20 Kerja Sampingan Untuk Mahasiswa

Pekerjaan sampingan untuk mahasiswa terkadang muncul di benak para pelajar tingkat perguruan tinggi. Keinginan untuk mandiri dan tidak merepotkan orang tua menjadi salah satu alasan untuk mencari kerja sambil kuliah. Sobat mahasiswa perlu belajar untuk menghasilkan uang dari hasil jerih payah sendiri. Dengan mengetahui betapa penuh tantangan dalam menghasilkan uang maka bisa membuat sobat mahasiswa menjadi semakin bijak dalam mengatur pengeluaran-pengeluaran keuangan.

Kali ini idehidup.com akan mengupas mengenai beberapa macam pekerjaan yang bisa dilakukan oleh sobat mahasiswa baik itu hanya sebagai tambahan uang saku ataupun juga bila diseriusi akan bisa membawa sobat muda menjadi mandiri secara finansial sepenuhnya.

Kerja Sampingan Untuk Mahasiswa sebagai Asisten Dosen

Kerja untuk mahasiswa yang paling ideal sebagai seorang mahasiswa adalah sebagai asisten dosen. Pekerjaan ini akan sangat memberikan tantangan tersendiri bagi sobat mahasiswa karena segala macam ilmu yang didapatkan baik itu di bangku kuliah maupun hasil belajar sendiri dari membaca buku text book maupun dari jurnal-jurnal ilmiah akan teraplikasikan ketika sobat mahasiswa menggantikan dosen dalam menjelaskan materi di depan ruang kuliah. Beberapa dosen memang ada yang mempunyai kesibukan yang begitu padat, sehingga terkadang harus meninggalkan tugas mengajar di kelas.

Nah di sinilah tugas seorang asisten dosen yaitu menggantikan tugas dosen menerangkan materi di depan kelas bila dosen tersebut berhalangan. Atau terkadang juga bila dosen tersebut merasa ada materi yang belum terlalu dikuasai oleh mahasiswa sedangkan dosen tidak ada waktu lagi untuk memberikan jam tambahan, maka di sinilah tugas seorang asisten dosen untuk menggantikan tugas dosen untuk menerangkan materi perkuliahan tambahan tersebut.

kerja sampingan untuk mahasiswa, kerja untuk mahasiswa, kerja yang cocok untuk mahasiswa, kerja untuk anak kuliah, kerja untuk anak sekolah, kerja sampingan di rumah tanpa modal, kerja sambil kuliah

Syarat menjadi seorang asisten memang sedikit lebih berat jika dibandingkan kerja yang cocok untuk mahasiswa lainnya. Tentunya sobat muda sekalian akan memerlukan indeks prestasi (IP) yang di atas rata-rata untuk menjadi seorang asisten dosen. Selain itu juga ada faktor lain yang bisa menentukan yaitu kedekatan seorang mahasiswa dengan dosen juga berpengaruh untuk pekerjaan sampingan ini.

Namun untuk beberapa kasus terkadang IP (Indeks Prestasi) tidak menjadi suatu penentu untuk menjadi seorang asisten dosen. Beberapa matakuliah tertentu terkadang ada yang tidak bisa dikuasai oleh mahasiswa-mahasiswa berindeks prestasi tinggi. Nah tinggal jelinya sobat mahsiswa sekalian untuk mencari peluang ini.

Berkaitan dengan prestasi mahasiswa, barangkali anda juga merasa perlu untuk membaca tulisan kami lainnya yang berjudul 6 Cara Mendapatkan Prestasi di Kampus Saat Kuliah di Perguruan Tinggi.

Kerja Sampingan Untuk Mahasiswa sebagai Asisten Praktikum

Pekerjaan sampingan ini biasanya khusus untuk jurusan-jurusan yang ada praktikum. Misal untuk jurusan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (MIPA), jurusan pertanian, jurusan peternakan, jurusan perikanan, jurusan kedokteran, jurusan farmasi, dan lain-lainnya. Untuk kerja untuk anak kuliah sebagai asisten praktikum ini biasanya pengumuman penerimaannya akan dipampang di papan pengumuman jurusan atau di depan laboratorium jurusan. Atau terkadang beberapa laboratorium tidak memampang pengumuman namun mengambil asisten praktikum dari mahasiswa tingkat akhir yang sedang penelitian di laboratorium tersebut.

Asisten praktikum masih menjadi kerja sambil kuliah untuk mahasiswa yang ideal karena masih linear dengan tugas seorang mahasiswa. Seorang asisten praktikum dituntut untuk bisa menguasai keilmuwan dasar dari materi praktikum dan juga sekaligus materi khusus yang akan dipakai untuk praktikum. Dengan demikian maka sobat mahasiswa akan dituntut untuk terus belajar materi-materi perkuliahan dan materi praktikum.

Kerja Sampingan Untuk Mahasiswa sebagai Pengajar Bimbingan Belajar Privat

Dari pengamatan sekilas penulis, banyak penulis jumpai mahasiswa-mahasiswa yang memberikan bimbingan belajar privat. Tentunya memang pekerjaa sampingan ini memberikan peluang yang cukup tinggi karena banyak sekali pelajar-pelajar SMP maupun SMA yang memerlukan bantuan dalam belajar. Dan tentu saja honor per-jam-nya cukup tinggi.

Bisa dibayangkan bila dalam seminggu sobat mahasiswa mempunyai banyak jam bimbingan, maka penghasilan sobat mahasiswa sekalian akan cukup banyak. Beberapa jenis pelajaran yang banyak memerlukan bimbingan di antaranya yaitu matematika, fisika, dan kimia. Tidak ada salahnya sobat mahasiswa sekalian untuk mencoba Kerja Sampingan Untuk Mahasiswa sebagai tutor les privat ini.

Kerja Sampingan Untuk Mahasiswa sebagai Wartawan freelance (kontributor)

Beberapa media cetak maupun elektronik memerlukan berita-berita lokal suatu daerah. Nah sobat mahasiswa sekalian bisa menjadi kontributor atau wartawan lepas dan mengirimkan tulisan-tulisan sobat sekalian tentang berita-berita yang terjadi di sekitar sobat muda. Sobat mahasiswa juga bisa mengirimkan tulisan-tulisan berupa opini, cerita pendek, resensi buku, dan lain sebagainya ke media-media masa. Dan tentunya kesemuanya ini bisa dijadikan kerja untuk anak kuliah selain pekerjaan yang lain.

Kerja Sampingan Untuk Mahasiswa sebagai Content Writer

Content writer ini lebih khusus menulis di media-media online. Sobat mahasiswa sekalian bisa mencoba mencari di internet mengenai lowongan sebagai content writer ini. Ada yang memberikan honor per tulisan dan syukur bila sobat muda sekalian bisa menjadi content writer tetap untuk suatu media.

Kerja Sampingan Untuk Mahasiswa sebagai Penerjemah

Untuk sobat sekalian yang mempunyai ketrampilan berbahasa di atas rata-rata atau memang sedang menempuh kuliah di jurusan bahasa asing maka bisa mencoba menjadi penerjemah. Barangkali ini merupakan peluang kerja yang cocok untuk mahasiswa seperti sobat sekalian. Peluang ini ada karena banyaknya literatur-literatur jurnal ilmiah maupun text book yang menggunakan bahasa asing. Sehingga bagi mahasiswa yang kesulitan untuk menterjemahkannya bisa menggunakan jasa sobat sekalian. Sobat mahasiswa sekalian bisa menghubungi jasa penterjemah di sekitar kampus sobat sekalian sebagai penterjemah.

Kerja Sampingan Untuk Mahasiswa pada Jasa Desain Grafis

Sobat sekalian bisa mencoba memperhatikan perkembangan beberapa bisnis di sekitar kampus sobat mahasiswa sekalian yang memerlukan desain grafis. Misalnya adalah bisnis percetakan. Nah di sinilah peluang sobat sekalian untuk mencoba menawarkan diri ke pemilik bisnis tersebut untuk bekerja paruh waktu (part time) sebagai graphic designer.

Kerja Sampingan Untuk Mahasiswa pada Jasa Perawatan Hewan Peliharaan

Sobat sekalian yang suka dengan hewan peliharaan bisa mencoba menawarkan diri untuk bekerja paruh waktu (part time) di jasa perawatan hewan peliharaan (petshop). Tentunya sobat sekalian akan mendapatkan kebahagiaan tersendiri bisa dikelilingi hewan-hewan yang imut dan lucu-lucu plus dapat juga pemasukan keuangan darinya.

Kerja Sampingan Untuk Mahasiswa pada Jasa Fotografi atau Edit Video

Bila sobat sekalian mempunyai ketertarikan di bidang fotografi maka tidak ada salahnya untuk mencoba menghubungi penyedia jasa fotografi di sekitar kampus sobat mahasiswa. Biasanya job mereka sangat ramai ketika musim pernikahan atau saat musim wisuda. Saat itulah mereka memerlukan banyak pekerja untuk menyelesaikan order-an. Sobat mahasiswa tidak memiliki kamera? tidak ada salahnya juga mengkomunikasikan untuk menggunakan kamera milik mereka. Gimana sobat sekalian? tertarik dengan kerja untuk mahasiswa jenis ini?

Kerja Sampingan Untuk Mahasiswa Membuat Website

Bila sobat mahasiswa mempunyai ketrampilan membuat website maka tidka ada salahnya untuk mencoba menawarkan diri mendaftar di software house pembuat website. Sobat sekalian bisa coding mulai dari nol dengan bahasa pemrograman php dan database mysql atau sobat sekalian memanfaatkan CMS (Content Management System) yang sudah ada.

Kerja Sampingan Untuk Mahasiswa sebagai Programmer

Masih ada hubungannya dengan poin sebelumnya maka sebagai programmer sobat sekalian akan dituntut untuk bisa menguasai bahasa pemrograman lain selain php mysql. Di software house tempat sobat sekalian bekerja akan banyak terdapat proyek-proyek software sistem informasi yang menggunakan bahasa pemrograman java, phyton dan lain sebagainya.

kerja sampingan untuk mahasiswa, kerja untuk mahasiswa, kerja yang cocok untuk mahasiswa, kerja untuk anak kuliah, kerja untuk anak sekolah, kerja sampingan di rumah tanpa modal, kerja sambil kuliah

Kerja Sampingan Untuk Mahasiswa Penjaga (Operator) Warnet

Coba perhatikan di sekitar kampus sobat mahasiswa sekalian, biasanya terdapat banyak bertebaran warnet (Warung Internet). Tidak ada salahnya buat sobat sekalian untuk menanyakan ke pemilik warnet barangkali butuh operator. Karena bisa jadi ini jenis kerja untuk anak kuliah yang cocok untuk sobat muda sekalian. Dan jangan lupa sobat sekalian juga perlu untuk mengatur jadwal shift jaga warnet supaya tidak berbenturan dengan jadwal kuliah atau jadwal praktikum.

Manfaatkan waktu senggang sobat sekalian saat jaga shift di warnet dengan kegiatan-kegiatan produktif. Sobat sekalian bisa memanfaatkannya dengan belajar materi kuliah, mencari paper jurnal online yang berkaitan dengan disiplin ilmu yang sobat pelajari di perkuliahan, menambah pengetahuan di bidang lain, menulis blog, dan lain sebagainya.

Kerja Sampingan Untuk Mahasiswa Pramuwisata (Tour Guide)

Sobat mahasiswa sekalian yang menyukai jalan-jalan maka ini peluang yang rugi bila ditinggkalkan. Sobat mahasiswa sekalian akan bisa memenuhi hobi suka jalan-jalannya plus bonus dapat uang. Namun tentu saja sobat sekalian dituntut untuk bisa menguasai seluk beluk tempat tujuan wisata dan bisa memberikan panduan dan penjelasan-penjelasan kepada peserta tour. Ketrampilan berkomunikasi sobat sekalian akan terasah dan diuji di pekerjaan ini. Gaya pemanduan sobat sekalian sebisa mungkin memberikan suasana gembira kepada para peserta tour serta memberikan kesan yang mendalam kepada mereka.

Menarik sekali kan kerja sambil kuliah seperti ini. Nah satu lagi yang perlu sobat kuasai adalah bahasa asing. Minimal sobat sekalian bisa menguasai satu bahasa yang banyak digunakan di tingkat internasional, yaitu bahasa Inggris. Kalau sobat menguasai bahasa Inggris maka dijamin deh panggilan-panggilan ke sobat untuk menge-guide akan semakin banyak. Tapi tetap jangan lupakan kegiatan-kegiatan kuliah ya kawan. Karena tetap tujuan utama sobat sekalian adalah kuliah. Atur jadwal sebaik-baiknya sehingga tidak ada benturan antara jadwal kegiatan perkuliahan dan jadwal guide sobat sekalian.

Kerja Sampingan Untuk Mahasiswa Event Organizer

Satu lagi pekerjaan yang bisa sobat sekalian lakukan adalah gabung di event organizer. Mereka banyak mengadakan acara-acara yang tentunya banyak dihadiri oleh ratusan bahkan ribuan peserta. Sobat mahasiswa sekalian akan dituntut untuk bisa mengatur acara atau melakukan tugas sesuai dengan yang telah ditetapkan oleh ketua panitia. Sobat sekalian akan praktek langsung mengenai pengambilan keputusan secepatnya namun tepat dalam waktu yang singkat. Mengingat ivent yang diadakan biasanya berjalan hanya beberapa jam. Sobat sekalian akan banyak mendapatkan pelajaran dan sekaligus praktek langsung.

Kerja Sampingan Untuk Mahasiswa Delivery Makanan

Sobat sekalian bisa juga gabung di pasukan delivery makanan. Biasanya yang paling banyak membutuhkan karyawan jenis ini adalah restoran-restoran makanan cepat saji yang mempunyai layanan delivery order. Sobat sekalian akan dituntut untuk bisa mengantarkan makanan ke alamat pemesan dengan tidak tersesat dan sampai tepat waktu. Tentunya hal ini sobat sekalian dituntut untuk bisa menguasai jalanan daerah tempat sekitar restoran cepat saji tersebut.

Namun jangan dilupakan keamanan dalam berkendara ya sobat, supaya sobat tetap aman di jalan begitu juga pengguna jalan lainnya. Kerjaan seperti ini adalah kerja yang cocok untuk mahasiswa yang suka jalan-jalan di kota dan kenalan dengan orang-orang yang baru ditemui. Asyik kan?

Kerja Sampingan Untuk Mahasiswa Pelayan Restoran (Waiters)

Bila sobat sekalian tidak mau capek-capek menyusuri jalanan yang panas dan penuh debu karena harus mengantarkan makanan, maka sobat sekalian masih bisa mencoba melamar pada bagian pelayan (waiters) suatu restoran atau rumah makan. Namun sekali lagi jangan sampai lupakan kegiatan kuliah ya sobat. Kuliah tetap nomor satu.

Kerja Sampingan Untuk Mahasiswa Pencuci Piring

Iya ini benar, tak usah malu sobat sekalian. Penulis masih ingat cerita guru penulis yang kuliah di Jerman. Beliau bekerja sebagai pencuci piring di restoran. Hasilnya lumayan lho sobat sekalian. Menurut cerita beliau salah satunya adalah bisa untuk ongkos beliau jalan-jalan ke Inggris. Meskipun beliau pernah bekerja paruh waktu sebagai pencuci piring di Jerman, beliau akhirnya bisa membawa pulang ke tanah air gelar Dr, Lumayan kan. Dengan demikian, masih ragukah sobat sekalian dengan kerja untuk mahasiswa jenis ini?

Kerja Sampingan Untuk Mahasiswa Pelayan Toko (Pramuniaga)

Nah kalau ini cerita dari guru penulis yang lain. Bila tadi guru penulis yang pernah kuliah di Jerman menceritakan pernah bekerja paruh waktu sebagai pencuci piring, maka guru penulis yang pernah kuliah di Jepang pernah bekerja sebagai pelayan toko (pramuniaga). Sebetulnya, sebelumnya penulis tidak mengira bahwa Pramuniaga toko ternyata juga cocok dimasukkan dalam kerja untuk anak kuliah. Jadi di sela-sela penelitian tugas belajar beliau di laboratorium beliau sempat mengambil shift jaga toko.

Ya memang berat sobat sekalian, setelah di laboratorium menghadapi larutan-larutan dan bahan-bahan uji, kemudian lanjut bekerja di toko. Bisa dibayangkan betapa lelahnya. Namun toh buktinya guru saya tersebut akhirnya berhasil pulang ke Indonesia dengan membawa gelar Phd.Med.Sc, luar biasa sekali kan.

Kerja Sampingan Untuk Mahasiswa Tukang Ojek

Sobat sekalian punya sepeda motor? Gak punya motor? bisa pinjam kan? coba manfaatkan untuk jasa ojek. Jangan dibayangkan sobat sekalian harus duduk-duduk bengong di pangkalan ojek. Jaman sudah maju kawan, sekarang sudah ada teknologi SMS dan media sosial lainnya. Cukuplah sobat sekalian sebar-sebar nomor HP atau akun media sosial. Infokan di grup-grup FB (FaceBook) lokal daerah sekitar tempat tinggal sobat sekalian. Maka sobat sekalian tinggal menunggu cutomer ojek sobat sekalian sambil nongkrong di warung kopi atau juga sobat sekalian sambil asyik baca buku materi perkuliahan. Asyik kan.

Kerja Sampingan Untuk Mahasiswa Pengetikan

Ceruk pasar jasa pengetikan ini sebenarnya sudah hampir mati karena hampir masing-masing mahasiswa sekarang hampir semuanya mempunyai komputer atau laptop sendiri. Namun bila kita jeli maka masih ada celahnya. Sobat sekalian bisa mencoba menawarkan jasa pengetikan ini di mahasiswa-mahasiswa Magister (S2) atau Doktoral (S3) karena biasanya beliau-beliau adalah dari generasi yang masih agak kesulitan dalam menggunakan teknologi terbaru.

Tidak ada salahnya sobat sekalian mencobanya. Sobat sekalian bisa mengambil job dari rental-rental komputer yang biasanya mereka menerima jasa pengetikan. Istilahnya adalah rental-rental tersebut meng-out source-kan pekerjaan mereka ke sobat sekalian. Sobat sekalian tertarik dengan kerja untuk anak kuliah jenis ini? dicoba saja, tidak ada salahnya kan.

Nah demikia tadi telah diuraikan secara panjang lebar mengenai jenis-jenis pekerjaan sampingan paruh waktu (part time) yang bisa dilakukan oleh sobat mahasiswa sekalian. Tentunya pemilihan jenis-jenis pekerjaan tersebut penulis pilihkan yang mempunyai fleksibilitas waktu yang sangat tinggi. Sobat mahasiswa sekalian bisa mengatur dan mensinkronkan jadwal-jadwal kerja paruh waktu dengan jadwal kegiatan perkuliahan. Pesan punulis adalah jangan sampai terjadi bentrok (crash) antara jadwal perkuliahan dan jadwal kerja paruh waktu sobat sekalian.

Penulis tetap menyarankan bila terjadi bentrok (crash) maka sobat sekalian harus tetap mengutamakan jadwal kegiatan perkuliahan. Karena memang sobat sekalian mempunyai tujuan awal untuk menyelesaikan perkuliahan sebaik mungkin. Dan jangan sampai gara-gara kerja paruh waktu hingga IP (Indeks Prestasi) sobat sekalian jadi menurun. Harapannya adalah IP tetap bagus dan kerjaan juga selesai sebaik-baiknya.

Ingat sobat sekalian, tugas sobat sekalian sebagai mahasiswa adalah untuk belajar dan menyelesaikan perkuliahan sebaik-baiknya. Buatlah ayah ibu dan keluarga sobat sekalian menjadi bangga dengan prestasi-prestasi sobat sekalian. Baik itu prestasi akademis maupun juga prestasi-prestasi non akademis. Salam sukses selalu buat sobat-sobat mahasiswa sekalian. Terimakasih sudah berkunjung ke idehidup.com.

Mungkin anda juga akan suka membaca artikel idehidup.com berikut ini: