16 Cara Menghadapi Kritik

Hallo sobat idehidup.com, apa kabar. Kritik merupakan hal biasa di dunia akademik dan merupakan bagian dari aktivitas harian dalam bergiat di dunia akademia. Kritik merupakan salah satu bahan untuk memantik diskusi ilmiah yang berkualitas dan menambah khasanah keilmuan yang ada. Kritik merupakan suatu bagian dari proses siklus ilmiah yang akan terus terjadi di dunia akademis.

 pengertian kritik secara umum,
tujuan kritik,
pengertian kritik menurut para ahli,
kritik kbbi,
ciri ciri kritik,
kritik dan saran,
fungsi kritik,
kritik dan esai

Namun bagi yang belum terbiasa maka akan terasa sedikit canggung ketika mendapatkan kritik. Untuk membiasakan dan melatih diri mendapatkan kritik maka mau tidak mau harus melibatkan diri di forum-forum diskusi curah pendapat tukar pendapat dan saling mengkritik yang membangun (konstruktif).

Berikut ini idehidup.com mengetengahkan beberapa hal berkaitan dengan cara menghadapi kritik. Semoga tulisan ini bermanfaat untuk pembaca sekalian. Selamat menyimak sajian idehidup.com kali ini.

1. Jangan Menganggap Secara Personal

Jangan menganggap kritikan yang masuk adalah suatu serangan yang bertujuan menjatuhkan atau sebagai serangan kepada personal diri anda. Dalam menyikapi kritikan jangan sekali-kali melibatkan perasaan. Letakan suatu kritik pada ranah logika yang masih bisa diutak-atik dan tidak ada harga mati pada kritikan tersebut. Atau bahasa umumnya adalah suatu kritik jangan dimasukan ke dalam hati.

Cernalah secara logis menggunakan penalaran-penalaran metodologis terhadap kritikan yang masuk. Dengan menghilangkan asumsi bahwa suatu kritikan adalah serangan personal kepada diri anda maka anda akan terhindarkan secara otomatis dari stress tentang kritikan tersebut akibat memikirkannya secara terus-menerus dan merasa harga diri anda jatuh akibat kritikan tersebut.

2. Melatih Membiasakan Diri Menerima Kritikan dan Juga Menyampaikan Kritikan/Mengktitik Suatu Hal

Cara menghadapi suatu kritikan dengan tenang adalah dengan melatih diri untuk menerima kritikan dan juga memberikan kritik pada suatu hal tertentu. Kesemuanya ini bisa didapatkan bila seseorang bergabung dengan suatu kelompok diskusi atau forum tertentu yang di dalamnya ada sering diadakan sesi presentasi atau pemaparan hal tertentu oleh satu anggota kemudian dikritisi, diberi masukan, diberi saran membangun terhadap apa yang dipresentasikannya.

Atau pada kelas-kelas perkuliahan perguruan tinggi untuk hal-hal seperti diskusi, mengkritisi, memberi saran membangun, presentasi, tentunya sudah menjadi budaya dan menjadi kebiasaan bagi civitas akademikanya sehingga mahasiswa-mahasiswa seharusnya sudah terbiasa dengan kritik dan tidak ada kata alergi kritikan bagi mereka. Para mahasiswa sudah terbiasa mengkritik dan dikritik di bidang ilmiah. Dengan terus aktif terlibat dalam forum-forum seperti itu baik di lingkungn kampus maupun di lingkungan luar kampus maka akan melatih mental dan melatih diri dalam menerima kritikan selain itu juga melatih diri tentang cara menyampaikan kritikan yang baik.

3. Berusaha Menunda Reaksi Sesaat

Ketika ada orang menyampaikan suatu kritik kepada anda bila jadi anda tiba-tiba ingin meresponnya secara cepat terutama bila kritikan tersebut “menyakitkan” diri anda. Bila terjadi seperti ini maka cobalah sekuat tenaga untuk berusaha menahan diri untuk meresponnya secara cepat dan tahanlah diri anda.

Jangan merespon saat itu juga karena itu hanyalah lebih besar unsur perasaan dari pada logika dan hal ini sangat berbahaya serta cukup rawan membuat anda terpancing menjadi emosi dan hilang kendali. Tahanlah beberapa saat hingga anda terasa tenang dan lebih bisa berfikir secara jernih. Dengan demikian maka emosi anda akan lebih terkontrol dan pikiran anda akan lebih bisa merespon kritik tersebut secara bijak.

4. Jangan Menyerang Balik

Suatu waktu mungkin anda sedikit lepas kontrol sehingga anda merasa terlukai dengan kritikan yangmengarah ke anda. Bila seperti ini maka jangan sekali-kali anda terpancing kehilangan kendali diri dan menyerang balik orang yang mengkritik anda. Jangan menyerang balik orang yang mengkritik anda namun kuasailah keadaan, kuasailah diri anda sendiri dan jangan libatkan emosi menguasai diri anda, karena bila emosi yang menguasai diri anda maka anda tidak bisa menanggapi kritikan dengan pikiran jernih dan menggunakan logika. Syarat memberikan tanggapan terhadap suatu kritikan adalah deng tenang tidak terpancing emosi, pikiran jernih dan menguasai keadaan.

5. Cobalah Memahami Sudut Pandang Orang Lain Melalui Kritik yang Disampaikan

Terkadang sekilas memang sulit untuk memahami kritik dengan sudut pandang yang disampaikan orang kepada anda. Cobalah secara perlahan-lahan memahami suatu kritik dari perspektif orang lain dan mungkin anda akan menemukan serpihan kebenaran pada apa yang disampaikan oleh mereka.

Bisa jadi anda sampai pada kesimpulan bahwa kritik pedas yang ditujukan kepada anda hanyalah karena pengkritik tersebut perasaannya sedang kacau atau dia sedang ada masalah sehingga dia tidak bisa mengontrol mengatur mengendalikan dan memilih kata sehinga kalimat-kalimatnya cukup menyakitkan. Jangan terburu-buru memasukannya ke dalam hati atau cepat-cepat membuangnya, namun cobaan dan cernalah secara perlahan hingga anda menemukan “sesuatu” di balik itu semua.

6. Mencari “Role Model” atau mencari Contoh Orang yang Menurut Anda Pintar dan Terampil dalam Menghadapi Kritik

Dalam menghadapi kritik, anda bisa mencoba belajar dari seorang “role model” atau seseorang yang anda anggap terampil dalam menghadapi kritik.Sebagai langkah awal anda bisa meniru 100% langkah-langkah atau cara-cara mereka dalam menghdapi kritik. Berikutnya anda bisa mulai membuat penyesuaian-penyesuaian atau modifikasi-modifikasi yang sekiranya menurut anda lebih tepat bagi diri anda.

Role Model” ini bisa lebih dari satu, jadi anda bisa mengambil hal-hal tertentu dari masing-masing “role model” tersebut kemudian anda gabungkan menjadi suatu formula yang sesuai untuk anda.

7. Lihat dan Perhatikan Kembali Nilai-Nilai Prinsip-Prinsip atau Kepercayaan-kepercayaan yang anda Pegang

Dalam menghadapi kritik anda perlu kembali melihat pada nilai-nilai atau prinsip-prinsip yang anda pegang.  Karena terkadang bila anda sedang merasa terserang oleh kritik-kritik yang ditujukan ke anda, maka bisa jadi itu suat pertanda bahwa anda kurang percaya pada diri sendiri. Apabila anda memiliki rasa percaya diri  yang tinggi, maka anda tidak akan merasa diserang secara pribadi. Oleh karena itulah bila anda dalam situasi seperti ini maka segera ingatlah prinsip-prinsip hidup yang anda pegang selama ini.

8. Melatih Keterampilan Mendengar

Untuk memahami suatu kritikan yang disampaikan maka diperlukan suatu keterampilan mendengarkan. Selama ini disadari atau tidak orang cenderung lebih suka berbicara daripada mendengarkan, sehingga terkadang orang perlu lebih belajar menjadi pendengar yang baik. Berkaitan dengan mendengar kritikan maka kita perlu melatih diri mendengarkan untuk kemudian menyimpulkan apa maksud dari kritikan yang disampaikan. Dengan kata lain kemampuan bersabar milik kita akan semakin terasah dengan baik. Dalam mengadi kritik diperlukan keterampilan mendengar yang mumpuni.

9. Kenali Kritik yang Kontruktif dan Kritik yang non-Konstruktif

Bila kita cermati ada dua jenis kritik yaitu kritik yang konstruktif dan kritik non-konstruktif. Anda bisa mengabaikan jenis kritik non kontruktif tapi anda wajib menanggapi kritik yang kontruktif. Di dalam dunia saat ini terutama dunia sosial media, orang dengan mudah menyampaikan kritik dengan segala macam tendensi. Oleh karena itulah diperlukan pemilahan mana saja kritik-kritik konstruktif yang perlu ditindaklanjuti dan mana saja kritik-kritik yang non konstruktif yang diabaikan saja.

10. Segera Ambil Tindakan Terhadap Suatu Kritikan

Jangan sampai membiarkan suatu kritikan berlarut-larut tanpa ada tindakan dari anda. Hal ini karena justru bisa menghantui dan membebani pikiran anda. Segeralah mengambil tindakan terhadap kritik tersebut. Tindakan ini bisa berupa menerima kritik tersebut dan langsung mengevaluasinya, menerima kritik tersebut dan menampungnya terlebih dahulu, atau meolak kritik tersebutdan mengabaikannya. Intinya adalah harus segera mengambil tindakan mau atau akan diapakan kritik tersebut.

11. Bila Tidak Sepakat dengan Suatu Kritikan, Jangan Sampai Mempengaruhi Hubungan Baik yang Selama ini Terjalin

Bila misalnya orang yang selama ini memiliki hubungan baik dengan anda kemudian karena suatu kritik pada anda dan kebetulan anda kurang suka terhadap kritikan tersebut maka jangan sampai anda menjadi membencinya dan rusaklah obyektivitas dan tidak mencampuradukan antara kritik dan relasi yang selama ini sudah terjalin baik jangan sampai rusak. Jadi harus pandai-pandai menempatkan diri dalam konteks kritik dengan relasi/hubungan yang selama ini sudah berjalan baik.

12. Kritikan Memberikan Pandangan Baru

Suatu kritikan akan memberikan suatu cara padang baru terhadap suatu hal. Terkadang juga perspektif kritikan yang diberikan tersebut belum terlintas dan belum terpikirkan di kepala kita. Bila seperti ini maka suatu kritikan justru akan semakin memperkaya khasanah dan ide-ide pada suatu hal tertentu. Apabila yang dikritik adalah suatu permasalahan, maka bisa jadi kritikan-kritikan yang diberikan itu justru membantu dalam menemukan solusi-solusi dari permasalahan yang ada.

13. Semakin Terkenal Kemungkinan Juga Akan Ada Semakin Banyak Kritik

Disadari atau tidak semakin terkenal seseorang maka semakin banyak pula kritikan yang masuk. Hal ini karena secara alamiah bila anda terkenal maka anda akan menjadi perhatian banyak orang. Banyak orang di sini berarti juga banyak dan bermacam-macam sudut pandang, pengetahuan, ideologi, pemikiran, cara berfikir, sehingga akan banyak pula beragam jenis kritikan yang masuk. Dan tentu saja anda tidak mungkin akan memuaskan semua orang. Bila sudah seperti ini maka kritik adalah suatu keniscayaan yang wajar terjadi dan tidak bisa dihindari serta mau tidak mau harus dihadapi.

14. Sadari Bahwa Tidak Ada yang Sempurna di Dunia Ini

Jangan pernah merasa tertekan dengan suatu kritik, sadari bahwa kita semua memiliki ketidaksempurnaan. Jadikan semua kritik sebagai suatu media untuk menjadikan diri semakin baik hari demi hari. Kritik-kritik yang masuk bisa menjadi bahan evaluasi yang bertujuan untuk mengetahui kelemahan-kelemahan yang ada untuk kemudian dibenahi dan dijadikan lebih baik dari sebelumnya. Bila kita menyadari hal ini maka kita telah mendapatkan kunci berharga untuk mengembangkan diri dan menikmati proses yang ada.

15. Bedakan antara Fakta dan Subjektivitas Pada Suatu Kritik

Perhatikan uraian kritik yang disampaikan secara seksama. Cari dan bedakan mana saja dari uraian tersebut yang merupakan data dan fakta yang valid atau yang hanya merupakan pendapat pribadi atau pandangan pribadi sang pengkritik. Dalam mengolah kritik yang ditujukan ke anda maka dahulukan memproses menganalisis yang merupakan suatu data dan fakta berkaitan dengan validitas kebenaran data tersebut hingga intrepretasi anda terhadap data tersebut, baru kemudian bila ada waktu anda bisa mengomentari atau mengolah pendapat pribadi atau pandangan pribadi sang pengkritik. Kebanyakkan kritik negatif biasanya hanyalah berupa opini pribadi sang pengkritik sehinga kurang obyektif.

16. Berbanggalah Pada Diri Anda yang Telah Berani Mengambil Risiko Menghadapi Kritik

Salah satu cara untuk “calm down” andalah dengan berbangga pada diri sendiri yang telah berani menghadapi kritik. Pada dasarnya cukup sedikit orang yang berani menerima kritikan. Karena kritikan bila disampaikan secara ceroboh akan membuat suasana menjadi panas. Kondisi-kondisi seperti ini cukup menguras energi dan membuat tekanan pada mental.

Oleh karena itulah anda patut berbangga karena anda menjadi bagian dari sedikit orang luar biasa itu. Teruslah membiasakan diri terlibat dalam forum-forum diskusi untuk membiasakan dan melatih mental anda dalam menerima kritikan dan juga sekaligus belajar bagaimana cara menyampaikan kritik secara baik dan bijaksana.

Demikianlah telah diulas oleh idehidup.com berkaitan dengan cara menghadapi kritik. Semoga uraian di atas mampu memberikan sedikit gambaran berkaitan dengan cara-cara menghadapi kritik. Terus kunjungi idehidup.com dan semoga sukses selalu.