5 Alasan Memiliki Banyak Impian dan Harapan Menyebabkan Hidup Tidak Tenang

Memiliki banyak impian dan harapan bisa membuat hidup menjadi tidak tenang bila tidak disertai dengan usaha yang sepadan untuk mewujudkannya. Karena semakin besar usaha untuk mewujudkan impian dan harapan tersebut maka akan semakin besar pula kemungkinan untuk berhasil mendapatkan impian dan harapan tersebut. Contohnya gini sobat, sobat ingin mendapatkan nilai bagus di pelajaran atau mata kuliah tertentu. Bila sobat hanya sebatas ingin saja, dan sobat tidak pernah memperbesar usaha, sobat tidak rajin belajar, sobat malas baca buku materi pelajaran/perkuliahan, sobat malas mencatat materi, sobat tidak memperhatikan perkuliahan di kelas, maka kemungkinan sobat untuk mendapatkan nilai bagus adalah hampir mendekati mustahil terwujud.

Sebetulnya banyak impian dan harapan itu bagus sobat, bila diiringi dengan usaha yang maksimal juga. Justru malah kalu sobat tidak memiliki impian atau cita-cita sama sekali, maka ini malah justru akan mengantarkan sobat ke jurang kehampaan dalam hidup. Nah sobat sekalian, inilah 5 alasan mengapa banyak impian dan harapan justru malah membuat hidup menjadi tidak tenang.

1. Tidak Fokus

Banyak impian dan harapan membuat menjadi tidak fokus. Ketika sedang berusaha mewujudkan suatu keinginan maka tiba-tiba beralih mewujudkan keinginan yang lain lagi. Begitu seterusnya dengan keinginan-keinginan lain yang jumlahnya banyak tersebut. Solusinya adalah tetap fokus berusaha untuk mendapatkan satu keinginan terlebih dahulu hingga keinginan tersebut terwujud baru kemudian beralih berusaha mendapatkan impian dan harapan yang lain.

  kata kata impian,  impian dan harapan,  cara mewujudkan impian,  100 impian,  pengertian impian,  definisi impian,  meraih impian,  impian masa depan

Dengan demikian maka energi dan fokus pikiran bisa lebih optimal dan tidak terpecah-pecah. Yang biasanya terjadi adalah sifat keserakahan mendapatkan semua keinginan dalam satu waktu secara cepat. Bila merasa diri sudah dijangkiti oleh sifat keserakahan ini, maka segera sadarlah dan kembalilah fokus mewujudkan satu impian dan harapan dulu.

2. Hanya ingin tapi tanpa disertai usaha

Kalau di poin sebelumnya sudah berusaha mewujudkan banyak mimpi namun kebingungan membagi pikiran dan tenaga, maka poin kedua ini benar-benar punya banyak impian dan harapan tapi tidak mau berusaha mewujudkannya. Jadi semacam hanya sebatas mimpi penghias angan-angan saja. Ya sudah kalau seperti ini ya jelas-jelas kalau diseriusin keinginannya maka malah bisa bikin jadi gila. Hal seperti malah bisa bikin stres tertekan dan depresi. Atau juga bisa malah membuat halusisinasi. Impian dan harapan yang kuat tanpa disertai usaha malah bisa jadi membikin edan.

3. Tidak Mau Bersyukur atas apa yang dimiliki

Bersyukur adalah kunci pengendali impian dan harapan liar yang menggebu. Lihatlah apa yang sudah diperoleh selama ini untuk bisa bersyukur. Terkadang terlalu menggebu ingin mendapatkan sesuatu yang belum diperoleh membuat kita menjadi kurang bersyukur dengan apa yang sudah dimiliki. Berhentilah sejenak, luangkan waktu untuk introspeksi dan evaluasi terhadap hasil-hasil yang telah dicapai. Ucapkan lah terimakasih atas apa yang telah didapatkan.

4. Tidak Menindaklanjuti impian dan harapan Menjadi Suatu Program Kerja

Masih berhubungan dengan poin 2, yaitu tidak mau berusaha mewujudkan impian dan harapan. Seseorang bisa menjadi tidak tenang karena tidak menindak lanjuti keinginan menjadi program kerja. Program kerja akan membuat usaha pencapaian impian menjadi lebih mudah dan terarah serta mudah dilakukan evaluasi terhadapnya. Hal ini karena usaha pencapaian keinginan menjadi terukur dan mudah dilihat tingkat keberhasilannya. Tanpa menindak lanjuti impian dan harapan menjadi suatu program kerja maka anda menjadi tidak tenang, dan usaha pencapaian anda menjadi tidak terarah, tidak terukur, dan seperti hanya asal saja.

5. Tidak Mau Terus Belajar Tanpa Henti

Apabila seseorang berhenti belajar dan tidak mau lagi mengikuti perkembangan dinamika yang terjadi maka juga bisa membuat seseorang yang banyak impian dan harapan menjadi tidak tenang. Karena pada dasarnya semuanya yang ada di sekitar kita adalah terus bergerak dan memunculkan hal-hal baru. Apabila kita tidak mengetahui dan menguasai hal-hal baru tersebut maka akan membuat impian dan harapan hanya sebatas angan saja tanpa realisasi. Oleh karena itulah diperlukan semangat untuk terus belajar tanpa henti untuk mengimbangi perubahan dan perkembangan proses-proses yang terjadi di dunia ini. Selamat belajar!