5 Rahasia Perencanaan Tujuan dan Pembuatan Keputusan yang Jarang Diketahui Banyak Orang

Anda perlu perencanaan tujuan dan pembuatan keputusan, apabila anda merasa bahwa sekaranglah saat untuk melakukan perubahan dalam hidup anda. Dan bila anda merasa bahwa jalan terbaik supaya perubahan tersebut berjalan dengan lancar adalah dengan menyusun rencana dan melakukan tindakan/aksi berdasarkan rencana yang telah disusun tersebut. Maka pertanyaan selanjutnya adalah bagaimana cara anda melakukan perubahan ini. Berikut ini adalah panduan langkah-langkah umum untuk melakukannya

1. Menyusun Rencana

Rencana itu penting dalam pencapaian suatu tujuan. Rencana itu adalah bagian dari perencanaan tujuan dan pembuatan keputusan. Dengan memiliki rencana yang matang, maka bisa dikatakan anda sudah memegang 50% keberhasilan. Rencana yang jelas juga merupakan panduan kerja dalam melakukan tindakan-tindakan usaha dalam proses mencapai tujuan. Oleh karena itu kita harus merinci dan menentukan secara jelas apa yang ingin kita capai. Tulis keinginan-keinginan tersebut dan tentukan prioritas pencapaiannya. Pasang daftar keinginan-keinginan itu tadi di tempat yang mudah anda jangkau atau selalu anda perhatikan untuk membantu fokus anda dalam proses pencapaiannya. Apabila rencana sudah tersusun secara sistematis dan menyeleruh maka pengambilan keputusan juga akan semakin mudah untuk dilakukan dan dapat terkontrol bila ada resiko-resiko yang menyertainya.

perencanaan tujuan organisasi, perencanaan tujuan pembelajaran, perencanaan tujuan dan pembuatan keputusan, makalah manajemen perencanaan tujuan dan pembuatan, tujuan perencanaan dalam, tujuan perencanaan usaha, contoh makalah perencanaan tujuan, artikel perencanaan

2. Buat Keinginan Anda Serealistis Mungkin

Kuncinya adalah dengan membagi suatu rencana besar menjadi langkah-langkah rencana kerja yang lebih kecil. Kesuksesan langkah-langkah kecil itu tadi apabila digabungkan akan menjadi tercapainya tujuan besar. Setelah anda menuliskan keinginan-keinginan anda, maka langkah selanjutnya adalah memulai menyusun rencana untuk mencapainya. Apapun keinginan anda, meskipun itu terlihat cukup mustahil, maka masih mempunyai kemungkinan untuk tercapai asalkan anda memang benar-benar memiliki kemauan yang kuat untuk mencapainya. Keinginan antau impian-impian yang terlihat mustahil itu tadi apabila disusun menjadi langkah-langkah yang skalanya lebih kecil dengan penjabaran-penjabaran yang lebih terinci maka akan menjadi tidak terlihat mustahil serta akan terlihat lebih logis dan lebih mudah dilaksanakan.

Oleh karena itu, anda harus memiliki target bulanan, mingguan, bahkan harian, sehingga apabila target-target dalam satuan terkecil itu tadi sudah terkumpul semuanya maka tercapailah tujuan pencapaian anda. Tentunya kita tidak hanya menuliskan target, namun kita juga harus menuliskan pula langkah-langkah yang harus dilakukan untuk mencapai target-target tersebut. Tulislah sedetail mungkin langkah-langkah tersebut karena merupakan panduan kerja anda dalam melakukan tindakan dan aksi-aksi anda serta akan lebih memudahkan dalam mengambil keputusan-keputusan. Inilah salah satu poin penting dalam perencanaan tujuan dan pembuatan keputusan.

3. Tetaplah Fokus pada Hal-hal Positif

Hal ini penting sekali untuk menjaga moral dan semangat anda. Karena moral andalah bahan bakar semangat dalam melakukan rencana-rencana anda untuk mencapai tujuan besar. Salah satu cara meningkatkan moral anda adalah dengan membuat daftar alasan-alasan mengapa anda akan dapat mencapai tujuan besar anda. Di sini anda dapat menuliskan kelebihan-kelebihan yang anda miliki dan berpotensi untuk sebagai pendukung tercapainya tujuan besar anda. Di sisi lain anda juga harus mengatasi dan membenahi kelemahan-kelemahan yang anda miliki. Dan arahkan pemikiran anda jangan sampai kelemahan-kelemahan anda tersebut membuat anda menjadi tidak bersemangat dalam mencapai tujuan.

Kelemahan-kelemahan tersebut merupakan termasuk dalam tantangan yang anda tangani dalam mencapai tujuan besar anda. Selain itu, anda juga harus menghindari hal-hal negatif yang berpotensi melemahkan mental dalam mencapai tujuan besar anda. Berkaitan dengan perencanaan tujuan dan pembuatan keputusan diri anda sendiri maupun organisasi tempat anda bekerja atau beraktivitas, maka anda bisa menggunakan metode SWOT (Strengths, Weaknesses, Opportunities, Threats) untuk mengetahui secara jelas peta rencana kerja keberhasilan anda.

4. Buatlah Komitmen Untuk Tetap Melakukan dan Fokus pada Rencana-Rencana yang Telah anda Susun

Hal ini adalah keniscayaan atau konsekuensi apabila anda menginginkan tujuan anda tercapai. Apabila anda menginginkan tujuan anda tercapai maka konsekuensinya anda harus melaksanakan rencana-rencana yang telah anda susun. Apabila dalam pelaksanaannya terdapat halangan dan rintangan maka disinilah letak diperlukannya evaluasi terhadap pencapaian-pencapaian dari target-target kecil anda. Adanya evaluasi-evaluasi ini adalah untuk sebagai pengaturan rencana kerja supaya pada usaha-usaha pencapaian target-target selanjutnya kita bisa meminimalisir dampak dari halangan dan rintangan yang sebelumnya sudah pernah terjadi. Apabila terdapat jenis halangan dan rintangan baru maka bisa kita masukkan dalam evaluasi-evaluasi selanjutnya.

Di sinilah letak ujian dan yang membedakan anda dengan kebanyakan orang, bayitu bahwa apakah anda benar-benar mempunyai keinginan yang kuat atau tidak dalam mencapai keinginan anda. Tetaplah melakukan tindakan-tindakan sesuai rencana, apaun yang terjadi dalam proses pencapaian tujuan anda merupakan pelajaran kehidupan yang teramat sangat berarti dalam proses pembentukan diri anda untuk menuju kesempurnaan sikap, mental dan kepribadian. Dan hal yang perlu diingat lagi adalah bahwa perencanaan tujuan dan pembuatan keputusan adalah bukan barang yang instant (langsung jadi), semuanya memerlukan proses untuk mencapainya. Oleh karena itu nikmatilah setiap detik apa yang anda alami dan lalui.

5. Rayakan atau Beri Penghargaan Kepada Diri Anda Sendiri Apabila telah Tercapai Target-target kecil Anda

Memberi penghargaan pada diri sendiri berhubungan dengan dinamika semangat anda dalam proses mencapai target besar anda. Dalam menjalani proses untuk mencapai tujuan anda, maka ada kalanya anda merasa bosan, stres tertekan dan depresi dengan proses yang harus dilalui. Oleh karena itu perayaan-perayaan kecil ini atau pemberian penghargaan kepada anda sendiri ini akan memberikan efek kegembiraan tersendiri dan memberikan kesan bahwa proses pencapaian impian-impian ini tidak selalu diliputi dengan kesusahan, namun juga ada sisi-sisi kegembiraannya juga. Perayaan dan penghargaan ini tidak selalu harus mahal, yang sederhana dan tanpa biayapun bisa memberikan makna yang berkesan bagi anda. Dengan memberikan penghargaan pada diri sendiri atas target-target yang telah dicapai maka proses siklus perencanaan tujuan dan pembuatan keputusan akan berlangsung secara lebih menyenangkan dan tidak membosankan.

Demikianlah sobat sekalian, semoga artikel ini bisa memberikan inspirasi bagi sobat dalam menggapai puncak-puncak kesuksesan. Kami dari tim idehidup.com sangat mendukung proses usaha sobat sekalian dalam mencapai tujuan yang telah sobat tetapkan. Salam hangat dari idehidup.com dan semoga sobat sekalian selalu dalam jalur yang benar dalam menuju kesuksesan. [wu]