7 Cara Mendapatkan Uang Secara On Line di Internet Dari Produk Sendiri

Bisnis di internet saat ini sudah mulai menggeliat di seluruh penjuru dunia. Salah satu bisnis on line sebagai cara dapat uang dari internet tersebut adalah dengan membuat produk digital dan non digital sendiri dan menjualnya. Menjual produk orang lain untuk menghasilkan uang dari internet terlalu berisiko dan kita tidak memiliki 100% kontrol terhadapnya.

Maka solusinya adalah kita perlu mengusahakan untuk membuat suatu produk digital atau produk non digital sendiri yang kita jual di internet. Apabila kita membuat produk sendiri, maka kita hampir bisa 100% memegang kendali atas apa yang kita jual dan akan terhindar dari ketergantungan terhadap produk orang lain.

Untuk kita yang ingin tahu cara menghasilkan uang dari internet bagi pemula maka tulisan idehidup.com kali ini semoga bisa memberikan gambaran sekilas mengenainya. Dengan kegigihan pantang menyerah dan semangat belajar yang tinggi maka usaha untuk menghasilkan uang melalui media on line di internet akan terwujudkan. Apasajakah jenis-jenis produk buatan kita sendiri yang bisa kita jual di internet? kali ini idehidup.com mengetengahkan uraian mengenai beberapa produk digital dan non digital yang bisa kita tawarkan melalui media internet:

cara menghasilkan uang dari internet bagi pemula, menghasilkan uang dari internet tanpa modal, menghasilkan uang dari internet kaskus, cara menghasilkan uang dari internet secara gratis, cara dapat uang dari internet untuk pemula, cara mendapatkan uang dari internet dengan cepat dan gratis, cara mendapatkan uang secara online, cara menghasilkan uang dari facebook

Penawaran Jasa

Produk yang kita tawarkan bisa berupa produk jasa yang dijalankan secara on line menggunakan media internet. Berikut ini adalah beberapa contoh jasa yang bisa kita tawarkan.

1. Jasa Konsultasi

Kita bisa membuka jasa konsultasi secara on line. Apabila kita memiliki keterampilan atau keahlian di bidang tertentu maka kita bisa membuka jasa konsultasi secara on line. Tentunya sebagai konsultan kita dituntut untuk bisa memberikan solusi-solusi yang efektif dan efisien terhadap pengguna jasa konsultasi kita. Akan menjadi nilai tambah tersendiri bila kita bisa memastikan tingkat keberhasilan atau mungkin bahkan jaminan keberhasilan apabila pengguna jasa kita menerapkan semua saran-saran yang kita berikan.

2. Jasa Pendampingan (Coaching)

Selain jasa konsultasi secara on line maka kita juga bisa menjual jasa pendampingan. Berbeda dengan hanya sebagai konsultan yang mungkin kita mendapatkan bayaran (fee) hanya per konsultasi, maka di jasa pendampingan kita akan lebih masuk lebih dalam lagi dalam keterlibatan dengan permasalahan yang dihadapi pengguna jasa kita (client). Selain itu durasi interaksi kita dengan pelanggan akan bisa lebih lama dalam mengantarkan kesuksesan client dalam menyelesaikan permasalahan mereka.

3. Mengajar secara On line

Kita juga bisa membuka kelas on line dan mengajar di dalamnya. Saat ini kita tidak perlu repot dan mengalami kesulitan lagi dalam mengajar serta tidak lagi terbatas oleh ruang dan waktu. Kita bisa memanfaatkan layanan-layanan seperti skype, google hang out, serta layanan lainnya untuk proses penyampaian materi secara real time kepada peserta kelas kita. Tanya jawab terhadap materi yang kita sampaikan juga bisa dilakukan secara live. Sehingga proses belajar mengajar yang kita bawakan hampir tidak ada bedanya dengan ketika kita sebagai pengajar dan peserta didik kita dalam satu ruang kelas.

Membuat Produk Digital dan Non Digital

Produk digital yang dimaksud di sini adalah jenis produk yang keberadaannya memang dalam bentuk digital elektronis. Produk digital ini bisa kita tawarkan dan jual secara on line di internet. Selain itu kita juga bisa membuat produk non digital yang juga bisa ditawarkan secara on line di internet dan proses pengiriman bisa menggunakan jasa kurir barang, atau bila jarak masih memungkinkan bisa bertemu langsung dengan pembeli ((COD) Cash On Delivery).

4. Keanggotaan Komunitas On Line Berbayar

Kita juga bisa membuat suatu komunitas on line yang bagi siapa saja yang ingin bergabung membayar terlebih dahulu. Bisa juga ditambahkan dengan sistem keanggotaan yang bila ingin memperpanjang keanggotaan maka harus membayar. Biasanya bisnis jenis ini dimiliki oleh orang yang memiliki kemampuan tertentu di atas rata-rata dan bisa dikatakan sudah ahli, sehingga dia di komunitas tersebut menjadi semacam narasumber untuk menjawab segala macam pertanyaan sesuai bidang yang digelutinya dan dia sudah ahli.

Sehingga dengan suka rela orang akan tertarik dan mendaftar ke komunitas tersebut dan bersedia membayar. Kelebihan komunitas ini adalah kita bisa sedikit tidak tergesa-gesa dalam menjawab pertanyaan-pertanyaan yang muncul karena bisa jadi ada anggota komunitas lainnya yang juga menjawabnya kemudian kita tinggal menambahi apa yang kurang dari jawaban tersebut. Sehingga anda masih “bisa sempat bernapas”.

Berbeda dengan kelas on line secara langsung yang anda harus menjawab pertanyaan dari peserta kelas anda saat itu juga. Hal ini karena konsep komunitas on line adalah untuk saling berdiskusi dan saling mengutarakan pendapat tentang suatu permasalahan tertentu. Komunitas on line berbayar ini bisa berupa forum on line yang kita install di hosting dengan menggunakan engine seperti phpBB, vbulletin, dan lain sebagainya. Atau kita juga bisa menggunakan facebook dengan membuat group khusus yang dibuat di-setting bersifat secret, sehingga tidak semua orang bisa tahu dan membaca apa yang sedang didiskusikan, hanya anggota yang sudah membayar yang bisa mengikuti jalannya diskusi.

5. Video Panduan (Tutorial)

Video mengenai panduan untuk melakukan hal tertentu juga bisa kita produksi dan dijual. Selain itu video-video tersebut juga bisa berupa pembahasan mengenai suatu hal tertentu. Kelebihan dari video ini adalah lebih bisa mudah diikuti langkah demi langkah dalam melakukan sesuatu materi tertentu. Dan tentu saja produk berupa video ini bisa diputar berulang-ulang oleh pembelinya apabila dirasa ada penjelasan tertentu yang dirasa belum dipahami secara mendalam.

Video panduan atau tutorial ini bisa dikolaborasikan dengan poin nomer 3 “Mengajar secara On line”. Jadi produk video ini bisa berupa proses mengajar secara on line yang direkam dalam bentuk video. Situs-situs tertentu seperti slidesharedotnet dan lain-lain menyediakan layanan untuk menaruh video premium. Kita bisa meng-up load video-video berbayar di situs-situs semacam itu untuk mendapatkan tambahan pemasukan uang (income), dan bisa menjadi jalan untuk mendapatkan pasive income dalam mencapai kebebasan finansial.

6. eBook (Buku Digital)

Ada beberapa orang yang lebih memilih untuk menulis ebook dan mengedarkannya sendiri serta menjualnya sendiri. Salah satu alasannya adalah dengan seperti ini maka tidak terbebani oleh kerumitan-kerumitan sebagaimana yang banyak terjadi di dunia penerbitan konvensional. Produk ebook ini biasanya dijual untuk melengkapi produk “Mengajar secara On Line” dan produk “Video Panduan (Tutorial)”. eBook yang bisa kita jual ini berisi materi-materi praktis yang kita memang ahli di bidang tersebut. Serta tentunya setelah kita menjajaki kondisi pangsa pasar untuk mengetahui kira-kira buku ebook kita tersebut laku atau tidak.

Produk-produk jenis ebook, Mengajar secara On line, keanggotaan komunitas on line berbayar, dan Video Panduan (Tutorial), itu biasanya digabungkan menjadi suatu produk yang ditawarkan secara bersama untuk menarik calon pembeli, ataupun juga bisa dijual secara sendiri-sendiri. Yang perlu diperhatikan adalah kualitas produk-produk yang kita tawarkan tersebut harus di atas rata-rata dan berkualitas premium. Sehingga para pembeli tidak merasa rugi dan bahkan merasa sangat puas dengan produk yang mereka beli. Lebih-lebih bila mereka merekomendasikannya kepada kawan-kawannya, maka akan menjadi viral dan menyebar luas.

7. Produk Riil Non Digital Buatan Sendiri

Saat ini untuk memasarkan barang bisa dikatakan lebih mudah dari pada jaman dulu. Perkembangan teknologi internet memungkinkan kita untuk mempromosikan segala macam hal yang bisa diperjual belikan. Kesempatan ini bisa memberikan peluang bagi kita yang dapat membuat suatu produk tertentu (produk kerajinan tangan dan produk-produk lainnya buatan kita sendiri) untuk menjualnya ke seantero penjuru bumi. Internet memberikan segala keleluasaan yang sebelum-sebelumnya belum pernah terpikirkan.

Beberapa produk kerajinan tangan (hand craft) banyak diperjualbelikan di situs-situs jual beli on line. Hal ini berarti juga memungkinkan bagi kita untuk menjual segala macam produk (non digital) buatan kita sendiri di situs-situs tersebut. Situs-situs jual beli on line tersebut ada yang memperjualbelikan secara umum berbagai macam barang dan juga ada yang hanya khusus menjual jenis-jenis barang tertentu saja. Nah kita bisa memilih untuk mempromosikan barang-barang (non digital) buatan kita itu tadi di situs-situs on line jual beli umum maupun yang situs-situs jual beli on line yang lebih spesifik.

Oleh karena itu bila kita selama ini masih tergolong menghasilkan uang di internet dengan menjual produk orang lain maka saat ini tidak ada salahnya untuk memulai memikirkan suatu rencana untuk membuat sendiri produk kita. Atau juga bisa sebagai diversifikasi (memperbanyak jenis) usaha pencarian uang dari internet. Sehingga kita memiliki banyak sumber pemasukan uang dari internet. Dengan memiliki sumber pemasukan uang dari internet yang tidak hanya dari satu sumber saja maka kita bisa terhindar dari krisis keuangan apabila salah satu sumber pendapatan uang dari internet mengalami gangguan atau sedang macet, karena masih ada sumber pemasukan dari internet yang lainnya.

Demikian tadi uraian singkat mengenai beberapa cara mendapatkan uang secara on line di internet dari produk sendiri. Semoga tulisan idehidup.com kali ini bisa memberikan secercah inspirasi untuk kita bersama. Terimakasih telah meluangkan waktu  untuk bersedia berkunjung ke idehidup.com, semoga sukses selalu untuk anda.

Barangkali anda juga tertarik untuk menikmati sajian-sajian kami lainnya: