7 Alasan Mengapa Memasak Makanan Sehat Sendiri Bikin Kamu Jadi Tambah Cantik/Ganteng

Kali ini idehidup.com akan menyajikan artikel mengenai alasan-alasan mengapa sobat sekalian harus menyiapkan makanan sendiri. Jadi, sobat harus bisa memasak makanan sehat untuk diri sobat sendiri. Terutama apabila sobat sekalian adalah mahasiswa yang sedang menempuh pendidikan di kota lain dan jauh dari rumah atau bahkan di luar negeri. Idehidup.com menyarakan sobat sekalian untuk memiliki keterampilan memasak sendiri. Sobat sekalian minimal mengetahui resep dan cara memasak makanan yang tergolong tingkatan dasar dan mudah namun bisa mencukupi kebutuhan energi sobat sekalian.

Mencukupi energi di sini bisa diartikan bahwa kebutuhan tenaga sobat sekalian tercukupi. Misalnya adalah memasak nasi, karena nasi merupakan salah satu sumber energi yang dibutuhkan oleh tubuh. Sobat sekalian asalkan ada jenis makanan yang banyak mengandung energi ini maka bisa dipastikan sobat masih bisa bertahan hidup. Oleh karena itulah tadi disebut sebagai sumber energi, yaitu energi untuk melangsungkan kehidupan. Untuk memenuhi energi sobat maka sobat harus bisa memasak makanan sehat untuk diri sobat.

Selanjutnya adalah sobat sekalian harus bisa memasak masakan pelengkap. Yaitu jenis-jenis masakan sayur, tumis, sup, lauk pauk, dan makanan pelengkap lainnya. Dikatakan sebagai jenis makanan pelengkap adalah karena untuk melengkapi jenis makanan sumber energi. Dan tentunya untuk membuat selera makan menjadi semakin tinggi. Sobat harus bisa memasak makanan sehat jenis ini juga. Ok sobat idehidup.com sekalian, berikut ini adalah alasan-alasan mengapa sobat harus memasak masakan sendiri:

1. Lebih Murah Dari pada Makan di Luar

Sebagai seorang pelajar, mahasiswa, atau bila sobat sekalian sudah bekerja namun dengan penghasilan yang masih belum mencukupi, maka sobat sekalian bisa lebih mengoptimalkan keuangan sobat sekalian dengan memasak makanan sehat sendiri. Dengan memasak makanan sendiri maka sobat sekalian bisa menentukan membelanjakan uang sobat sekalian secara cermat. Sobat sekalian bisa memilih bahan-bahan yang akan dimasak dengan disesuaikan dengan rencana keuangan sobat sekalian. Dengan demikian maka rencana-rencana keuangan sobat sekalian akan lebih mudah dikendalikan dan target-target keuangan yang telah sobat tentukan akan lebih mudah tercapai. Ok sobat, jangan ragu untuk memasak sendiri ya.

memasak makanan diet,  memasak makanan dengan rice cooker,  memasak makanan sehat,  memasak makanan bayi dengan slow cooker,  memasak makanan rumahan,  memasak makanan yang mudah,  memasak makanan bayi,  memasak makanan sederhana

2. Lebih Sehat dengan Memasak Makanan Sehat

Alasannya adalah karena sobat sekalian tahu dan bisa mengotrol sendiri bahan-bahan yang akan sobat masak serta bumbu-bumbu yang akan sobat gunakan. Selain itu sobat idehidup.com sekalian juga bisa mengontrol proses atau atau cara pembuatan masakan sobat sekalian. Nah, dengan demikian sobat sekalian akan lebih banyak memiliki pilihan untuk menentukan bahwa yang sobat masak adalah makanan menyehatkan dan tidak membahayakan serta mengancam kesehatan sobat sekalian. Itulah mengapa sobat perlu mengasah keterampilan memasak makanan sehat.

3. Meningkatkan Keterampilan Survival (Bertahan Hidup)

Memasak makanan sehat sendiri akan membuat sobat idehidup.com akan menjadi lebih terampil dalam mempertahankan hidup (survival). Terutama bila sobat menggemari kegiatan petualangan di alam bebas (mendaki gunung, backpacking, tracking, birdwatching, dll.) maka keterampilan memasak merupakan suatu kewajiban yang harus dimiliki. Selain itu keterampilan bertahan hidup juga berguna ketika terjadi bencana alam yang melanda di tempat sobat berada (badai angin, badai salju, banjir, tanah longsor, gunung meletus, dll.), sehingga sobat sekalian akan lebih bisa bertahan hidup pada kondisi-kondisi ekstrim tersebut. Satu lagi, keterampilan memasak makanan sendiri akan berguna bila semisal sobat sedang menempuh program belajar dengan mendapatkan beasiswa dan kebetulan beasiswa belum cair, maka sobat perlu menekan pengeluaran dengan memasak sendiri. Atau juga bila hari-hari akhir bulan ketika uang hampir menipis karena gaji belum turun, maka sobat juga perlu bisa bertahan dengan memasak masakan sendiri yang tentunya dengan memasak makanan sehat.

4. Melatih Kesabaran dan Menghargai Proses

Memiliki keterampilan memasak makanan sehat membuat sobat sekalian akan lebih sabar dalam menghadapi tantangan-tangan dalam hidup ini. Sobat sekalian akan lebih menghargai proses. Memasak sendiri berarti sobat sekalian akan melalui proses memilih bahan masakan, mencucinya, mengiris-iris, mengolahnya menjadi satu di atas api, serta membumbuinya hingga rasanya tepat. Kesemuanya itu membutuhkan kesabaran. Berbeda dengan bila sobat membeli makanan yang mana sobat tidak mengikuti proses menyiapkan dan memasaknya. Makanan tersebut tahu-tahu sudah jadi. Mirip-mirip sulapan, setelah mengucapkan sim salabim tiba-tiba muncul makanan di depan kita. Sobat sekalian tidak akan mengikuti memantau dan ikut merasakan proses pembuatan makanan beli tersebut. Sobat idehidup.com memasaklah untuk membantu proses pembelajaran kesabaran sobat sekalian.

5. Bisa Ikut Mendaftar Acara reality show di TV

Dengan memiliki keterampilan memasak makanan sehat, sobat sekalian mempunyai kesempatan untuk ikut mendaftar audisi peserta reality show di TV tentang masak-memasak misalnya acara “Master Chef”. Sobat sekalian akan lebih percaya diri ketika ikut mendaftar acara ini. Menarik sekali kan? oleh karena itu sobat sekalian jangan ragu untuk memulai belajar memasak sekarang juga.

6. Memasak Makanan Sehat Sendiri Adalah Perlawanan

Lho kok bisa? Sobat idehidup.com yang budiman, di tengah-tengah era saat ini yang semuanya serba instant (serba cepat) dan industrialis, sobat akan sedikit memiliki pilihan untuk menentukan makanan yang sobat makan. Kecenderungan tren yang ada adalah makanan cepat saji (fast food), makanan olahan, makanan dalam kaleng, dan makanan instant. Kesemuanya itu kebanyakan dikendalikan oleh korporasi-korporasi besar multinasional berkapital besar. Dengan memasak makanan sehat sendiri maka sobat sekalian akan terbebas dari cengkraman raksasa-raksasa kapitalis tersebut. Lebih keren lagi bila sobat sekalian juga menanam makanan sobat sendiri. Sobat sekalian akan benar-benar mempunyai kontrol terhadap zat-zat yang masuk ke dalam tubuh sobat sekalian mulai dari yang paling dasar (proses menanam) hingga ke proses pengolahannya sampai siap dimakan.

7. Memasak Makanan Sendiri Membuat Lebih Cantik dan Ganteng (ini serius!)

Sobat idehidup.com yang cantik-cantik dan ganteng-ganteng. Tahukah sobat sekalian bila memasak makanan sehat sendiri akan lebih membuat sobat sekalian menjadi lebih cantik dan ganteng lagi. Lho kok bisa? sobat perlu kembali mendengarkan lagu yang berjudul Beautiful yang dinyanyikan oleh girl band Cherry Belle yang salah satu lirik syair lagunya adalah “Kamu cantik cantik dari hatimu”. Ok, dari sini sobat pasti sudah hampir menangkap apa yang dimaksud oleh penulis. Ya, betul! cantik dan ganteng yang dimaksud di sini adalah lebih ke arah inner beauty. Inner beauty ini lebih mengarah pada kepribadian yang dimiliki oleh seseorang.

Sobat, memasak sendiri akan membuat sobat menjadi pribadi yang lebih sabar, sehat, teliti, pintar, dan percaya diri. Kesemuanya itu akan membuat kepribadian sobat menjadi lebih menarik. Dengan kata lain sobat akan lebih cantik atau ganteng yang itu terpancar dari dalam diri sobat. Inner beauty sobat akan terasah dan semakin berkilauan. Keren sekali kan. Ayo coba sekarang siapa orangnya yang tidak ingin terlihat lebih cantik dan lebih ganteng, angkat tangan!

Demikianlah tadi sobat telah idehidup.com bahas mengenai alasan-alasan mengapa sobat harus bisa memasak makanan sehat sendiri. Memasak makanan sendiri bukan berarti sobat tidak memiliki uang untuk membeli makanan yang siap disantap. Namun memasak makanan sendiri adalah pilihan secara sadar untuk dilakukan dengan alasan-alasan logis dan mendasar. Dengan mengetahui alasan-alasan yang telah diuraikan di atas, maka sobat-sobat akan lebih memiliki pandangan dan pemahaman terhadap pentingnya memasak makanan sendiri. Karena berawal dari cara pandang dan pemahaman yang telah dimiliki maka akan lebih mudah untuk terwujudkannya aksi-aksi nyata dalam proses memasak sendiri makanan yang akan sobat santap dengan penuh suka cita serta penuh kebanggaan yang tak terhingga. Selamat berjuang kawan! idehidup.com yakin kawan-kawan semua pasti bisa.