorganisasi itu sangat dinamis. Ibarat roda yang terus berputar, maka dalam menjalankan program kerja yang telah ditetapkan, sobat muda akan banyak  menghadapi berbagaimacam tantangan. Bila sobat muda sebagai ketua sie mampu memotivasi diri dan anggota sie yang sobat pimpin untuk terus bersemangat dalam bekerja, maka sobat akan mampu melewati dan menyelesaikan segala macam tantangan yang terjadi dengan penuh semangat antusiasme yang terus berkobar tak pernah padam. Ayo sobat muda, makanya jangan ragu untuk menjadi ketua sie, ok?

5. Melatih Mengambil Keputusan yang Tepat

Beberapa dari sobat sekalian mungkin masih belum terbiasa atau masih bingung dalam mengambil keputusan secara tepat bila dihadapkan dengan keadaan yang darurat. Terutama buat sobat-sobat sekalian yang terbiasa dimudahkan oleh orang tua dalam mengambil keputusan-keputusan tertentu. Nah, ketika sobat muda idehidup.com sekalian menjadi ketua sie dalam suatu organisasi siswa mahasiswa atau kepemudaan maka sobat sekalian akan banyak belajar dan berlatih dalam mengambil keputusan dengan berdasarkan pertimbangan sobat sendiri sebagai ketua atau juga berdasarkan hasil pembahasan di rapat anggota sie yang sobat pimpin.

6. Melatih Kebijaksanaan

Terkadang sobat-sobat juga dihadapkan dengan adanya perbedaan pendapat di antara anggota sie yang itu cukup meruncing dan mengancam persatuan dan kesatuan anggota sie. Maka bila seperti itu, sobat muda sekalian perlu mengambil keputusan-keputusan tertentu yang diharapkan bisa tetap menjaga persatuan dan kesatuan anggota sie serta memuaskan pihak-pihak yang berbeda pandangan. Di sinilah salah satu letak sobat sekalian dituntut menjadi bijaksana dalam menyatukan pendapat-pendapat yang ada.

Selain itu sobat juga secara bijaksana kembali membuat kondisi anggota sie tetap tentram dan tanpa gejolak. Apakah terlihat sulit? Tenang sobat sekalian, dengan semakin banyak sobat mengalami sendiri maka sobat akan tarasah jiwa kebijaksanaan sobat-sobat sekalian. Bila sobat tidak pernah mengalami hal-hal tersebut, yaitu dengan tidak menjadi ketua sie, maka kapan lagi kebijaksanaan sobat akan terasah. Ok, jadi jangan ragu menjadi ketua sie, jalani dan nikmati saja prosesnya.

7. Menghilangkan Sifat Manja

Bisa jadi di antara sobat sekalian atau teman-teman sobat muda masih memiliki sifat manja. Biasanya sifat ini karena perhatian dan penurutan kemauan serta keinginan dipenuhi secara berlebihan oleh orang tua dan lingkungan. Sehingga terkadang hal tersebut bisa membuat seseorang anak muda menjadi manja. Dengan menjadi ketua sie, maka sobat sekalian dajamin tidak lagi memiliki sifat manja. Karena sobat sekalian akan banyak terasah rasa empati dan simpati sobat sekalian terhadap anggota-anggota sie yang sobat pimpin.

Kalau sobat akan bermanja, maka sobat pasti akan merasa malu dengan anggota sie yang sobat pimpin. Nah dengan demikian maka sedikit demi sedikit sifat manja sobat sekalian akan terkikis habis hingga ke akar-akarnya. Mungkin sifat tersebut baru muncul lagi kelak ketika sobat sekalian sudah mempunyai suami atau istri. karena tidak apa-apa bermanja-manja dengan suami atau istri sobat sekalian hehehe.

8. Melatih Keberanian

Sobat sekalian akan menjadi pemberani ketika sobat menjadi ketu sie. Karena sobat akan banyak berhadapan dengan permasalahan-permasalahan dalam dinamika berorganisasi yang itu membutuhkan keberanian tanpa keragu-raguan. Sebelumnya bagi sobat yang tidak berani berbicara di depan forum atau di depan orang banyak, maka dengan menjadi ketua sie maka sobat akan berlatih berbicara di depan forum. Sebelumnya mungkin sobat sekalian takut berhadapan dengan orang, maka ketika sobat menjadi ketua sie sobat akan banyak bersosialiasi bernegosiasi dengan berbagaim macam jenis orang. Dengan menjadi ketua sie, dijamin sobat akan menjadi pemberani.

9. Siap Bila Nanti Terpilih Menjadi Ketua Organisasi

Dengan menjadi ketua sie, maka sobat akan berkemungkinan besar akan menjadi kandidat ketua umum organisasi pada periode yang akan datang. Sobat sekalian, roda organisasi harus terus berputar yang itu membutuhkan regenerasi dalam kepengurusan organisasi. Akhirnya nanti sobat akan sadar dengan sendirinya bahwa pada intinya adalah sobat harus selalu siap apapun yang terjadi termasuk menjadi ketua umum organisasi. Ikhlaskan diri sobat sekalian menjadi apapun yang sobat harus menjadi. Dengan berbekal ketrampilan dan pengalaman sobat ketika memimpin sie, maka sobat akan juga mampu memimpin organisasi. Oleh karena itu jangan ragu untuk berkata siap bila sobat sekalian terpilih menjadi kandidat calon ketua organisasi.

10. Menjadi Semakin Dewasa

Dari sekian poin-poin yang telah diuraikan di atas tadi, akhirnya bila sobat memahami kesemuanya maka sobat akan manjadi manusia yang lebih dewasa. Sobat akan lebih dewasa dalam berfikir, memandang kehidupan, dan lebih bijaksana dalam menentukan sikap. Sobat sekalian, seperti hal nya ungkapan “tua itu pasti tapi dewasa itu adalah pilihan”. Dengan menjadi ketua sie maka sobat akan memilih berlatih untuk menjadi lebih dewasa.

Gimana sobat muda sekalian, banyak sekali kan yang bisa sobat dapat ketika menjadi ketua sie. Ok, jangan ragu lagi sobat, segera terima tawaran penunjukan tersebut, dan yakinlah bahwa sobat bisa. Karena tentunya nanti sobat akan dibantu dan diberi arahan-arahan senior-senior sobat sekalian dalam melaksanakan tugas sebagai ketua sie. Tetap semangat ya sobat, semoga sukses selalu untuk sobat sekalian kapanpun dan dimanapun sobat sekalian berada. ciao…