10 Tujuan Kuliah dan Pentingnya Kuliah serta Alasan Menjadi Mahasiswa

Perguruan tinggi merupakan fenomena yang saat ini menjadi tren tersendiri di kalangan sobat muda millenial idehidup.com. Ada yang kuliah dengan niat mencari ilmu, ada yang hanya ikut-ikutan teman, ada yang kuliah karena dipaksa orang tua, dan lain sebagainya. Oleh karena itu pasti ada yang bertanya apa sih tujuan kuliah yang sebenarnya.

Tulisan idehidup.com kali ini akan mengulas berkaitan dengan alasan kuliah, tujuan kuliah, pentingnya kuliah, motivasi kuliah, dan alasan menjadi mahasiswa. Kesemuanya ini adalah sangat penting adanya bagi proses belajar di perguruan tinggi. Oleh karena itu bisa juga menjadi semacam essay alasan menjadi mahasiswa.

 alasan kuliah tidak penting,
tujuan kuliah yang sebenarnya,
10 tujuan kuliah,
apa motivasi anda kuliah,
motivasi untuk masuk kuliah,
pentingnya kuliah,
essay alasan menjadi mahasiswa,
8 alasan kuliah tidak penting

Tulisan idehidup.com ini cocok sekali dibaca oleh yang belum kuliah dan masih akan mendaftar kuliah, dan cocok pula dibaca bagi yang sudah kuliah namun kehilangan orientasi arah dan tujuan. Artikel ini juga akan mencoba memberikan perspektif lain berkaitan dengan pendapat-pendapat yang mengulas alasan kuliah tidak penting. Selamat menikmati sajian idehidup.com kali ini.

1. Pemenuhan Kualifikasi

Banyak perusahaan yang mensyaratkan para pelamar kerja harus lulusan perguruan tinggi. Dengan demikian maka paling tidak seorang lulusan perguruan tinggi telah memiliki kualifikasi memenuhi syarat untuk lolos dalam kualifikasi pendidikan saat melamar kerja. Bayangkan bila tidak memiliki ijazah perguruan tinggi maka ketika ada lowongan pekerjaan dengan kualifikasi harus lulusan perguruan tinggi maka tentu saja tidak bisa ikut mendaftar.

2. Meningkatkan Karir

Kuliah di perguruan tinggi akan semakin membukakan pintu selebar-lebarnya untuk meningkatkan jenjang karir. Beberapa perusahaan menetapkan jenjang akademik perguruan tinggi sebagai syarat untuk meningkatkan karir. Oleh karena itu sangat berguna sekali kuliah di perguruan tinggi dalam rangka untuk meningkatkan karir. Malah mungkin kuliah di perguruan tinggi menjadi suatu syarat wajib untuk bisa mendapatkan jenjang karir tertentu di perusahaan atau suatu instansi tertentu.

3. Keuntungan Ekonomi dan Finansial

Mahasiswa yang kuliah di perguruan tinggi dan mendapatkan gelar, maka akan semacam mendapat keuntungan ekonomi dengan standar gaji lulusan perguruan tinggi. Para lulusan perguruan tinggi tersebut bisa digaji lebih dari yang hanya lulusan Sekolah Menengah.

4. Pengembangan Diri (Self Development)

Keberadaa mahasiswa di dalam kampus perguruan tinggi akan menjadikan mereka semakin pintar dan semakin terbuka wawasannya serta akan semakin banyak mendapatkan inspirasi. Perguruan tinggi menyediakan dan mendukung pengembangan diri bagi para civitas akademikanya. Mulai dari dosen-dosen dan profesor-profesor yang siap memberikan itu semua hingga kuliah-kuliah dari tamu profesional yang diundang ke kampus perguruan tinggi untuk memberikan kuliah.

Apalagi iklim atau suasana kampus perguruan tinggi yang memang di-setting untuk menjadikan mahasiswa semakin bersemangat untuk belajar. Hal tersebut bisa berupa perpustakaan dan ruang baca dengan koleksi buku yang lengkap hingga laboratorium dengan peralatan yang lengkap juga. Kesemuanya ini akan menunjang mahasiswa menjadi semakin berkembang. Belum lagi kegiatan-kegaitan non akademik yang juga akan semakin meningkatkan keterampilan hidup mahasiswa menjadi semakin terasah dan semakin tajam.

Beberapa orang memang memiliki semangat belajar yang tinggi dan merupakan orang-orang yang gemar mengisi kehidupannya dengan belajar (long life education). Orang-orang ini menantang diri mereka dengan mengikuti rangkaian pendidikan secara akademis dan melakukan suatu hal yang sangat berarti dalam kehidupannya yaitu mengembangkan pikiran mereka. Bagi orang-orang ini maka perguruan tinggi merupakan salah satu pilihan kesempatan untuk mencapai pengembangan pemikiran mereka secara terstruktur yang hingga akhirnya akan memberikan kepuasan tersendiri pada diri mereka.

5. Meningkatkan Jaringan Profesional

Kuliah di perguruan tinggi akan membuka kesempatan membangun jaringan profesional saat melakukan kegiatan akademik maupun non akademik di perguruan tinggi. Baik itu membangun jaringan relasi dengan kawan-kawan seangkatan atau membangun jaringan dengan kakak angkatan (senior) atau adik angkatan (junior). Selain itu juga berkesempatan membangun jaringan lintas jurusan dan lintas fakultas di kampus lewat berbagai macam organisasi mahasiswa di kampus. Selain itu juga berkesampatan membangun jaringan profesional dengan mahasiswa-mahasiswa dari kampus lain melalui organisasi lintas kampus.

Malahan juga berkesempatan membangun jaringan profesional dengan dosen-dosen dan profesor-profesor di kampus, pastinya mereka memiliki peluang-peluang yang bisa dikembangkan. Selain itu kampus juga sering dikunjungi oleh orang-orang sukses dari pemerintahan maupun dari kalangan bisnis dan kalangan NGO (Non Governmental Organization), para mahasiswa bisa mendapat banyak manfaat dari mereka-mereka itu.

6. Penghargaan Dan Kredibilitas Semakin Tinggi

Pada dasarnya kuliah di perguruan tinggi itu tidak mudah. Faktanya dengan setiap hari harus menaati jadwal perkuliahan dan juga praktikum serta mengerjakan beban tugas-tugas mandiri dan kelompok serta tugas akhir kuliah (skripsi, thesis, desertasi). Bila benar-benar dijalani secara sungguh-sungguh maka kesemuanya ini akan membentuk lulusan perguruan tinggi yang memiliki mentalitas tekun, teliti, pantang menyerah, dan berintegritas. Kesemuanya itu tadi secara langsung akan membentuk kredibilitas dan sesuatu yang patut dihargai.

Tidak semua orang mampu melakukan semua itu dan menyelesaikan semua itu. Oleh karena itu seseorang yang telah berhasil menyelesaikan jenjang pendidikan tinggi maka setidaknya dia telah melalui tempaan dan ujiaan kehidupan tersendiri yang layak untuk diberi penghargaan.

7. Meningkatkan Kemungkinan Jadi Milyuner

Bila kita amati sekilas maka orang-orang terkaya di dunia itu memiliki pengalaman pernah kuliah di perguruan tinggi. Meski memang ada yang tidak sampai menamatkan pendidikan tingginya, namun setidaknya mereka pernah mengenyam pendidikan tinggi walau sebentar. Bisa jadi memang pendidikan tinggi telah memberikan mereka suatu “jalan” untuk mendapatkan kekayaan dan mengembangkan bisnis besar mereka.

8. Menjadikan Lebih Disiplin

Kehidupan akademik di perguruan tinggi akan “memaksa” mahasiswa menjadi lebih disiplin. Misalnya adalah mahasiswa harus mengumpulkan tugas tepat waktu, harus masuk kelas tepat waktu dan juga harus lulus tepat waktu karena kalau tidak maka mahasiswa tersebut akan di-DO (drop out) dari kampus perguruan tinggi.

Pelatihan disiplin ini semacam tidak ada paksaan yang terlalu kuat, karena semua kendali adalah di tangan mahasiwa itu sendiri. Seorang mahasiswa mau hadir di perkuliahan atau tidak itu terserah dia. Mahasiswa mau mengumpulkan tugas atau tidak itu terserah dia. Tapi ingat kalau absensi mahasiwa tidak memenuhi syarat maka mahasiswa tersebut tidak bisa ikut ujian akhir semester.

Mahasiswa juga harus ingat kalau dia sampai tidak mengumpulkan tugas maka dia akan mendapat nilai jelek dan di bawah standar. Akibatnya adalah tidak bisa ikut tes akhir semester sehingga tidak mendapat nilai atau mendapat nilai tapi nilainya di bawah standar karena tidak mengumpulkan tugas. Akibatnya mahasiswa harus mengulang mata kuliah tersebut, akibatnya lagi lulusnya jadi molor, karena terlalu molor bisa-bisa mahasiwa tersebut kehabisan waktu dan akhirnya mahasiswa tersebut di-DO (drop out / dikeluarkan) dari kampus.

Itulah konsekuensi dari pilihan yang diambil oleh mahasiswa bahwa dia mau disiplin atau tidak. Seorang mahasiswa harus mempertanggungjawabkan apa yang dia perbuat. Kampus perguruan tinggi adalah tempat pendidikan orang dewasa, bukan pendidikan anak-anak, dan orang dewasa itu harus bisa mempertanggungjawabkan apa yang dia perbuat.

9. Mendapat Jodoh

Faktanya memang banyak yang akhirnya mendapatkan suami atau mendapatkan istri dari teman seangkatan, kakak angkatan, atau adik angkatan saat mereka kuliah di perguruan tinggi. Karena memang saat kegiatan akademis dan kegiatan non akademis di perguruan tinggi berlangsung tentunya akan ada banyak interaksi-interaksi antar mahasiswa. Terjadinya interaksi-interaksi tersebut itulah yang bila ditambah dengan faktor-faktor lainnya maka akan membuat terjadinya proses mendapatkan jodoh.

10. Menjadikan Lebih Keren

Meskipun memang hal ini merupakan motivasi untuk masuk kuliah yang sedikit aneh, namu paling tidak dengan gelar akademik di belakang nama akan menjadikan sobat idehidup.com jadi terlihat keren. Faktanya memang susah lho untuk mendapatkan gelar tersebut. Mahasiswa harus melewati perjuangan bangun pagi berangkat kuliah, mengerjakan tugas kuliah, praktikum, mengerjakan laporan praktikum, Kuliah Kerja Nyata, mengerjakan penelitian skripsi, menyusun teks skripsi hingga mempertahankannya di hadapan tim dewan penguji. Ya paling tidak menurut idehidup.com bahwa perjuangan tersebut adalah suatu hal yang layak diapresiasi dan layak disebut keren.

Faktanya memang kuliah di perguruan tinggi tidaklah menjamin kesuksesan hidup seseorang. Namun yang jelas, kuliah di perguruan tinggi akan membuka banyak sekali pintu kesempatan untuk menggapai kesuksesan di kehidupan ini. Jadi sobat idehidup.com jangan ragu mengambil keputusan bila memang ada kesempatan kuliah di perguruan tinggi. Karena tentunya masih akan banyak sekali manfaat yang akan didapatkan dengan kuliah di perguruan tinggi.

Demikianlah telah dibahas berkaitan dengan alasan kuliah di perguruan tinggi. Setidaknya artikel ini bisa menjawab pertanyaan apa motivasi anda kuliah. Mungkin juga artikel ini akan memberikan perspektif lain berkaitan dengan alasan kuliah tidak penting. Semoga studi rekan-rekan idehidup.com di perguruan tinggi diberi kelancaran dengan hasil terbaik dan lulus tepat waktu. Terimakasih sudah berkunjung di idehidup.com, salam sukses selalu.

Barangkali anda juga tertarik membaca tulisan idehidup.com lainnya berikut ini:

6 Cara Mendapatkan Prestasi di Kampus Saat Kuliah di Perguruan Tinggi

15 Macam Tipe Strategi Gaya Cara Belajar Mahasiswa

7 Cara Mencatat Efektif di Perkuliahan Perguruan Tinggi

10 Cara Menjadi Mahasiswa Yang Aktif Di Kelas Perkuliahan

9 Cara Supaya Tidak Menganggur Setelah Lulus Kuliah

15 Cara Ampuh Mengatasi Malas Kuliah

18 Contoh Daftar Belanja Bulanan Mahasiswa Anak Kos