11 Rahasia Kiat Dasar Sukses Bisnis, Wirausaha, dan Entrepreneur

Apapun tujuan anda dalam hidup ini, apakah itu akan berkarir di dunia kerja ikut orang lain  dengan menjadi karyawan, atau anda ingin sukses bisnis menjalankan usaha milik sendiri, maka anda perlu memiliki pengembangan jiwa seorang businessman atau seorang entrepreneur maupun pengusaha. Karena pengembangan jiwa model ini akan bagus dalam segi pengembangan diri untuk selalu menjadi pribadi yang lebih baik dan terus berkembang.

Apalagi bila anda memiliki rencana untuk mencapai kebebasan finansial, maka kesuksesan dalam bisnis dan wirausaha akan sangat penting artinya. Berikut ini idehidup.com akan menyajikan bahan renungan atau cara dasar-dasar sukses bisnis, berwirausaha, dan menjadi entrepreneur untuk kita semua. Selamat menyimak.

1. Kurangi makan yang mahal

Ini terutama bagi yang kurang memiliki dana untuk modal usaha atau bisnis. Maka kurangilah memakan makanan yang mahal. Kita perlu menahan diri terlebih dahulu untuk menikmati yang mahal dan mengalokasikan sebagian besar dana untuk modal bisnis dan usaha. Bukan berarti juga harus kekurangan gizi. Karena bisa saja ada makanan sehat yang bergizi tinggi yang itu tidak mahal. Kinilah saatnya untuk membiasakan diri memakan makanan yang dirasa tidak mahal namun sebetulnya makanan tersebut bergizi tinggi. Ini bukan berarti anti terhadap makanan yang mahal, namun hanya saja perlu menunda hingga kelak saatnya tiba.

Kemampuan untuk menunda dan menahan akan memberikan pelatihan kesabaran dan konsisten dalam merintis bisnis, usaha, dan start up. Dengan kata lain, diperlukan suatu pengorbanan dalam perjuangan, begitu juga merintis bisnis, usaha, atau  start up pun juga memerlukan pengorbanan. Pengorbanan tersebut bisa berupa uang, tenaga, pikiran, dan lain sebagainya.

sukses bisnis, bisnis sukses modal kecil, bisnis sukses tanpa modal, bisnis sukses ibu rumah tangga, bisnis sukses anak muda

2. Kurangi membeli pakaian yang berlebihan

Pakailah pakaian yang tidak berlebihan. Pakai yang standar sesuai norma-norma yang berlaku. Tujuannya adalah supaya kita tidak terlalu banyak mengalokasikan dana untuk membeli pakaian yang tidak terlalu penting. Namun kita perlu menggunakan dana yang ada untuk keperluan modal bisnis usaha yang tengah dirintis.

Bahkan orang sekelas Mark Zuckenberg pendiri facebook dan Steve Jobs pendiri Apple hanya memakai pakaian yang bentuk dan warnanya sama di hampir semua kesempatan. Mark Zuckerberg hanya memakai kaos warna abu-abu serta celana jeans, sedangkan Steve Jobs hanya memakai turtlenecks dan celana jeans saja. Selain alasan kesederhanan, memakai satu jenis model pakaian yang sama adalah juga untuk mengurangi beban berpikir harus membuat pilihan memakai pakaian apa setiap harinya.

3. Kurangi jenis hiburan yang butuh banyak uang

Usahakan untuk menghibur diri dengan jenis hiburan yang tidak terlalu menguras isi kantong. Cukuplah menghibur diri dengan hiburan-hiburan sederhan namun sarat akan makna. Memang kita harus menemukannya jenis hiburan apa itu, namun sekali kita menemukannya maka kita bisa lebih optimal lagi dalam mengelola keuangan dengan tidak terlalu banyak menghamburkan uang untuk hiburan. Karena memang kita sedang memfokuskan diri untuk menggunakan sebagian besar uang yang kita miliki untuk digunakan sebagai modal bisnis usaha. Bila kita menghambur-hamburkan uang untuk hiburan-hiburan yang mahal, maka itu adalah hal yang tidak bisa dimaafkan.

Poin 1, 2 dan 3 ini adalah sebagai bentuk komitmen terhadap bisnis, usaha, atau start up yang sedang dirintis. Komitmen ini dalam rupa perlunya pengorbanan apa yang dimiliki dan apa yang bisa dilakukan (tentunya asalkan halal) untuk mencapai tujuan berdirinya atau berjalannya bisnis, usaha, atau start up hingga bisa stabil. Komitmen dan pengorbanan adalah suatu bentuk parameter yang menunjukkan kesungguhan dalam merintis bisnis, usaha, atau start up.

Hal ini terutama bila kita menginginkan bisnis sukses modal kecil, maka kita harus memberdayakan segala apa yang kita miliki. Selain itu kita juga harus mengerahkan segala kemampuan yang kita miliki. Ibaratnya adalah kita mengganti modal usaha yang besar dengan apapun sumber daya yang kita miliki sendiri. Misalnya kita menggunakan rumah kita sebagai pusat kegiatan bisnis dari pada menyewa tempat lain. Atau misalnya kita menggunakan media internet (blog, website, portal jual beli on line, dll.) sebagai displai produk daripada menyewa toko.

Intinya adalah kita memulai dari apa yang kita miliki dengan tanpa memaksakan diri menggunakan dana  untuk hal-hal yang belum kita punyai. Sehingga bila ada yang mengatakan ada bisnis sukses tanpa modal, maka bisa jadi itu maksudnya adalah bahwa bisnis tersebut dijalankan dengan menggunakan modal apapun itu (tenaga, waktu, pikiran, sedikit uang, dll.) yang dimiliki orang kebanyakan dan bukan tanpa modal sama sekali.

4. Bergaul dengan orang-orang sukses

Ini juga bukan berarti memilih-milih dalam bergaul. Kita tetap bergaul dengan siapapun baik itu orang sukses maupun tidak sukses (gagal). Kita harus memperbanyak dan memperluas pergaulan dengan tujuan supaya pengetahuan dan pengalaman kita bertambah. Namun yang perlu diperhatikan adalah kita harus mengambil pelajaran dari semua orang baik itu yang gagal maupun orang yang sukses.

Salah satu caranya adalah kita perlu bergabung dengan komunitas-komunitas perkumpulan orang-orang yang sedang merintis bisnis dan usaha. Pada pertemuan-pertemuan komunitas tersebut biasanya ada sesi sharing/berbagi pengalaman dari para anggota-anggota yang telah sukses. Maka kita bisa mengambil pelajaran dari situ.

5. Perbanyak membaca buku tentang bisnis

Kita harus mengisi pikiran dengan hal-hal tentang bisnis dan usaha. Tujuannya adalah supaya pikiran kita selalu terkondisikan, terbiasa, dan terbuka dengan bisnis. Membaca buku-buku tentang bisnis dan usaha itu untuk membangkitkan semangat dan mendapatkan inspirasi dalam menjalankan rencana-rencana bisnis yang telah kita susun.

Ibaratnya membaca buku-buku tentang bisnis ini adalah sebagai bahan bakar mesin pikiran yang kita miliki. Supaya mesin-mesin pikiran kita terus berputar dan bekerja semaksimal mungkin maka membaca buku adalah suatu kewajiban bagi kita. Selain itu membaca buku-buku tentang bisnis juga untuk mendapatkan ide-ide dan gagasan-gagasan baru yang bisa diterapkan dalam bisnis yang sedang kita rintis dan jalankan.

6. Perbanyak membaca artikel di internet tentang bisnis

Jangan menyerah bila kita tidak bisa membeli buku-buku tentang bisnis yang bisa jadi harganya memang mahal. Sambil menabung untuk bisa membelinya maka kita bisa memanfaatkan internet untuk berselancar mencari artikel-artikel tentang bisnis. Banyak website-website atau blog bertebaran di internet yang membahas tentang bisnis dan usaha. Kita juga bisa menggali ide, gagasan, inspirasi, dan mendapatkan semangat dengan membaca artikel-artikel tersebut.

7. Tingkatkan rasa percaya diri

Menjalankan bisnis dan usaha memerlukan tingkat percaya diri yang tinggi. Bila saat ini kita belum memiliki rasa percaya diri yang tinggi maka jangan khawatir. Mari kita bersama-sama meningkatkan rasa percaya diri dengan melatihnya. Seperti juga hal lainnya, maka rasa percaya diri bisa dilatih dan diusahakan. Dengan latihan yang rajin dan konsisten menjalankannya maka rasa percaya diri bisa diraih.

Jadi misalnya meskipun anda seorang ibu rumah tangga, maka anda juga memiliki kesempatan untuk berbisnis, berwirausaha, atau mendirikan bisnis start up dari rumah. Bisnis sukses ibu rumah tangga bisa anda raih dengan meningkatkan rasa percaya diri pada diri anda. Lebih lanjut mengenai cara meningkatkan rasa percaya diri bisa kita baca di artikel idehidup.com yang berjudul 5 Tips Mengatasi Rasa Minder dan Meningkatkan Percaya Diri serta artikel yang berjudul 7 Manfaat Percaya Diri Dalam Menggapai Kesuksesan.

8. Jangan di rumah saja, keluarlah dan lihat peluang apa yang ada

Untuk menjadi maju dan berkembang serta selalu terinspirasi maka ada kalanya kita memerlukan untuk keluar rumah. Terlalu banyak dan terus-menerus di dalam rumah akan menyebabkan kita menjadi stres tertekan dan depresi. Keluar rumah jalan-jalan dan melihat dunia sekitar akan memberikan kesegaran pada pikiran. Terkadang dalam “jalan-jalan” itu tadi akan memunculkan ide-ide atau gagasan baru yang tiba-tiba muncul di kepala. Selain itu dengan jalan-jalan keluar rumah terkadang juga akan menyebabkan terlihatkannya pada kita tentang peluang-peluang baru untuk perkembangan bisnis dan usaha yang sedang kita rintis dan sedang dijalankan.

9. Memulai bisnis dari yang kecil-kecilan

Semuanya yang besar itu dimulai dari yang terkecil. Seperti halnya ketika kita menempuh pendidikan, akan sulit bagi kita bila tidak pernah mengenyam pendidikan SD (Sekolah Dasar) tiba-tiba mengerjakan soal-soal ujian jenjang pendidikan tingkat perguruan tinggi. Seperti halnya dengan bisnis, maka kita harus memulainya dari yang kecil-kecilan terlebih dahulu. Dari pengalaman-pengalaman yang kecil ini maka kita bisa mengambil pelajaran-pelajaran selama kita menjalankannya. Hingga bisnis kita berkembang menjadi besar dan kita sudah berpengalaman dalam menjalankannya.

Dan juga kita bisa memulai dengan berkegiatan di organisasi sejak kita masih pemuda. Kita bisa melatih diri di organisasi-organisasi siswa semacam OSIS, Pramuka atau PMR. Program-program kerja yang kita jalankan di organisasi-organisasi tersebut itu tadi akan melatih kita dan meningkatkan kualitas diri kita yang kesemua dasar-dasarnya bisa diaplikasikan di bisnis dan usaha yang sedang kita rintis dan jalankan. Dengan kata lain, bisnis sukses anak muda bisa diawali dari aktif bergabung di organisasi siswa, mahasiswa dan kepemudaan.

Lebih lanjut mengenai manfaat bergabung di organisasi kepemudaan ini bisa kita baca di tulisan idehidup.com yang berjudul Manfaat Aktif di Kegiatan Organisasi Kepemudaan dan Kemahasiswaan dan artikel kami yang berjudul 10 Manfaat Menjadi Ketua Sie Dalam Organisasi Siswa, Mahasiswa, dan Kepemudaan.

10. Cari tahu info tentang tren bisnis terbaru

Mencari tahu mengenai info tren bisnis terbaru bukan berarti menjadikan kita tidak fokus dengan bisnis dan usaha yang sedang kita rintis dan jalankan. Namun lebih ke arah bahwa kita harus selalu merespon segala macam perkembangan dan perubahan di sekitar kita terutama yang berkaitan dengan bisnis dan usaha kita. Bila kita tidak merespon perubahan-perubahan yang terjadi maka lambat laun bisnis kita akan terhenti.

Respon tersebut adalah didapatkan dengan terus mencari tahu mengenai tren-tren yang sedang terjadi. Sehingga kita akan tahu mengenai langkah-langkah manuver apa saja yang perlu kita lakukan dalam menjalankan roda bisnis atau usaha yang sedang kita jalankan. Dengan kata lain, bisnis kita tidak boleh berhenti berinovasi.

11. Berbagilah dengan yang sangat membutuhkan uluran tangan

Jangan lupa juga untuk berbagi dengan sesama. Jangan bayangkan berbagi ini hanya berupa uang saja, namun kita juga bisa berbagi mengenai pikiran dan pengalaman-pengalaman yang pernah kita lalui. Dengan demikian maka ada dimensi spiritual yang bisa kita dapatkan dari hal-hal berbagi seperti ini.

Demikian tadi telah dijabarkan oleh idehidup.com mengenai kiat-kiat dasar dalam sukses berbisnis. Semua yang disebutkan di atas adalah sebagai pondasi dasar sederhana yang namun bila diterapkan akan memberikan kekokohan pada bangunan bisnis, usaha, atau start up yang sedang dirintis. Semoga yang sedikit ini bisa memberikan inspirasi dan sedikit memberikan secercah harapan pembangkit semangat dalam berbisnis dan usaha. Mari kita selalu optimis, karena hidup itu bisa dirancang, karir itu bisa dibuat rencananya, dan kebahagiaan itu bisa diusahakan. Mari menjadi pantang menyerah dan terus berjuang untuk menggapai target-target yang telah kita tetapkan.

Namun tentu saja poin-poin yang diulas di atas bukan suatu patokan pasti dalam perjalanan kesuksesan bisnis, usaha, dan start up anda. Tentunya akan ada modifikasi-modifikasi dan penyesuaian-penyesuaian tertentu yang bisa lebih cocok dengan keadaan anda.

Setidaknya tulisan ini bisa memberikan inspirasi jalan menuju kesuksesan anda. Karena dalam usaha mencapai kesuksesan maka anda akan banyak mendapat informasi dan inspirasi dari sana-sini. Tugas anda adalah memilih dan memilah mana yang sekiranya lebih terasa keberhasilannya pada kasus yang anda hadapi. Semoga anda sukses selalu.