16 Ide Bisnis Sampingan Buat Mahasiswa atau Usaha Sampingan Untuk Mahasiswa Yang Akan Membuat Mahasiswa Semakin Keren

Ok sobat, artikel idehidup.com kali ini akan membahas mengenai bisnis sampingan buat mahasiswa atau usaha sampingan untuk mahasiswa. Oh iya, lupa belum menyapa sobat. Halo sobat mahasiswa pembaca setia idehidup.com, apa kabar? semoga sobat sekalian dalam kondisi sehat wal’afiat dan selalu dilingkupi kebahagiaan. Kembali ke topik, sobat mahasiswa sekalian mungkin telah mambaca artikel lain di idehidup.com yang membahas tentang kerja sampingan untuk mahasiswa.

Nah bedanya dengan artikel ini adalah kalau di artikel ini akan membahas usaha atau bisnis yang mana itu sobat menjalankannya sendiri, jadi sobat tidak memiliki atasan yang memerintah-merintah sobat, adapun bila ada pihak lain maka itu adalah dianggap rekan bisnis yang posisinya sejajar dengan sobat mahasiswa sekalian. Baiklah langsung saja kita bahas ide jenis-jenis bisnis yang bisa dilakukan oleh mahasiswa.

1. Bisnis Sesuai Bakat atau Jurusan di Perkuliahan

Maksudnya di sini adalah bisnis sampingan buat mahasiswa atau usaha sampingan untuk mahasiswa yang masih ada kaitannya dengan disiplin ilmu perkuliahan sobat mahasiwa. Cobalah sobat mengamati dan mencari celah kesempatan bisnis usah apa yang kira-kira masih ada hubungannya dengan disiplin ilmu yang sobat pelajari di perkuliahan.

Misalnya bila sobat kuliah di jurusan perikanan, maka sobat bisa mencoba membudidayakan ikan hias, mengapa ikan hias dan bukan ikan konsumsi, karena ikan hias membutuhkan tempat yang tidak terlalu besar dan pakan yang juga tidak terlalu banyak, kebanyakan ikan hias adalah berukuran kecil namun nilai jualnya lebih tinggi. Sobat bisa mencari contoh-contoh lain yang sesuai dengan jurusan kuliah  sobat mahasiswa.

2. Bisnis Bimbingan Belajar Privat

Terutama untuk sobat mahasiswa yang kuliah di fakultas MIPA (Matematika, Fisika, Kimia, dll.) maka sobat bisa sambil menjalankan usaha les belajar privat untuk siswa-siswa SMP dan SMA. Sobat bisa mengkoordinir teman-teman atau mahasiswa-mahasiswa lainnya untuk menjadi tentor bimbingan belajar privat ini.

Menjadi pendamping dalam bimbingan belajar privat ini sebenarnya bukan hanya monopoli mahasiwa MIPA atau jurusan pendidikan saja, namun bisa untuk semua mahasiswa dengan jurusan apapun asalkan mampu membimbing belajar privat. Bagi sobat yang mempunyai potensi untuk membimbing belajar adik-adik SD SMP dan SMA, sobat bisa menerapkan bisnis bimbingan belajar privat sebagai bisnis sampingan buat mahasiswa atau usaha sampingan untuk mahasiswa.

Bisnis Sampingan buat Mahasiswa, usaha sampingan untuk mahasiswa, usaha sampingan mahasiswa, bisnis mahasiswa, bisnis mahasiswa tanpa modal, contoh bisnis mahasiswa, contoh peluang bisnis mahasiswa, bisnis mahasiswa kedokteran, bisnis sampingan, bisnis modal kecil, peluang bisnis mahasiswa, usaha sampingan yang menguntungkan, usaha sampingan mahasiswa dengan modal kecil, usaha sampingan tanpa modal, usaha rumahan, contoh usaha sampingan mahasiswa, usaha sampingan mahasiswa online, usaha sampingan pelajar, pekerjaan sampingan mahasiswa

3. Bisnis Penerjemahan

Meskipun saat ini rata-rata penguasaan bahasa asing terutama bahasa Inggris semakin baik di antara mahasiswa. Salah satu faktor yang menunjukkannya adalah syarat skor TOEFL tertentu yang digunakan sebagai syarat masuk ke beberapa perguruan tinggi. Selain itu terutama juga dengan adanya banyak software penterjemah, meskipun software penterjamah tersebut terkadang masih tidak bisa menandingi kualitas jika dibaca dan dikoreksi asli oleh manusia. Namun terkadang tetap ada ceruk pasar untuk bisnis penerjemahan ini untuk jenis-jenis proof reading untuk mengecek apakah ada grammar yang kurang tepat dan membetulkannya kesalahan-kesalahan tatabahasa.

4. Bisnis Pengetikan, Rental Komputer, dan Jasa nge-print (Sewa Printer)

Bisnis sampingan buat mahasiswa atau usaha sampingan untuk mahasiswa jenis ini bisa dikatakan gak ada matinya, selama kampus-kampus masih membuat kebijakan untuk mencetak dokumen-dokumen kuliah (tugas kuliah, makalah, skripsi, thesis disertasi, dll.). Mungkin yang agak sepi adalah jasa pengetikan, karena kebanyakan mahasiswa sekarang sudah banyak yang memiliki laptop, sehingga mereka langsung mengetik naskah tugas, makalah, skripsi, thesis, atau disertasi mereka langsung di laptop mereka. Berbeda dengan jaman dahulu yang ditulis tangan terlebih dahulu kemudian baru diketik. Ya meskipun masih tetap ada saja yang menggunakan jasa pengetikan ini, tapi sangat jarang sekali.

Bisnis yang masih prospek adalah rental komputer (buat mahasiswa yang lupa bawa laptop ke kampus dan ada tugas mendadak, sehingga harus mengetik di tempat rental komputer) dan rental printer untuk nge-print tugas yang sudah mereka ketik di laptop mereka. Hal ini karena memang kebanyakan mahasiswa langsung mengetik naskah mereka di laptop. Namun kebanyakan mereka jarang ada yang memiliki printer. Sehingga mereka masih memanfaatkan jasa persewaan printer (nge-print). Peluang inilah yang membuat masih gurihnya bisnis rental komputer dan jasa nge-print di sekitaran kampus perkuliahan.

5. Bisnis Jual Beli (Sepeda)

Beberapa saat yang lalu penulis sempat membeli sepeda bekas. Saat itu penulis browsing di internet dan mengarah pada salah satu situs jual beli online. Di salah satu halaman situs jual beli online tersebut terpajang foto dan keterangan suatu sepeda bekas yang menarik perhatian penulis. Penulis mengamati secara teliti foto-foto sepeda bekas tersebut yang di-upload di situs jual beli online tersebut.

Setelah penulis mantab dengan salah satu sepeda bekas tersebut maka penulis mencatat nomer telpon contact person penjual sepeda bekas tersebut. Penulis mengirim SMS kepada penjual tersebut dan melakukan tawar menawar. Setelah penulis cocok dengan harga hasil tawar menawar kemudian penulis janjian untuk ketemuan secara langsung dengan penjual tersebut.

Nah yang menarik adalah setelah penulis bertemu dengan penjual sepeda bekas tersebut, ternyata penjual tersebut masih mahasiswa lho. Setelah penulis ngobrol-ngobrol dengannya, penulis menyimpulkan bahwa mahasiswa ini ternyata memang menjalankan bisnis jual beli sepedanya secara online. yaitu dengan mem-posting foto sepeda-sepeda jualannya ke situs-situs jual beli online. Bukan hanya sepeda bekas, mahasiswa ini juga menjual sepeda baru dan juga menjual berbagai macam spare part sepeda.

Dia bercerita ke penulis kalau dia juga memberikan pelayanan tambahan dengan mengirimkan sepeda jualannya secara gratis (dengan ketentuan masih dalam kota dan sekitarnya), terutama untuk sepeda baru. Jangan dibayangkan dikirim dengan dinaikkan bak pick-up, mahasiswa ini mengangkut sepeda pancal tersebut dengan mengikat sepeda pancal tersebut di belakang sepeda motornya. Itulah mengapa, pengalaman penulis bertemu dengan mahasiswa pebisnis jual beli sepeda ini penulis masukkan dalam artikel bisnis sampingan buat mahasiswa atau usaha sampingan untuk mahasiswa ini.

6. Bisnis Ternak Hewan Hias (kucing Hias, Kelinci Hias, Marmut Hias, dll.)

Masih dengan mas-mas mahasiswa pebisnis sepeda itu tadi, ternyata mas-mas tersebut juga mempunya bisnis ternak kucing hias (kucing ras anggora). Mungkin mas-mas mahasiswa tersebut memang dulunya juga hobi memelihara kucing hias, sehingga kemudian hobinya tersebut dikembangkan menjadi lahan bisnis yang menghasilkan pemasukan uang. Apapun asal halal dan menghasilkan income maka perlu dilakukan. Dan tentunya juga kuliah tetap fokus nomor satu dan kuliah jangan sampai terbengkelai akibat terlalu fokus pada bisnis sampingan.

Jalankan antara perkuliahan dan bisnis secara bersamaan. Tentunya dengan bisnis/usaha sampingan sendiri bagi mahasiswa memiliki fleksibilitas yang lebih tinggi dari pada kerja sampingan bagi mahasiswa, karena bisnis/usaha sampingan lebih memungkinkan untuk memberikan posisi tawar yang lebih tinggi dari pada kerja sampingan.

Artinya begini, bila sobat bekerja sampingan maka sobat masih ikut orang karena di atas sobat masih ada pimpinan sobat, namun bila sobat mahasiswa mempunyai bisnis sendiri maka sobat akan lebih bisa fleksibel dalam melayani customer atau rekan bisnis sobat karena sobat adalah sebagai pemilik usaha atau sebagai pemimpin (pemegang kendali) bagi usaha sobat sendiri. Itulah kelebihan bisnis sampingan buat mahasiswa atau usaha sampingan untuk mahasiswa. yaitu membuat sobat mahasiswa semakin banyak memiliki pilihan dan pengembangan selanjutnya lebih luas.

7. Bisnis Software House (Website, Program Komputer, Sistem Informasi, aplikasi mobile)

Penulis juga memiliki teman yang sebagai mahasiswa dan juga mempunyai bisnis pembuatan software program komputer atau sistem informasi. Terkadang mereka mengerjakan sistem informasi tersebut sendiri atau juga terkadang mereka bekerja secara tim. Atau terkadang juga mereka mendapatkan sub proyek dari teman yang lain. Banyak juga akhirnya dari mereka ini yang di kemudian hari memiliki usaha secara resmi software house dengan status legal dalam bentuk Perseroan Terbatas. Ya meskipun juga juga masih ada yang belum memiliki badan hukum, masih berjalan secara freelance.

8. Bisnis Perawatan Hewan Peliharaan

Dengan semakin banyaknya penghobi hewan peliharaan mulai dari kucing, kelinci dan sebagainya, maka bisnis perawatan hewan peliharaan ini mempunyai prospek yang cukup cerah. Semisal memberikan jasa memandikan hewan peliharaan dan juga perawatan bulu dan kesehatannya. Tentunya hal ini juga akan menjadi ceruk pasar bisnis jasa tersendiri yang menggiurkan.

Salah satu hal yang perlu diperhatikan adalah melibatkan diri dalam komunitas-komunitas penghobi hewan peliharaan sambil secara perlahan-lahan mempromosikan bisnis jasa perawatan yang sedang dijalankan. Bila sobat mahasiswa juga penghobi hewan hias peliharaan maka bisa dicoba bisnis yang satu ini. Barangkali bisnis sampingan buat mahasiswa atau usaha sampingan untuk mahasiswa. jenis ini sesuai dengan passion sobat dalam memulai usaha.

9. Bisnis Tour Wisata

Sobat bisa memulai dengan menawarkan paket-paket wisata yang ada di sekitar tempat sobat kuliah. Atau bila sobat suka mendaki gunung maka itu juga bisa ditawarkan menjadi paket wisata. Sobat bisa mempromosikan paket wisata sobat secara online. Keterampilan berbahasa Inggris akan sangat berguna pada bisnis ini, karena sobat akan banyak menerima tamu-tamu wisatawan dari luar negeri lewat promosi tour wisata sobat.

Semisal paket wisata pendakian gunung, maka sobat harus menyiapkan segala akomodasi transportasi wisatawan yang mengambil jasa paket wisata pendakian gunung pada sobat. Bisnis sampingan buat mahasiswa atau usaha sampingan untuk mahasiswa jenis ini cocok untuk sobat mahasiswa yang berjiwa petualang. Apakah sobat berani mewujudkannya?

10. Bisnis Persewaan Alat-alat dan Perlengkapan Berkemah (camping) Atau Pendakian Gunung

Masih berkaitan dengan poin nomor 9 mengenai wisata minat khusus pendakian gunung, maka sobat bisa memulai bisnis persewaan alat pendakian gunung. Bisnis ini tidak harus sobat memiliki banyak peralatan lengkap pendakian gunung, tetapi sobat bisa bekerjasama dengan teman-teman sobat sesama penghobi pendakian gunung. Sobat bisa menawarkan bagi hasil dengan teman yang peralatan pendakiannya disewa oleh pelanggan sobat. P

eralatan yang biasanya sering disewa diantaranya yaitu tenda dome, tenda biasa (tarp tent), tas ransel pendakian (carrier, backpack berbagai macam ukuran), matras atau sleeping pad, kantong tidur (sleeping bag), tongkat pendakian (tracking pole), sepatu boot, kompor lapang (bahan bakar gas, spiritus, atau parafin), peralatan memasak lapang (nesting), tenda komando, lampu lentera badai, topi rimba, kompas, radio komunikasi (handy talky), dan lain sebagainya.

11. Bisnis Pulsa

Sobat bisa menambah uang saku dengan jualan pulsa. Saat ini mudah sekali untuk mendaftarkan diri menjadi agen pulsa. Sobat juga tidak harus memiliki konter/lapak seperti penjual-penjual pulsa di pinggir-pinggir jalan atau di kompleks tertokoan. Sobat bisa menggarap pangsa pasar orang-orang di sekitar sobat mahasiswa. Jadi tidak ada salahnya sobat menjalankan bisnis pulsa ini. Sobat juga tidak harus terdaftar sebagai agen penjual pulsa, karena sobat bisa memanfaatkan internet banking salah satu fitur tabungan sobat yang sekarang banyak menyediakan fasilitas untuk membeli pulsa. Gimana sobat? ingin mencoba?

12. Bisnis Jualan Online

Sobat bisa menjual apapun secara online. Seperti halnya sudah diungkap pada poin 5 tulisan ini, penulis bercerita tentang seorang mahasiswa yang menjalankan bisnis jual beli sepeda baru dan bekas secara online. Banyak sekali jenis-jenis barang yang bisa dijual secara online. Sobat bisa memanfaatkan situs jual beli online ataupun juga bisa memanfaatkan media sosial untuk berjualan. Berbeda dengan jualan di situs jual beli online yang memang menyediakan tempat untuk jualan, sobat mahasiswa perlu strategi khusus untuk berjualan di media sosial. Sobat mahasiswa perlu berhati-hati untuk tidak monoton memposting berbagai macam jualan di akun sosial media sobat.

Karena bisa jadi hanya memenuhi layar monitor atau layar HP teman-teman sobat ketika mereka membuka media sosial. Akibat dari posting yang membuat orang lain tidak nyaman tersebut adalah terberat sobat akan di-unfriend atau minimal sobat akan di-unfollow. Salah satu triknya adalah “bungkuslah” jualan sobat sekalian dalam bentuk postingan yang bermanfaat berguna atau inspiratif. Sehingga teman-teman sobat di media sosial tidak merasa bosan dengan jualan sobat. Sehingga bila teman sobat tidak membeli produk yang sobat tawarkan, mereka masih mendapatkan manfaat dari postingan sobat.

Yang paling optimal adalah sobat memiliki website/blog sendiri untuk men-display (menampilkan/memamerkan/menunjukkan) barang-barang jualan sobat, ya mirip-mirip sebagai etalase online gitu deh. Dan jangan lupa juga website/blog jualan sobat tersebut juga perlu diberi posting mengenai artikel-artikel tulisan yang bermanfaat bagi pembaca. Artikel-artikel (content) ini akan menarik calon pembeli produk yang sobat jual baik itu yang datang dari mesin pencari (search engine) atau yang datang dari media sosial (sobat posting tautan (link) artikel inspiratif di media sosial).

Sehingga teman-teman anda di sosial media atau para pengguna internet tidak merasa terganggu oleh postingan-postingan jualan sobat, namun mereka mendapatkan sesuatu yang bermanfaat dari postingan sobat dan itu juga bisa meningkatkan kepercayaan kepada sobat dan akhirnya konversi mereka menjadi pembeli produk sobat akan semakin tinggi, mereka membeli produk yang sobat tawarkan. Bagaimana sobat? menarik sekali kan bisnis sampingan buat mahasiswa atau usaha sampingan untuk mahasiswa jenis ini? ayo sobat segera mulai bisnismu saat ini juga!

13. Bisnis Event Organizer

Sobat punya pengalaman menjadi panitia pada acara-acara kemahasiswaan di kampus? Nah sobat berarti punya peluang untuk menjadikannya lahan bisnis. Tidak jauh-jauh dari bikin-bikin acara gitu lah sobat. Untuk menguasai seluk beluk bisnis ini maka sobat perlu bergabung dulu menjadi crew di event organizer besar, nah baru kemudian bila sobat sudah merasa bisa meng-handle suatu acara maka sobat bisa membuat proposal pengajuan menjadi panitia suatu acara.

Tentunya sobat akan memerlukan crew juga, nah sobat bisa merekrut crew dari teman-teman sobat atau kenalan-kenalan sobat. Untuk lebih efektifnya tim sobat, maka pilihlah crew yang memiliki track record dan berkinerja baik dalam hal tanggungjawab pada terselenggaranya acara secara sukses. Intinya adalah memanfaatkan berbagai macam celah untuk sobat bisa berbisnis dan menghasilkan pemasukan (income). Bila sobat siap, why not gitu lho.

14. Bisnis Makanan Atau Minuman (bisa Dimasak Di Akhir Pekan Bila Takut Ganggu Kuliah)

Sobat punya hobi masak memasak? sobat berarti memiliki kesempatan untuk melakukan bisnis sampingan buat mahasiswa atau usaha sampingan untuk mahasiswa jenis ini. Takut ganggu perkuliahan? sobat bisa melakukannya di hari libur kuliah, misal hari sabtu dan minggu. Sobat bisa mencoba untuk menjual makanan dan minuman sobat di acara-acara yang ramai didatangi orang tiap hari sabtu dan minggu.

Sobat bisa membuka lapak di acara-acara tersebut. Sobat bisa membawa makanan atau minuman yang siap langsung jual ataupun juga sobat juga bisa menjual jenis makanan yang perlu dimasak terlebih dahulu, tapi kalau bisa jangan enis makanan yang lama memasaknya, minimal tinggal menghangatkan. Gimana? asyik kan? bisa sobat coba nih untuk membuat hobi memasak sobat menjadi ladang untuk pemasukan uang.

15. Bisnis Fotokopi

Bisnis fotokopi ini cukup potensial dan pasarnya masih terbuka lebar terutama di sekitar kampus perkuliahan. Karena mahasiswa-mahasiswa masih banyak membutuhkan untuk menggandakan dokumen-dokumen perkuliahan dengan fotokopi. Namun memang investasi untuk memulai bisnisnya bisa dibilang lumayan agak besar. Sobat memerlukan untuk sewa tempat terutama yang dekat dengan pintu keluar masuk kampus. Sobat perlu membeli mesin fotokopi dan juga tentunya biaya bulanan listrik (bisa juga menggunakan listrik prabayar).

Bila tidak dijalakan sendiri, sobat juga perlu menggaji karyawan untuk menjalankan bisnis ini. Namun bila sobat mempunyai jadwal perkuliahan yang fleksibel maka bisnis ini bisa sobat jalankan sendiri. Memang bisni fotokopi ini memerlukan investasi yang bisa dibilang cukup besar, namun bila sobat tidak ada permasalahan dengan investasi yang hampir cukup tinggi, maka bisnis ini bisa menjadi salah satu pilihan untuk sobat.

16. Bisnis Buku

Sobat suka baca buku? sobat ingin terus bersama buku-buku? bisnis jualan buku solusinya. Sobat bisa bekerja sama dengan toko-toko buku untuk menjualkan buku mereka dan sobat bisa mendapatkan bagi hasil dari buku yang terjual. Sobat bisa menawarkan langsung ke teman-teman sobat buku-buku tersebut. Sobat juga bisa membuka lapak di acara-acara (events) tertentu di sekitaran kampus, atau di manapun asalkan sobat mahasiswa punya kesempatan untuk jualan buku maka cobalah untuk menjual buku.

Tentu saja sobat juga bisa menjual buku ini secara online dengan cara seperti yang telah dibahas di poin-poin di atas tadi. Dan akhirnya nanti sobat akan mempunyai semacam intuisi kira-kira buku jenis apa saja yang laku cepat, nah sobat bisa menjual buku-buku jenis tersebut. Dan tentu saja, sobat akan mempunyai kesempatan untuk membaca sepuasnya buku-buku tersebut untuk memenuhi hobi membaca sobat. Asyik kan?

Nah demikian tadi telah idehidup.com bahas mengenai bisnis sampingan buat mahasiswa atau usaha sampingan untuk mahasiswa dengan harapan bisa memberikan inspirasi jenis usaha untuk dijalankan sobat mahasiswa. Apa yang telah diuraikan di atas adalah hanyalah sedikit contoh jenis-jenis usaha yang bisa sobat mahasiswa jalankan. Sobat mahasiswa masih bisa menggali lebih jauh jenis-jenis usaha bisnis lain yang cocok dengan diri sobat mahasiswa. Selamat berkarya dan semoga sukses selalu untuk sobat-sobat mahasiswa di manapun sobat berada. Hidup mahasiswa!