5 Tips Mengatasi Rasa Minder dan Meningkatkan Percaya Diri

Apakah anda seorang yang pemalu dan merasa minder dengan orang lain. Apakah anda merasa diri anda kecil di hadapan orang lain. Apakah anda merasa rendah diri ketika anda berhadapan dengan orang lain. Apakah anda merasa kurang percaya diri. Apakah anda gelagapan ketika berdiri di hadapan banyak orang dan susah mengeluarkan kata-kata untuk bicara. Kinilah saatnya bagi anda untuk menghilangkan penderitaan anda akibat keminderan, ketidakpercayadirian, merasa tidak aman, dan takut dinilai orang lain pada setiap langkah anda. Maka bangunlah saat ini juga dan hadapi dunia ini dengan percaya diri yang membara. Ketidakpercayadirian hanya akan menggagalkan rencana hidup anda dan akan menjadi duri di setiap langkah anda. Dari sekian banyak teknik peningkatan kepercayadirian, maka tidak salah bagi anda untuk mencoba 5 tips mengatasi rasa minder dan meningkatkan percaya diri berikut ini:

1. Bangkitkan rasa percaya diri anda

Setiap pagi ketika anda baru saja bangun tidur maka segeralah menuju depan cermin dan katakan dengan lantang “Aku hebat, aku luar biasa, aku pasti bisa, aku tidak akan menyerah, aku akan terus berusaha” dan kata-kata lainnya yang anda rasa mampu membangkitkan semangat anda. Ulangilah hal ini sesering mungkin sampai secara otomatis tertanam didalam diri anda secara mendalam dan menjadi semacam refleks (tanpa harus diperintah akan muncul dengan sendirinya). Teknik ini akan membantu anda menanamkan rasa percaya diri di dalam alam bawah sadar anda. Apabila rasa percaya diri sudah tertanam dalam alam bawah sadar anda, maka dia akan menjadi semacam otomatis berada di belakang setiap tindakan anda.

Anda juga tidak harus mengikuti teknik ini seratus persen. Anda bisa memodifikasinya sesuai dengan yang menurut anda lebih sesuai dengan diri anda. Inti dari teknik ini adalah bagaimana cara membangkitkan dan menanamkan rasa percaya diri dalam diri anda serta menancapkannya pada alam bawah sadar anda sehingga dia otomatis akan menyertai dalam setiap tindakan anda. Bisa jadi juga anda akan menemukan cara lain yang tidak sama dengan teknik ini. Segera cari dan temukan teknik yang sesuai dengan diri anda.

minder karena jelek,  pengertian minder,  arti minder,  tips mengatasi rasa minder,  minder menurut islam,  minder karena miskin,  kata-kata minder,  minder dengan pacar

2. Hargailah diri anda sendiri

Jangan harap orang lain akan menghargai anda sebelum anda menghargai diri anda sendiri. Sebagai seorang manusia, anda sejajar dengan manusia-manusia lain yang berdiri di dunia ini. Anda berhak penuh atas arah kehidupan anda. Oleh karena itu berilah yang terbaik untuk diri anda. Temukan hal-hal yang membuat anda merasa dihargai oleh diri anda sendiri, yaitu apa bila anda bertemu dengan hal-hal tersebut, anda merasa berharga dan bernilai. Apabila anda sudah mencapai tahap ini, maka anda sudah menemukan sumber kepercayaan diri anda sendiri. Tetaplah berpegang teguh pada sesuatu yang membuat anda merasa berharga dan bernilai itu tadi, dan jangan hiraukan orang lain berkata-kata tentang anda. Mereka punya seribu kata untuk menilai anda, namun ingat juga bahwa anda juga mempunyai milyaran alasan untuk tetap berpegang pada kepercayaan diri anda.

3. Jangan takut mengambil resiko

Beranilah untuk mengambil resiko, kerena dunia hanya milik para pemberani. Mulailah berani untuk mengambil resiko. Anda bisa memulainya dari mengambil resiko yang kecil terlebih dahulu. Sebagai contoh, apabila anda takut berbicara di depan banyak orang, maka saat ini cobalah terlebih dahulu untuk berbicara di depan sedikit orang atau kelompok kecil. Berlatihlan untuk berbicara di kelompok kecil tersebut. Sampaikan pendapat-pendapat anda di forum kecil tersebut dan buang jauh-jauh rasa malu anda untuk menyampaikan pandangan anda. Keberanian untuk menyampaikan pendapat tentunya didasari sebelumnya dengan pengetahuan anda mengenai suatu hal. Anda mau tidak mau harus tahu banyak mengenai hal tersebut. Supaya anda tahu banyak mengenai hal tersebut maka anda harus banyak belajar.

Mulailah perbanyak membaca mengenai banyak hal untuk memperluas wawasan anda. Apabila anda sudah menguasai materi yang akan anda sampaikan maka tidak ada lagi alasan bagi anda untuk tidak berani menyampaikannya di forum kecil anda tersebut. Bila anda malas belajar dan malas membaca, maka andapun akan kesulitan untuk menyampaikan pendapat dan pandangan anda di forum, dan semakin minder dan tidak percayadirilah anda. Bila anda sudah lancar berbicara di forum kecil, maka tidak begitu sulit bagi anda untuk berbicara di forum yang lebih besar yang lebih banyak orang yang akan mendengarkan anda. Terapkanlah keberanian mengambil resiko di bidang-bidang lainnya untuk lebih meningkatkan kepercayadirian anda. Cobalah hal-hal baru dan jangan takut akan tantangan. Bersiap-siaplah menuju perubahan kualitas hidup anda yang lebih baik.

4. Jujurlah bahwa anda pemalu

Hal ini terutama bisa anda terapkan pada awal-awal anda melatih diri anda dalam mengatasi rasa minder dan ketidakpercayadirian. Ketika anda berada pada percakapan dan obrolan santai dengan kelompok kecil atau kelompok besar maka tidak ada salahnya anda mengatakan bahwa anda pemalu, hal ini akan menghindari dari kesalahpahaman akan diri anda. Orang-orang tersebut akan lebih memberikan perhatian pada diri anda dengan memberikan kesempatan anda berbicara dan menyampaikan pendapat. Secara umum orang akan lebih menyukai kejujuran, dan bila anda bersikap jujur maka akan lebih banyak orang jujur juga yang akan membantu dalam kehidupan anda.

5. Jangan takut terhadap penolakan

Penolakan adalah hal yang wajar dalam kehidupan manusia. Penolakan adalah juga sama seperti fenomena alam atau hukum alam lainnya. Oleh karena itu tidak ada alasan bagi anda untuk takut terhadap penolakan karena penolakan itu adalah hal yang biasa. Sebagai contoh apabila anda sebagai seorang penjual dan anda menawarkan barang dagangan anda kepada orang lain. Yang perlu anda ingat adalah bahwa setiap orang mempunyai perbedaan pada apa yang mereka sukai dan yang tidak mereka sukai. Seseorang kemungkinan menyukai barang tertentu dan tidak menyukai barang yang lain, dan hal ini berlaku pula pada semua orang. Hal ini tidaklah mengurangi nilai anda sebagai seorang penjual. Terimalah hal ini dengan lapang dada dan yakinlah anda mampu melaluinya. Jangan memasukkan ke dalam hati anda penolakan orang untuk membeli barang dagangan anda.

Dalam hal ini yang perlu anda ingat adalah bahwa penolakan ini adalah karena kesukaan dan ketidak sukaan mereka sendiri bukan karena siapa anda. Dan anda pun juga dalam posisi yang sama ketika ada orang lain menawarkan barang dagangan mereka kepada anda dan anda berhak juga menolaknya apabila anda tidak menyukai barang tersebut. Nah bila anda sudah menyadari dan memahami hal ini, maka tinggal anda perlu mempelajari teknik-teknik lain untuk bagaimana orang yang sebelumnya menolak untuk membeli jadi berubah tertarik untuk membeli, silahkan dicari sendiri bila anda tertarik di bidang penjualan. Hal ini juga berlaku pada jenis-jenis penolakan pada bidang-bidang yang lainnya. Jangan takut ditolak ketika anda mengajak perempuan yang anda sukai untuk menikah. Jangan takut ditolak ketika anda menawarkan ide-ide atau solusi-solusi untuk memecahkan suatu permasalahan di suatu diskusi atau rapat pada suatu forum.

Demikian tadi telah diulas mengenai tips mengatasi rasa minder dan meningkatkan percaya diri. Semoga tips-tips tersebut bisa lebih meningkatkan rasa percaya diri anda anda lebih bisa mengangkat anda dari jurang rasa minder yang menyiksa anda. Terimakasih sudah berkunjung ke idehidup.com, semoga anda selalu diberi kesuksesan. Salam hangat dari idehidup.com untuk anda. [rt]