11 Cara Mudah Menghilangkan Rasa Takut Dan Cemas Berlebihan

Pernahkan anda merasakan ketakutan-ketakutan tertentu yang membuat anda menjadi tidak bisa produktif dalam bekerja dan berkarya. Bahkan rasa takut yang berlebihan tersebut berdampak menghambat anda dalam proses perjuangan mencapai puncak kesuksesan. Apabila sudah sampai tahap seperti itu tadi, maka hal ini bisa disebut sebagai tantangan yang harus diselesaikan.

Apakah anda ingin terbebas dari rasa takut, cemas, was-was tersebut? anda perlu meluangkan waktu untuk membaca poin-poin pada uraian dari idehidup.com berikut ini. Kami yakin bahwa satu atau beberapa uraian berikut cocok dengan anda sehingga bisa membantu menghilangkan rasa ketakutan dan cemas yang selama ini meneror. Selamat menikmati sajian berikut ini,

1. Buat Daftar Penyebab Semua Ketakutan Anda

Anda perlu tahu segala macam hal yang membuat anda takut secara tidak wajar tersebut. Hal tersebut merupakan langkah awal dalam proses cara mengatasi rasa takut dan cemas yang sedang anda alami. Ini penting untuk mengetahui apa saja yang anda takuti dan menentukan strategi dan cara-cara mengatasi masing-masing ketakutan tersebut.

Apabila anda sudah memiliki daftar jenis ketakutan-ketakutan apa saja yang anda rasakan maka anda sudah memegang peta sebagai panduan yang berisi petunjuk arah kemana akan menuju dari perjalanan ini. Inventarisasi ketakutan anda harus benar-benar dibuat secara menyeluruh dan jangan sampai ada ketakutan yang lupa tidak sampai tertuliskan.

rasa takut berlebihan disebut, cara mengatasi rasa takut dan cemas, dampak ketakutan yang berlebihan, penyebab ketakutan yang tidak wajar, cara menghilangkan rasa takut berlebihan, cara menghilangkan rasa takut berlebihan pada anak, cara menghilangkan rasa takut pada hantu, rasa takut akan masa depan, rasa takut akan kehilangan, efek rasa takut yang berlebihan, menghadapi rasa takut gagal, menghilangkan rasa takut berbicara

2. Tulis Akibat-akibat Atau Efek Dari Ketakutan-ketakutan Tersebut Terhadap Hidup Anda

Anda perlu mencatat pula apa yang sudah dilakukan oleh masing-masing ketakutan tersebut terhadap perjalanan hidup anda. Mencatat semua dampak ketakutan yang berlebihan adalah sangat penting adanya. Hal ini perlu dilakukan sebagai penguat terhadap diri anda untuk sungguh-sungguh menghilangkan ketakutan-ketakutan yang selama ini telah membuat hidup anda menjadi susah.

Semakin anda yakin terhadap kesusahan-kesusahan ataupun kesulitan-kesulitan yang diakibatkan oleh segala macam ketakutan yang menggelayuti anda selama ini, maka akan semakin kuat keinginan anda untuk menghilangkan rasa takut tersebut, sehingga semakin bersungguh-sungguh pula anda dalam melakukan usaha menghilangkan ketakutan-ketakutan itu.

3. Bersikap Waspada Terhadap Pikiran-pikiran Negatif Dan Menuliskan Suara-suara Atau Pikiran-pikiran Negatif Yang Muncul Di Kepala

Catat dan tulislah suara-suara di pikiran anda ataupun lintasan-lintasan pikiran yang berkeliaran di kepala anda. Hal ini untuk mengetahui jenis-jenis serangan pikiran penyebab ketakutan yang tidak wajar dan selama ini merongrong ketenangan anda. Apabila anda sudah mendata secara lengkap semuanya, maka anda bisa dengan mudah mengantisipasi dan bersikap waspada terhadap serangan-serangan pikiran tersebut.

Penting juga menambahkan pada masing-masing jenis serangan pikiran tersebut mengenai situasi kondisi tertentu maupun tempat-tempat tertentu yang biasanya memicu munculnya serangan-serangan pikiran tersebut. Dan akhirnya semakin mudahlah bagi anda untuk memahami masing-masing jenis pemicu rasa takut anda selama ini.

4. Memperbanyak Teman Yang Mendukung Kita Dan Meninggalkan Teman Yang Bisa Menjadikan Kita Ke Arah Negatif

Disadari atau tidak, lingkungan sekitar kita turut ikut andil dalam membentuk dan mempengaruhi pikiran, sikap mental, dan emosi kita. Apabila anda ingin tahu tentang cara menghilangkan rasa takut berlebihan maka anda juga perlu mengetahui dengan siapa saja anda hidup dan bergaul selama ini. Sebagai manusia yang merupakan makhluk sosial maka kita tidak bisa meninggalkan kegiatan interaksi dengan orang lain. Manusia-manusia di sekitar kita merupakan bagian dari lingkungan yang bisa berpotensi mempengaruhi kita.

Bentuk usaha yang bisa kita lakukan adalah dengan mengatur hubungan kita dengan orang-orang di sekitar kita. Pernahkah anda merasakan ketika bersama orang-orang yang bersikap positif maka anda akan juga merasakan aura atau perasaan positif pada diri anda. Sebaliknya, ketika anda bersama orang-orang yang berkecenderungan lebih ke arah sikap negatif maka anda pun secara tidak sadar akan ikut terbangkitkan pikiran-pikiran negatif pada diri anda.

Dari sini, maka anda akan mengetahui alasan mengapa kita harus meningkatkan intesitas bergaul dengan orang-orang yang bersikap positif dan mendukung perjuangan kita dalam menggapai kesuksesan. Tidak lain dan tidak bukan adalah supaya anda juga terkondisikan untuk menjadi bersikap positif. Anda akan terbangkitkan untuk memandang dengan penuh keyakinan terhadap rencana-rencana kehidupan yang telah anda susun. Anda akan mejadi semangat untuk melakukan dan melaksanakan segala macam rencana-rencana yang telah anda tetapkan.

Sikap mental positif begitu juga sikap mental negatif itu bisa menular dari satu orang ke orang lainnya. Kecenderungan orang dengan sikap negatif akan membuat anda menjadi ragu-ragu terhadap segala rencana yang telah anda susun. Sehingga anda akan terjebak dalam lubang keragu-raguan terhadap masa depan anda.

Hal ini bukan berarti anda 100 persen harus menghindari berhubungan dengan orang-orang yang mempunyai kecenderungan bersikap negatif. Berhubunganlah seperlunya sedemikian rupa sehingga anda tidak sampai terpengaruh untuk menjadi ikut bersikap negatif juga. Bila suatu saat nanti anda sudah kuat mental untuk menghadapi mereka dan dirasa tidak akan terpengaruh terhadap “ajakan” untuk menjadi bersikap negatif, maka anda tidak mengapa melakukan banyak interaksi dengan mereka.

5. Bergabung Dengan Komunitas Yang Satu Tujuan Dengan Kita

Masih berhubungan dengan poin memperbanyak interaksi dengan orang-orang yang mendukung kita dan yang berpikiran positif, maka kita bisa bergabung dan aktif di komunitas yang sesuai dengan tujuan yang telah disusun. Dengan bergabung di komunitas tersebut maka pikiran akan menjadi lebih optimis serta menambah pengetahuan dan keterampilan penunjang terhadap tercapainya tujuan. Kekuatan lain yang kita dapatkan dari bergabung dengan komunitas tersebut adalah kita menjadi lebih bersemangant dalam mencapai tujuan yang telah kita rencanakan dan tidak akan merasakan sendirian dalam proses perjalan menuju puncak kesuksesan.

Apabila anda merasakan saat-saat jatuh, mengalami kegagalan, putus asa, dan bosan ketika menjalankan rencana-rencana yang telah anda susun, maka anda bisa berbagi keluh kesah, meminta dukungan serta meminta bantuan kepada komunitas anda tersebut. Karena pada dasarnya seluruh anggota komunitas mempunyai satu ikatan emosional yang sama dan ikatan tujuan yang sama. Bila satu anggota mengalami kesulitan, kesedihan, dan kegalauan maka anggota yang lain akan memberikan saran, masukan, penghiburan, atau minimal empati terhadap anggota tersebut.

Yang perlu diperhatikan dalam keaktifan anda dalam komunitas ini adalah anda harus terlibat secara timbal balik. Jangan sampai hanya saat diri anda membutuhkan dukungan ketika anda mengalami kegagalan, menanyakan tentang permasalahan yang belum anda pahami, serta ketika anda putus asa saja baru kemudian anda berinteraksi dan aktif di komunitas, namun anda juga harus memberikan empati, dukungan, dan bantuan kepada anggota lain yang membutuhkan.

Berbagi dengan anggota lain juga akan memberikan dampak emosional yang positif terhadap anda sendiri. Dengan berbagi bukan berarti anda akan menjadi rugi, namun kehidupan anda akan semakin bertambah bahagia. Dengan bergabung di komunitas maka kita juga bisa berlatih menghilangkan rasa takut berbicara, karena di komunitas akan banyak sesi sharing (berbagi) yang di situ harus berbicara di depan anggota lainnya. Selain itu di komunitas kita juga akan banyak mengeluarkan pendapat.

6. Mengubah Pikiran-pikiran Negatif Yang Muncul Di Kepala Dengan Afirmasi Atau Penguatan Pikiran Yang Lebih Positif Dan Membangun

Berbagai macam teknik afirmasi telah banyak disampaikan pada berbagai jenis tulisan. Anda bisa memanfaatkannya untuk menguatkan anda dalam menghadapi gempuran ketakutan-ketakutan dan kecemasan yang menghantui anda. Inti dari berbagai macam teknik afirmasi adalah menanamkan, menancapkan, dan menguatkan tujuan yang ingin anda capai. Dalam hal ini tentunya adalah menguatkan keinginan anda untuk terbebas dari berbagai macam rasa takut.

Semuanya berawal dari pikiran, ketika pikiran sudah dikondisikan maka yang lain akan dengan mudah mengikuti dan menyesuaikan. Ketika anda terbiasa untuk takut, maka pikiran anda sudah terbiasakan untuk takut. Peran teknik afirmasi ini adalah mengkondisikan pikiran anda untuk tidak takut lagi terhadap suatu sebab tertentu. Salah satu cara teknik afirmasi adalah dengan mengatakan secara berulang-ulang pada diri anda sendiri yang pada kasus ini adalah bahwa anda tidak perlu takut terhadap apa yang biasa anda takutkan. Anda bisa mengulang-ulang pernyataan ketidaktakutan tersebut kapanpun dan sebanyak apapun.

Banyak tulisan yang menyarankan bahwa teknik afirmasi dengan pengulangan kata-kata paling baik dilakukan sesaat setelah anda bangun tidur. Kondisi baru bangun tidur ini dianggap kondisi saat pikiran anda masih segar dan belum terkotori oleh pikiran-pikiran lain selama anda menjalani hidup hari itu. Ketika pikiran-pikiran lain belum menyelimuti otak anda, maka harus segera diisi oleh pikiran-pikiran positif melalui teknik afirmasi.

Tenik-teknik afirmasi ini diharapkan memberikan landasan pikiran yang positif dan kuat terhadap segala macam hal termasuk kemungkinan timbulnya ketakutan-ketakutan yang ingin anda hilangkan tersebut dan akan anda hadapi pada hari itu. Setelah dilakukan teknik afirmasi maka diharapkan anda akan lebih kuat untuk menolak takut yang timbul pada diri anda.

7. Membaca Buku Atau Artikel Yang Membantu Menjadi Diri Kita Yang Lebih Baik

Cara lain untuk membuat anda menjadi lebih berani dan menghilangkan rasa takut adalah dengan memperbanyak pengetahuan untuk menjadikan diri anda lebih baik. Apabila pengetahuan anda semakin luas maka anda akan memahami secara mendalam mengapa anda tidak perlu takut lagi terhadap sesuatu yang menyebabkan anda menjadi takut.

Dengan membaca maka anda akan semakin banyak menemukan alasan-alasan untuk tidak takut terhadap apa yang membuat anda takut. Anda akan semakin tahu seluk beluk mengenai ketakutan-ketakutan anda sehingga anda akan dengan mudah menemukan ataupun menciptakan teknik-teknik baru untuk melawan dan memberantas rasa takut tersebut sampai ke akar-akarnya.

Apalagi mungkin pada diri anda ada rasa takut akan kehilangan, maka ikhlaskanlah semua yang bersama kita, karena semuanya ini hanyalah sementara dan tiada yang abadi di dunia ini. Perbanyaklah membaca untuk meluaskan wawasan dan menambah pengetahuan, sehingga dengan sendirinya anda akan semakin berani dalam hidup ini.

8. Membuat Daftar Target-target Yang Harus Anda Capai Serta Tindakan-tindakan Konkret Apa Yang Harus Kita Lakukan Untuk Mencapainya

Dalam proses penghilangan ketakutan-ketakutan yang menghambat perkembangan, anda sangat perlu menyusun rencana tindakan yang berisi bentuk-bentuk kegiatan konkrit dalam rangka untuk mencapai kesuksesan hilangnya ketakutan-ketakutan. Selain itu anda juga perlu menetapkan target-target yang perlu dicapai. Anda tidak perlu langsung mencapai kesemuanya dengan berat. Anda bisa menciptakan target-target kecil namun dengan kemajuan yang nyata dalam keberhasilan masing-masing target tersebut maka apabila dijumlahkan kesemuanya itu tadi akan menjadi susunan keberhasilan yang besar.

Dengan menciptakan target-target kecil ini anda akan merasa mudah dan mampu untuk menyelesaikan target besar tercapainya tujuan. Apabila anda langsung ingin mendapatkan target besar, maka bisa jadi di benak anda akan muncul kekhawatiran-kekhawatiran apakah anda bisa atau tidak untuk meraihnya. Namun kesemuanya ini juga bergantung pada masing-masing pribadi, bila anda memang bisa dan mampu langsung mendapatkannya tanpa melalui target-target kecil terlebih dahulu, mengapa tidak, iya kan.

9. Melupakan Masa Lalu Dan Lebih Memilih Untuk Memperbaiki Masa Depan

Masa lalu bukanlah sesuatu untuk disesali, diratapi, ditangisi, namun untuk dijadikan pelajaran bagi kita untuk merencanakan dan menetapkan masa depan yang lebih baik. Secara kenyataanpun kita tidak bisa mengubah apa yang sudah terjadi, apakah anda bisa terbang ke masa lampau?. Oleh karena itu konsekuensi logisnya adalah percuma sama sekali anda merasa negatif (sesal, ratap, tangis, dll.) terhadap kejadian-kejadian masa lampau. Sikap-sikap negatif itu tadi hanya akan membuat anda menjadi penakut dalam melangkah di kehidupan. Bersikap optimislah, tataplah hari esok penuh keyakinan, dan jangan sampai muncul rasa takut akan masa depan.

Yang paling logis dan sesuai kenyataan adalah anda harus sadar akan kenyataan, lalu menyusun rencana, untuk kemudian bangkit dan berlari mengejar tercapainya kesuksesan seperti yang telah anda rencanakan. Begitu juga berlaku pada apabila ketakutan-ketakutan anda selama ini disebabkan oleh kejadian-kejadian masa lampau, maka anda harus segera bergerak dan beraksi melawan rasa takut tersebut untuk mewujudkan masa depan yang lebih baik.

10. Melaksanakan Secara Disiplin Dan Konsekuen Rencana-rencana Yang Telah Disusun Untuk Mencapai Tujuan-tujuan Hidup Yang Sudah Kita Tulis (Daftar)

Satu lagi rahasia kesuksesan yang sebetulnya sudah banyak diketahui oleh banyak orang. Yaitu bahwa kita harus disiplin, konsisten dan konsekuen terhadap apa yang telah kita tetapkan dan tekadkan untuk kita capai. Terkadang memang banyak sekali gangguan ketika kita berproses dalam melakukan tindakan-tindakan yang telah kita tetapkan di rencana. Dengan keteguhan hati dan bantuan suntikan semangat serta moral dari orang di sekitar kita juga komunitas yang mendukung, maka akan lebih mudah untuk menjalankan rencana yang telah kita susun meskipun badai menghantam dari berbagai macam penjuru.

11. Memunculkan Keberanian

Lawan dari rasa takut adalah rasa berani. Maka salah satu cara menghilangkan rasa takut adalah dengan memunculkan rasa berani. Apapun yang akan kita lakukan maka beranilah untuk melakukannya serta tumbuhkan kemauan berjuang dalam menghadapi rasa takut gagal. Kebanyakan yang terjadi adalah memang keberanian akan muncul pada saat-saat terdesak atau kepepet. Namun keberanian juga bisa dilatih dengan melatih mental anda dan menumbuh suburkan mental berani anda. Salah satu cara melatihnya adalah dengan mengikuti latihan beladiri. Berlatih beladiri selain menjadikan sehat secara fisik juga akan membuat mental anda menjadi lebih sehat kuat dan tangguh dan berani.

Latihlah keberanian sedari dini sejak anda bersekolah di jenjang SMP dan SMA dengan bergabung di organisasi kesiswaan semisal OSIS (Organisasi Siswa Intra Sekolah), PMR (Palang Merah Remaja), Pramuka, atau Pecinta Alam. Organisasi-organisasi tersebut akan melatih mental keberanian anda dan mengasah keterampilan kepemimpinan anda. Bersedialah ketika anda diserahi sebagai pengurus organisasi tersebut semisal sebagai ketua, sekretaris, bendahara atau ketua sie.

Dengan menjadi pengurus harian maka keterampilan kepemimpinan dan mental keberanian anda akan terasah dengan maksimal. (Baca juga artikel kami yang berjudul 10 Manfaat Menjadi Ketua Sie Dalam Organisasi Siswa Mahasiswa Dan Kepemudaan dan artikel yang berjudul Manfaat Aktif di Kegiatan Organisasi Kepemudaan dan Kemahasiswaan)

Jangan sampai efek rasa takut yang berlebihan menyerang anda. Seperti anda merasa gelisah, resah, tidak tenang, pikiran tertekan, pusing, jantung berdebar-debar, stres tertekan depresi, dan lain sebagainya. Tentunya semua efek tersebut akan menghantui dan mencuri kebahagiaan anda. Berjuanglah sekuat tenaga untuk bisa terlepas dari belenggu rasa takut.

Lawanlah sekarang juga misalnya jika anda mempunyai rasa takut naik motor, rasa takut naik pesawat terbang, rasa takut nyetir mobil, rasa takut untuk menikah, rasa takut terhadap wanita, rasa takut melahirkan, rasa takut memulai usaha wirausaha, rasa takut gelap, dan rasa takut-rasa takut lainnya. Merdekakan diri anda dari berbagai macam jenis ketakutan-ketakutan tersebut.

Demikianlah telah diuraikan mengenai cara menghilangkan rasa takut. Rasa takut memang perlu dikendalikan. Rasa takut yang berlebihan hanya akan menyebabkan ketidakproduktifan pada diri anda. Cara mengendalikan rasa takut perlu dilatih secara terus-menerus tanpa henti. Bahkan sejak masih usia anak-anak pun penumbuhan rasa berani dan penghilangan rasa takut sudah harus mulai ditanamkan.

Uraian di atas juga bisa digunakan sebagai cara menghilangkan rasa takut berlebihan pada anak, dengan sedikit penyesuaian dan pemodifikasian di beberapa hal. Apakah anda juga takut pada hantu? nah langkah-langkah di atas itu tadi juga bisa digunakan sebagai cara menghilangkan rasa takut pada hantu.