20 Cara Meningkatkan Motivasi Semangat Belajar

Seorang pelajar baik itu siswa maupun mahasiswa atau siapapun yang sedang mempelajari sesuatu maka perlu mengetahui cara meningkatkan motivasi belajar diri sendiri dalam proses belajarnya. Hal ini karena di tengah proses belajar terkadang semangat dan motivasi diri akan mengalami naik turun. Tulisan idehidup.com ini dalam rangka membuat suatu pendekatan (approach) dengan tujuan untuk menstabilkan semangat dan motivasi belajar diri sendiri.

Berbagai macam cara menumbuhkan semangat belajar pada diri sendiri yang diulas pada artikel idehidup.com ini bisa juga digunakan sebagai cara meningkatkan semangat belajar siswa. Meskipun memang bila dipakai sebagai cara menumbuhkan motivasi belajar siswa. maka mungkin memerlukan sedikit modifikasi-modifikasi. Semua ini karena tulisan ini dibuat berdasarkan pengalaman penulis dalam mencari berbagai macam cara meningkatkan motivasi belajar mahasiswa. Berkaitan dengan motivasi belajar mahasiswa maka anda juga bisa menyimak tulisan kami lainnya yang berjudul 14 Trik Super Rahasia Meraih IPK Tertinggi: Pengantar Dasar-dasar Cara Belajar di Perguruan Tinggi Secara Optimal.

cara meningkatkan motivasi belajar diri sendiri, cara meningkatkan motivasi belajar mahasiswa, cara meningkatkan motivasi belajar siswa smp, cara menumbuhkan motivasi belajar siswa, cara meningkatkan motivasi belajar pdf, contoh motivasi belajar siswa, cara menumbuhkan semangat belajar pada diri sendiri, cara memotivasi diri sendiri agar semangat belajar, cara memotivasi diri sendiri untuk sukses, cara menumbuhkan semangat belajar pada diri sendiri, cara meningkatkan semangat belajar siswa, kata motivasi agar semangat belajar, cara agar semangat belajar menurut islam, motivasi diri untuk maju

Berikut ini berbagai macam cara meningkatkan semangat belajar versi idehidup.com, selamat menyimak dan semoga bisa memberikan inspirasi bagi kita semua.

1. Fokus Pada Tujuan Belajar Jangka Panjang

Salah satu cara meningkatkan motivasi belajar adalah dengan selalu mengingat dan memfokuskan segenap pikiran ada tujuan belajar yang dilakukan. Misalnya adalah rajin belajar dengan tujuan untuk bisa segera lulus kuliah. Atau juga misalnya rajin belajar dengan tujuan untuk bisa segera bekerja untuk menggapai mimpi-mimpi, cita-cita, atau keinginan-keinginan. Supaya bisa fokus dan selalu ingat pada tujuan besar yang ingin dicapai maka salah satu caranya adalah dengan memasang atau menuliskan tujuan-tujuan, target-target yang telah ditetapkan dan akan diperjuangkan untuk dicapai pada kertas besar atau dibuat seperti poster dan ditempelkan pada tempat  yang selalu terlihat.

Misalnya poster tersebut ditempelkan di dinding di dekat meja belajar  sehingga tujuan-tujuan (daftar tujuan) tersebut akan selalu terlihat dengan harapan kita akan selalu ingat terhadap tujuan-tujuan belajar tersebut dan kembali fokus serta membangkitkan motivasi belajar secara menggelora. Berkaitan dengan penetapan tujuan sebagai kunci sukses telah dibahas dalam artikel idehidup.com lainnya yang berjudul 5 Rahasia Perencanaan Tujuan dan Pembuatan Keputusan yang Jarang Diketahui Banyak Orang.

2. Hilangkan Gangguan (distraction) Di Sekitar Tempat Belajar

Untuk orang-orang tertentu dalam proses belajar memerlukan pembebasan diri dari segala macam hal yang menjadi potensi mencemari konsentrasi pikiran. Bila memang seperti ini maka diperlukan pengkondisian tempat lokasi belajar sehingga terhindar dari potensi gangguan. Sebutlah misalnya tempat belajar dirapikan terlebih dahulu. Buku-buku ditata rapi, sampah-sampah dibuang, alat-alat tulis yang berserakan dirapikan, kabel charger laptop kabel charger telepon genggam digulung rapi, lantai disapu bersih serta dipel, bila memakai karpet maka sudah dibersihkan dengan vacum cleaner.

Dengan demikian maka akan terbebaskan dari kesemrawutan yang bisa mengganggu pikiran. Oleh karena itu ada sebagian orang yang memiliki ruang yang khusus digunakan untuk belajar. Kelebihan memiliki ruangan khusus tersebut adalah akan lebih memudahkan dalam mengkondisikan ruangan tempat belajar.

Namun demikian ada juga yang tidak mempermasalahkan kondisi ruangan semrawut berantakan dan masih bisa belajar dalam kondisi seperti itu. Bahkan mungkin malah justru baru bisa lancar dan nyaman berkonsentrasi serta ide-ide mengalir deras dalam kondisi ruangan yang acak-acakan. Jadi kesimpulannya adalah tergantung dari kondisi seperti apa yang membuat kita lancar dalam proses belajar, maka itu lakukan saja. Bila suka kondisi rapi maka rapikanlah ruangan sebelum belajar. Bila enjoy dengan ruangan semrawut acak-acakan ya biarkan saja seperti itu asalkan ruangan tersebut adalah ruangan pribadi kita sendiri sehingga tidak mengganggu orang lain.

3. Menentukan Target Belajar Yang Memungkinkan Dicapai Pada Tiap Sesi

Salah satu cara memotivasi diri sendiri agar semangat belajar adalah dengan menentukan target belajar pada sesi tertentu. Perlu ditentukan berapa menit atau berapa jam harus diusahakan bisa selesai mempelajari bagian tertentu. Misalnya dalam satu jam ke depan ditargetkan bisa selesai mempelajari Bab I, satu jam kemudian selesai mempelajari Bab II.

Dengan adanya target seper ini maka akan terpacu untuk menyelesaikan target yang telah ditetapkan. Namun dalam penentuan target juga perlu diperkirakan kira-kira mampu atau tidak memenuhi target yang akan ditetapkan. Apabila memang dirasa suatu Bab cukup berat untuk selesai dipelajari dalam satu jam maka bisa ditambah lagi menjadi satu setengah jam atau dua jam.

4. Sempatkan Istirahat Di Tengah Proses Belajar

Bila kita membaca tips-tips tentang cara memotivasi diri sendiri untuk sukses belajar maka kita akan sampai pada bahwa  belajar terutama yang terus-menerus dalam durasi panjang maka setidaknya setiap satu jam memerlukan penyempatan waktu istirahat. Tujuan dari pemberian waktu untuk istirahat ini adalah memberi kesempatan tubuh dan pikiran/otak supaya bisa sejenak beristirahat dan mengurangi ketegangan.

Hal ini terutama bila pada suatu kesempatan kita meniatkan untuk belajar selama satu hari penuh. Namu yang perlu diperhatikan adalah jangan sampai terlena terlalu lama istirahat dan tidak bersebera kembali belajar. Setidaknya istirahat ini adalah selama 15 menit dan setelah itu segera kembali belajar.

5. Memulai Belajar Lebih Awal

Langkah laiannya yang bisa dilakukan sebagai salah satu cara menumbuhkan semangat belajar pada diri sendiri adalah dengan memulai belajar lebih awal. Misalnya adalah dengan memulai belajar di pagi hari saat pikiran masih segar dan saat pikiran belum terasa berat karena mulai mikirkan permasalahan kehidupan.

Atau apabila berniat akan belajar sepulang dari kampus maka bersegera memulai saat matahari belum terbenam. Intinya adalah semakin lama menunda-nunda memulai belajar maka akan semakin berat untuk memulai melakukannya.

6. Belajar Di Tempat Yang Nyaman (cozy)

Cara memotivasi diri sendiri agar semangat belajar yang lainnya adalah dengan belajar di tempat yang nyaman. Karena terkadang belajar di tempat yang sama secara terus-menerus adalah kurang nyaman dan membosankan. Maka bila demikian perlu dicari tempat lainnya yang nyaman digunakan untuk belajar. Misalnya adalah belajar di perpustakaan kampus. Perpustakaan di kampus biasanya menyediakan tempat-tempat yang nyaman digunakan belajar di dalamnya. Belajar di dalam perpustakaan juga memberikan kemudahan tersendiri yaitu tersedianya buku-buku teks dan juga buku-buku referensi sehingga semakin mendukung dalam proses belajar.

Tempat lainnya yang biasanya banyak digunakan untuk belajar adalah kafe. Ada beberapa orang yang sangat menikmati suasana cafe dan menggunakannya sebagai tempat untuk belajar. Tentu saja bila belajar cukup lama maka jangan lupa untuk memesan makanan dan minuman yang cukup. Selain itu juga perlu memperhatikan situasi kafe, bila kafe cukup ramai dan banyak pengunjung lainnya yang antri tempat duduk maka lebih baik segera cabut beranjak meninggalkan kafe tersebut untuk memberikan kesempatan duduk pengunjung kafe lainnya.

Selanjutnya bisa melanjutkan belajar di kafe lain yang sepi atau pindah ke perpustakaan. Tempat lainnya yang bisa digunakan untuk belajar adalah di taman. Suasana sore dengan sinar mentari yang lembut akan cukup nyaman digunakan untuk belajar di taman.

7. Melakukan “Pemicu Kecil” Pembangkit Semangat Belajar

Terkadang pada saat-saat tertentu rasa semangat untuk memulai belajar benar-benar tidak ada sama sekali, sedangkan beberapa hari lagi akan diadakan ulangan tengah semester atau ulangan akhir semester. Apabila sudah seperti itu suka tidak suka maka harus mencari cara meningkatkan motivasi belajar diri sendiri. Barangkali suatu saat kita pernah merasakan hal-hal kecil tertentu yang tiba-tiba memicu semangat untuk membuka buku lalu mengambil ball point dan kemudian memulai belajar. Ingat-ingatlah hal seperti ini karena akan sangat berguna sekali pada saat kehilangan semangat belajar.

Bisa jadi semangat belajar kita tiba-tiba timbul setelah membaca kisah-kisah tentang perjalanan orang sukses dalam menggapai keberhasilan. Kisah tersebut bisa berupa artikel atau kisah yang tertulis pada buku biografi orang sukses terutama pada bidang yang saat ini sedang anda pelajari. Atau bisa juga kita tiba-tiba merasa semangat belajar saat melihat foto-foto orang yang sedang belajar atau sedang menulis. Foto-foto tersebut mungkin anda temukan di jejaring sosial tumblr, instagram, flickr, dan lain sebagainya.

Untuk komunitas belajar di tumblr biasa dikenal dengan studyblr, sedangkan komunitas belajar di instagram biasa dikenal dengan studygram. Cobalah mencari dengan kata kunci atau hash tag studyblr atau studygram. Komunitas-komunitas tersebut sering meng-up load atau mem-posting foto-foto yang berkaitan dengan kegiatan belajar. Jadi cobalah mencari dan mengingat-ingat pemicu-pemicu kecil tersebut yang pernah anda rasakan lalu kemudian terapkan saat anda kehilangan motivasi belajar.

8. Belajar Bersama

Salah satu cara untuk membangkitkan motivasi belajar adalah dengan melakukan belajar bersama. Cobalah mencari kawan yang memang benar-benar belajar ketika sesi belajar bersama. Kegiatan belajar bersama akan menjadi kacau dan tidak berjalan sebagai mana mestinya apabila ternyata kawan yang kita  ajak belajar bersama justru mengajak kita mengobrol ke sana kemari. Bisa juga malah kita sendiri yang terpancing untuk mengajak ngobrol kawan yang kita ajak belajar bersama. Jadi jangan sampai hal ini terjadi dan mengacaukan kegiatan belajar bersama.

Salain itu jangan khawatir dan kecewa apabila ternyata kita tidak mendapatkan kawan yang bisa diajak belajar bersama. Ada banyak channel di youtube yang mengkhususkan diri membuat video-video bertema belajar bersama. Jenis-jenis video seperti ini di youtube diberi dengan tagstudy with me”. Jadi ketika kita memutar vidio ini kita akan semacam terasa seperti sedang bersama. Ada semacam sensasi kita tidak sedang belajar sendirian namun terasa ada yang “menemani” belajar.

Bisa juga benar-benar belajar bersama secara on line. Hal ini karena dimungkinkan untuk saling berkomunikasi secara visual secara real time. Cara ini bisa menggunakan aplikasi Ekiga, skype, yahoo messenger, facebook chat, dan lain sebagainya. Jadi kita tinggal membuat janji dengan kawan untuk melakukan proses belajar bersama secara on line ini. Dengan demikian diskusi membahas topik pelajaran secara dua arah pun juga bisa dilakukan secara on line.

9. Mengembangkan Ketertarikan Terhadap Topik Yang Dipelajari

Berusaha meningkatkan ketertarikan terhadap topik yang sedang dipelajari adalah juga merupakan salah satu cara meningkatkan motivasi belajar mahasiswa, siswa, maupun pembelajar lainnya. Jadi kita harus berusaha menemukan sisi menarik pada topik yang sedang dipelajari. Sisi-sisi menarik tersebut misalnya adalah dengan mencari tokoh-tokoh ilmuwan yang berperan dalam pengembangan pengetahuan dan keilmuan pada bidang topik tersebut.

Selanjutnya bisa dicari bagaimana rentetan kronologis sampai berkembangnya topik ilmu pengetahuan tersebut. Berikutnya yang bisa dilakukan adalah mencari siapa saja tokoh-tokoh ilmuwan yang berperan dalam mengembangkan dan menyempurnakan bidang keilmuan tersebut. Bisa juga sampai pada membaca biografi tokoh-tokoh yang terlibat dalam penemuan dan pengembangan topik tersebut.

Hal ini karena pada dasarnya manusia menyukai kisah atau cerita. Selain itu cara seperti ini juga akan semakin meningkatkan pemahaman pada topik yang dipelajari secara menyeluruh/komprehensif. Dengan mengetahui latar belakang atau cerita dibalik suatu penemuan maka akan mampu digunakan sebagai cara untuk memahami konsep keilmuan topik yang sedang dipelajari. Selain itu juga bisa dicari hal-hal menarik lainnya pada sisi-sisi lain topik keilmuan yang sedang dipelajari.

10. Mencari Apa Yang Bisa Dilakukan Dengan Menggunakan Topik Yang Sedang Dipelajari (What Can We Do With Our Topic Today)

Cara meningkatkan motivasi belajar yang juga bisa dicoba adalah dengan mencari apa yang bisa dilakukan dengan menggunakan topik yang sedang dipelajari. Hal ini karena secara umum manusia akan menemukan nilai (value) dari apa yang sedang dia pelajari ketika dia tahu apa yang bisa dia lakukan dengan topik pelajaran yang sedang dia pelajari. Apabila seseorang sudah tahu manfaat dari apa yang dia pelajari maka semangat belajarnya akan menggebu-gebu.

Kobaran api semangat motivasi belajarnya akan terus menyala-nyala tanpa henti nyaris tak pernah mati. Seseorang akan merasa malas dan tak ada motivasi sama sekali apabila dia merasa bahwa apa yang dia pelajari tidak ada gunanya karena dia mempelajari sesuatu yang  sia-sia tanpa guna.

Namun terkadang rasa seperti ini hanyalah akibat kekurang pengetahuan saja dan akibat memiliki pengetahuan sepotong-potong dan kurang menyeluruh. Sehingga akibatnya masih seperti dilingkupi kegelapan. Oleh karena itu diperlukan langkah-langkah dan terobosan-terobosan dalam rangka mencari informasi-informasi tentang apa yang bisa dilakukan dengan topik yang sedang dipelajari.

Caranya adalah bisa dengan secara langsung menanyakannya kepada dosen atau guru atau pemateri yang menyampaikan topik tersebut. Cara lainnya adalah dengan membaca sebanyak-banyaknya buku-buku lain atau bermacam paperilmiah yang berhubungan dengan topik yang sedang dipelajari.

11. Berteman Dengan Kawan Yang Rajin Belajar Secara Teratur

Cara meningkatkan motivasi belajar dengan berteman dengan kawan yang rajin belajar adalah langkah yang bisa ditempuh lainnya sebagai upaya untuk meningkatkan semangat belajar. Hal ini karena semagnat belajar itu bisa semacam menular atau bisa menginduksi orang lain untuk juga terbangkitkan semangat belajarnya. Selain itu juga setidak-tidaknya orang lain akan menjadi ikut-ikutan belajar juga.

Jadi ini semacam suatu usaha untuk membuat atmosfer suasana lingkungan yang kondusif untuk belajar. Bila lingkungan sekitar kita dipenuhi oleh orang-orang yang rajin belajar maka sedikit banyak juga akan mempengaruhi kita untuk juga menjadi rajin belajar. Bisa jadi juga ada benarnya suatu perkataan bahwa berkawan dengan penjual minyak wangi akan ikut wangi.

12. Hilangkan Pikiran Pesimis

Cara meningkatkan motivasi belajar siswa SMP, siswa SMA, Mahasiswa, serta para pembelajar lainnya adalah dengan memupus dan menghilangkan pikiran pesimis dari benak seorang pembelajar. Pikiran pesimis hanya akan melemahkan dan perlahan-lahan memadamkan api semangat belajar. Jangan bayangkan hal-hal menakutkan yang membuat gamang dalam belajar. Apabila suatu topik pelajaran begitu banyak maka pelajarilah perlahan-lahan sedikit demi sedikit maka nanti lama kelamaan pasti seluruh topik akan selesai dipelajari seluruhnya.

Apabila suatu topik terlihat sulit dan susah dipelajari maka carilah sumber-sumber pembahasan lainnya yang cara penguraian dan pembahasannya lebih mudah kita pahami. Selain itu bisa juga kita tanyakan hal-hal tertentu dari topik tersebut kepada kawan yang juga mempelajarinya atau langsung ditanyakan kepada guru atau dosen atau profesor pembimbing penelitian. Hapuslah bayang semu pesimisme dari lubuk hati yang paling dalam serta kembangkan optimisme menyongsong masa depan cerah.

13. Matikan HP Dan Seluruh Alat Komunikasi

Pernahkah anda saat sedang berkonstrasi dalam proses mencoba memahami suatu konsep tertentu pada bidang kajian keilmuan yang sedang anda pelajari tiba-tiba handphone berbunyi karena ada SMS masuk atau saat smartphone anda berkali-kali berbunyi saat ada notifikasi dari aplikasi yang menunjukkan ada email masuk atau ada pesan masuk di akun sosial media atau ternyata hanyalah notifikasi teman anda update/memperbarui status di sosial media. Oleh karena itu supaya tidak ada gangguan (destruction) pembuyar konsentrasi penghilang ide yang barus saja berkelebatan di pikiran dan tak sempat tertangkap maka ada baiknya handphone, smartphone, maupun alat komunikasi lainnya dimatikan saat kita sedang belajar.

Minimal matikan seluruh sambungan koneksi (aplikasi chat, email, SMS, messenger, social media, dll.) dan hanya aktifkan panggilan suara. Sehingga apabila seseorang benar-benar memerlukan komunikasi yang benar-benar penting dengan kita maka mereka akan menelpon. Efek lanjutan yang biasanya terjadi adalah apabila sekali saja kita tergoda untuk melihat notifikasi update status teman di sosial media maka kita bisa juga tergoda untuk meng-scroll down layar smartphone dan melihat pembaruan-pembaruan (update) status teman-teman kita lainnya.

Belum lagi bila ada kawan kita yang ternyata update statusnya adalah membagian tautan artikel dari suatu halaman website dan kita tertarik untuk membuka tautan (link) tersebut dan tenggelam membaca artikel serta akhirnya tidak jadi belajar serta rusaklah acara belajar yang telah kita niatkan sejak awal dan lenyaplah motivasi belajar yang telah bangkit.

14. Bayangkan Apa Yang Akan Didapatkan Bila Telah Belajar

Berikutnya yang juga merupakan cara menumbuhkan motivasi belajar siswa, mahasiswa, dan pembelajar lainnya adalah dengan membayangkan apa saja yang akan didapatkan nanti saat setelah selesai belajar. Bayangkan bahwa bila kita telah selesai belajar maka nantinya anda akan dapat dengan lancar mengerjakan soal-soal Ujian Tengah Semester atau Ujian Akhir Semester yang pada akhirnya nilai kita akan mendekati sempurna yang pada akhirnya Indeks Prestasi dan Indeks Prestasi Kumulatif kita akan tinggi.

Kita bisa juga membayangkan bila kita telah selesai belajar ini maka kita akan banyak mengumpulkan jumlah SKS (Satuan Kredit Semester) yang pada akhirnya akan membuat kita cepat lulus dan kita tidak akan terbebani untuk membayar SPP (tuition) lagi. Atau kita bisa juga membayangkan setidaknya bila kita telah belajar dan memahami bab-bab materi pelajaran yang akan diujikan maka nanti kita masih ada kesempatan untuk jalan-jalan atau melihat konser musik atau melihat pertujukan drama opera life performance lainnya. Dengan demikian maka kita bisa termotivasi atau terbangkitkan semangat belajar menyelesaikan mempelajari dan memahami bab demi bab yang akan diujikan.

15. Belajar Tentang Bagaimana Cara Belajar

Cara memotivasi diri sendiri agar semangat belajar adalah dengan belajar tentang bagaimana cara belajar. Dalam dunia belajar terkadang kita memerlukan pengetahuan di bidang bagaimana cara belajar. Contoh kecilnya adalah pada saat kita membaca artikel ini. Secara langsung kita telah mempelajari berbagai macam cara bagaimana meningkatkan motivasi semangat belajar. Dengan mempelajari dan menambah pengetahuan di bidang bagaimana cara belajar maka secara langsung akan menginduksi rasa semangat belajar dan ingin menerapkannya pada proses belajar yang sedang kita jalani.

Banyak sekali sumber-sumber yang bisa kita gali berkaitan dengan “bagaimana cara belajar” ini. Banyak buku-buku yang membahasnya semisal buku yang berjudul “Quantum Learning: Unleashing the Genius in You” karya Bobbi DePorter dan Mike Hernacki. Selain itu juga banyak blog-blog online yang membahas tentang bagaimana cara belajar dan juga seluk beluk yang berkaitan dengannya. Salah satunya adalah idehidup.com yang banyak menyediakan posting-an tentang bagaimana cara belajar dan hal-hal lainnya yang berkaitan dengan proses belajar. Selain itu bisa dilanjutkan dengan membaca berbagai macam paper ilmiah yang berkaitan dengan “how to learn” yang pembahasannya tentu akan lebih detail dan mendalam serta lebih teliti.

16. Segera Kerjakan Tanpa Berpikir Panjang

Cara menumbuhkan semangat belajar pada diri sendiri yang bisa dicoba adalah dengan bersegera mengerjakan tanpa berpikir panjang. Terkadang memang kita hanya perlu memulai saja. Saat akan memulai belajar itu rasanya berat sekali. Rasanya tangan dan kaki seperti ada yang membelenggu dan terasa digantungi ribuan ton pemberat sehingga saat akan memulai belajar rasanya berat dan susah sekali.

Namun anehnya bila kita sudah membuka buku dan mulai membaca atau mulai mengambil pena dan mulai menggoreskan maka pemberat ribuan ton itu tadi rasanya tidak pernah ada dan hilang begitu saja serta tergantikan dengan keasyikan dan kenikmatan menyimak kalimat demi kalimat buku pelajaran atau tiba-tiba saja sudah tergantikan dengan asyiknya goyangan pena di atas kertas. Dengan demikian bisa jadi kita hanya memerlukan pendobrakan di awal saja dan selanjutnya akan lancar seperti air sungai mengalir. Jadi tak usah pikir panjang lagi, kerjakan saja, just do it!

17. Ingatlah Bahwa Ini Tidak Akan Berlangsung Selamanya

Berikutnya yang juga termasuk cara meningkatkan motivasi belajar diri sendiri adalah dengan mengingat bahwa semua ini tidak akan berlangsung selamanya. Pada saat-saat tertentu kita merasakan proses belajar begitu berat dan terasa sangat menyiksa serta membosankan. Terkadang juga sempat terpikirkan kapan semua ini akan berakhir. Kalau sudah terjadi seperti ini maka cobalah diingat bahwa semua ini tidak akan berlangsung lama. Ingatlah semua ini akan ada saatnya berakhir.

Ingatlah bahwa saat-saat proses setiap hari bergelut dengan buku menorehkan pena di atas kertas memeras otak dan pikirkan semua ini akan berakhir setidaknya setelah kita melewati ujian tengah semester atau ujian akhir semester selanjutnya akan ada waktu untuk libur. Bersemangatlah mengerjakan tugas belajar yang ada karena nanti ada saatnya untuk bersantai dan sejenak tidak memikirkan pelajaran yaitu saat liburan telah tiba. Pada saatnya kita akan ada waktu untuk melakukan apa saja semau kita tanpa terbebani dead line dan beban belajar. Hal ini setidaknya sampai semester berikutnya.

18. Diam Sejenak Menenangkan Pikiran Sebelum Belajar

Kadangkala pikiran kita begitu kalut seperti benang kusut. Bila sudah seperti ini belajarpun tidak akan optimal dan terasa berat. Oleh karena itu diperlukan suatu cara untuk membuat isi kepala menjadi tenang. Salah satu cara yang bisa dicoba adalah dengan diam sejenak menenangkan pikiran sesaat sebelum belajar. Cobalah berdiam dan menenangkan pikiran ini sampai kepala tidak lagi terasa berat dan pikiran sudah bisa fokus pada obyek pelajaran yang akan dipelajari. Apabila pikiran sudah tenang maka proses belajar bisa dimulai.

19. Berdo’a Sebelum Belajar

Jangan lupa untuk berdoa sebelum belajar. Berdo’a sebelum belajar akan memberikan suntikan semangat motivasi belajar secara spiritual transendental. Pada tataran spiritual maka belajar memiliki nilai sebagai ibadah. Dengan demikian berdo’a sebelum merupakan suatu hal baik yang dianjurkan untuk kita semua untuk mendapatkan semangat belajar secara spiritiual karena proses belajar bernilai ibadah.

20. Memberikan Penghargaan (Reward) pada Diri Sendiri atas Pencapaian Target Belajar

Setelah badan dan pikiran diperas habis-habisan maka ada saatnya memberikan penghargaan (reward)  kepada diri sendiri. Tentang pemberian reward ini bisa juga direncanakan sejak jauh-jauh hari saat memulai belajar. Dengan demikian reward ini bisa menjadi pemicu motivasi dan semangat belajar. Perlu juga diingat bahwa reward kepada diri sendiri tidak harus selalu memerlukan dana yang besar. Secangkir kopi di akhir sesi belajar pun juga bisa menjadi suatu reward yang cukup membahagiakan serta memberikan suntikan motivasi semangat belajar yang cukup efektif.

Demikianlah telah dibahas mengenai berbagai macam cara meningkatkan motivasi belajar dan menumbuhkan semangat belajar. Semoga berbagai macam cara meningkatkan motivasi belajar versi idehidup.com di atas bisa memberikan inspirasi dalam mengoptimalkan proses belajar kita semua.

data-matched-content-rows-num="4,2" data-matched-content-columns-num="1,2" data-matched-content-ui-type="image_stacked"