5 Cara Membawa Tenda Saat Mendaki Gunung

Hai sobat idehidup.com semua. Tenda merupakan salah satu peralatan di kegiatan luar ruangan (outdoor) yang berguna untuk memberi perlindungan dari terpaan angin, badai, rintik hujan, dll., sehingga menjaga dari ganasnya cuaca alam liar. Selain sebagai usaha untuk beradaptasi dari ganasnya cuaca alam liar, tenda juga bermanfaat sebagai perlindungan dari ancaman hewan liar (ular), tikus, serangga, dll., yang bisa mengganggu kenyamanan istirahat. Bayangkan bila lagi enak-enaknya rebahan setelah berjalan mendaki seharin tiba-tiba dikerubuti serangga-serangga kecil, sungguh tidak nyama sekali kan.

Setelah mengetahui betapa pentingnya tenda di kegiatan alam bebas, maka perlu diketahui juga cara membawa tenda dan cara mengemasnya (packing) pada tas ransel carrier. Keterampilan mengemas dan membawa tenda pada tas ransel carrier ini sangat penting karena mobilitas pada kegiatan luar ruangan cukup tinggi. Perjalanan menuju tempat-tempat camping, perjalanan hiking, perjalanan menuju puncak gunung, kesemuanya itu bisa memakan waktu berhari-hari sehingga memerlukan bermalam dengan mendirikan tenda, membongkar tenda dan mengemasnya lagi ke dalam tas ransel carrier.

bagaimana cara melakukan packing yang benar,
cara packing tenda,
cara menata barang di carrier,
cara packing carrier,
cara memakai carrier yang benar,
cara membawa tenda saat mendaki,
cara membawa tenda di carrier

Oleh karena itu keterampilan mengemas tenda, membawa tenda, membongkar tenda, memasang tenda, itu sangat penting dikuasai oleh para pelaku kegiatan alam bebas (outdoor). Berikut ini idehidup.com akan mengulas berkaitan dengan cara-cara mengemas dan membawa tenda terutama tenda kubah (tenda dome) dengan tas ransel carrier. Selamat menikmati sajian idehidup.com kali ini.

1. Ditaruh Melintang Di Atas Tas Ransel Carrier

Tenda dilipat memanjang dan dipasang membujur diletakkan di bagian atas tas ransel carrier. Pada bagian atas ransel carrier biasanya terdapat penutup bagian atas tas ransel. Saat tas ransel terisi penuh maka tenda yang dilipat memanjang diselipkan pada bagian atas tas ransel dan dijepit strap dengan penutup tas ransel. Cara ini memiliki kelemahan yaitu bila medan jalan setapak yang dilalui penuh dengan semak belukar maka lipatan memanjang tenda tersebut dapat mengganggu perjalanan karena tersangkut-sangkut batang-batang semak belukar.

2. Ditaruh Melintang Di Bawah Di Luar Tas Ransel Carrier

Cara membawa tenda saat mendaki berikutnya adalah dengan menaruh gulungan tenda pada bagian bawah di luar tas ransel carrier. Jadi gulungan tenda dijepit strap pada bagian bawah luar tas ransel carrier. Cara ini juga sama memiliki kelemahan dengan cara sebelumnya yaitu dapat mengganggu kenyamanan saat berjalan bila medan yang dilalui adalah setapak yang kanan kirinya dipenuhi semak belukar lebat karena tersangkut-sangkut berkali-kali.

3. Ditaruh Membujur Vertikal Di Pinggir Luar Tas Ransel Carrier

Cara ini adalah dengan melipat dan menggulung tenda sedemikian rupa sehingga bisa diselipkan di kantong sebelah luar kanan atau kiri tas ransel dan diperkuat dengan strap. Kelebinan cara ini adalah mengurangi terjadinya kejadian tersangkut-sangkut bila medan jalan setapak yang dilalui di kanan kirinya dipenuhi rerimbunan semak belukar.

Namun yang perlu diperhatikan adalah perlunya mengatur dan menyesuaikan (adjustment) keseimbangan sebelah kanan dan kiri pada tas ransel carrier setelah salah satu sisinya dipasangi lipatan tenda. Penyesuaian ini misalnya dengan memberi barang yang beratnya sama dengan berat tenda sehingga tas ransel menjadi seimbang beratnya antara kanan dan kirinya. Keseimbangan kanan dan kiri tas ransel ini akan berpengaruh pada kenyamanan saat tas ransel digendong di punggung.

4. Ditaruh Membujur Vertikal Di Dalam Tas Ransel Carrier

Cara membawa tenda di carrier selanjutnya adalah dengan melipat menggulung memanjang tenda dan memasukkannya ke dalam tas ransel carrier. Cara ini akan membuat lebih rapi tas ransel saat dibawa karena lipatan gulungan tenda berada di dalam tas ransel carrier, sehingga gulungan tenda tidak terlihat dari luar. Kelebihan lainnya adalah bila dalam perjalanan mengharuskan memasukkan tas ransel pada bagasi pesawat terbang, maka cara ini adalah cara yang tepat karena seluruh barang bawaan masuk di dalam ransel dan tidak satupun yang berada di luar tas ransel.

5. Ditaruh Terlipat Di Dalam Tas Ransel Carrier Bawah Sendiri

Sama dengan cara sebelumnya namun bedanya adalah dengan melipatnya sedemikian rupa sehingga sesuai luas dasar bagian bawah sendiri pada tas ransel carrier. Kelebihan cara ini adalah dijamin otomatis tas ransel seimbang dengan sendirinya. Cara ini memiliki kelebihan lebih memudahkan mengatur barang-barang di dalam tas ransel carrier. Kemudian rangka (frame) tenda diletakkan dimana? frame diselipkan di dalam tas atau bisa juga diletakkan diselipkan di luar tas di bagian pinggir tas ransel carrier, sepengalaman penulis frame itu lebih enak ditaruh diselipkan vertikal di dalam tas ransel sehingga tidak ter-expose di luar tas ransel.

Demikianlah telah diulas oleh idehidup.com berkaitan dengan cara membawa tenda pada tas ransel carrier pada kegiatan traveling, hiking, backpacking, camping, penjelajahan, dan kegiatan-kegiatan luar ruangan (outdoor) lainnya. Semoga tulisan idehidup.com ini dapat memberikan pengetahuan dan bekal keterampilan bagi para pegiat kegiatan outdoor. Salam hangat dari idehidup.com untuk pembaca sekalian.