7 Cara Mudah Meningkatkan Produktivitas Kerja

Apakah anda ingin meningkatkan produktivitas kerja anda sendiri? apakah anda ingin meningkatkan produktivitas karyawan yang anda pimpin? maka tidak ada salahnya anda sejenak meluangkan waktu untuk membaca kiat-kiat contoh produktivitas berikut ini,

1. Membuat daftar rencana kerja secara ringkas untuk meningkatkan produktivitas kerja

Sudahkah anda membuat rencana tentang apa yang akan anda kerjakan. Bila sudah, maka anda sudah pada jalur yang tepat untuk proses peningkatan produktivitas kerja anda. Nah terkadang justru kita menjadi tidak bersemangat setelah melihat daftar apa saja yang harus dikerjakan. Hal ini biasanya dikarenakan terlalu banyaknya pekerjaan yang masuk dalam daftar rencana kerja. Oleh karena itu maka coba ringkaslah daftar rencana kerja dengan hanya menuliskan yang paling-paling penting saja. Simpanlah daftar pekerjaan yang lain di tempat lainnya (di halaman lain dari buku, atau di file lain). Dengan demikian maka rasa tidak besemangat akan hilang dengan sendirinya setelah anda melihat hanya sedikit pekerjaan yang harus diselesaikan.

produktivitas kerja, produktivitas karyawan, produktivitas adalah, pengertian produktivitas, contoh produktivitas, makalah produktivitas

2. Mengerjakan bagian dari pekerjaan yang paling sulit pada awal pagi hari untuk meningkatkan produktivitas kerja

Cobalah untuk mengerjakan pekerjaan-pekerjaan yang anda rasa paling sulit untuk dikerjakan yang paling pertama di pagi hari. Hal ini karena udara masih segar dan pikiran anda masih belum dipenuhi oleh keruwetan. Selain itu juga diyakini bahwa pagi-pagi adalah waktu yang tepat untuk mengerjakan pekerjaan yang paling menyita konsentrasi anda adalah karena otak anda baru saja selesai direstart dengan tidur sehingga anda bisa lebih fokus dan dipenuhi semangat yang tinggi.

3. Belajar konsentrasi dalam jangka waktu yang panjang untuk meningkatkan produktivitas kerja

Konsentrasi adalah ketrampilan, dan ketrampilan adalah hasil dari proses belajar rutin atau dari kebiasaan-kebiasaan akibat mengulang-mengulang hal yang sama secara terus menerus. Dengan demikian maka konsentrasi bisa dilatih. Yang lebih penting lagi adalah ketrampilan untuk konsentrasi dalam jangka waktu yang panjang. Orang kebanyakan hanya bisa berkonsentrasi dalam jangka waktu yang pendek dan jarang ada yang bisa berkonsentrasi dalam jangka waktu yang panjang. Banyak cara untuk melatih konsentrasi dalam jangka waktu yang panjang, diantaranya yaitu dengan meditasi dan main catur.

4. Olahraga secara rutin untuk meningkatkan produktivitas kerja

Olahraga secara rutin juga merupakan salah satu cara untuk meningkatkan produktivitas kerja. Alasannya adalah karena dengan berolah raga maka tubuh akan menjadi sehat dan segar, detak jantung normal sehingga sirkulasi darah ke seluruh tubuh lancar. Olah raga juga bisa meningkatkan fokus dan konsentrasi serta menajamkan pikiran karena suplai pasokan aliran darah ke otak juga menjadi lebih baik. Selain itu olahraga rutin juga akan memberikan dampak rekreasi atau penyegaran (refreshing), misalnya adalah jenis-jenis olahraga yang mengandung unsur permainan. Dengan berolahraga secara rutin anda akan mendapatkan manfaat kesegara tubuh, ketajaman pikiran, serta sekaligus rekreasi (hiburan).

5. Sadari mengapa anda terganggu (distracted) untuk meningkatkan produktivitas kerja

Di antara pengganggu produktivitas yang sering terjadi adalah adanya pengganggu (distraction). Anda menjadi menunda-nunda untuk segera menyelesaikan pekerjaan karena terus men-scroll down status teman-teman facebook anda, anda terus-terusan membaca update twitter akun-akun yang anda follow, anda pusing dan bosan akibat meja kerja atau tempat kerja anda yang berantakan. Segeralah sadari hal-hal pengganggu seperti ini. Ketahuilah akar-akar permasalahan gangguan kerja yang sedang terjadi. Setelah anda menyadari bahwa ini semua adalah pengganggu proses produktivitas kerja anda, maka segera lakukan aksi untuk menghilangkan pengganggu-pengganggu ini. Pastikan hanya membuka facebook dan twitter pada jam-jam istirahat saja. Apabila anda pimpinan di tempat kerja, maka hubungi bagian IT untuk mengatur koneksi internet supaya facebook dan twitter hanya bisa dibuka pada jam-jam istirahat. Segera rapikan meja kerja anda dan singkirkan benda-benda yang tidak terlalu penting dari meja atas meja. Bila perlu maka di atas meja hanya ada laptop atau buku kerja anda.

6. Cari alasan mengapa anda tertarik mengerjakan pekerjaan tersebut untuk meningkatkan produktivitas kerja

Terkadang kemalasan dalam mengerjakan suatu pekerjaan adalah karena ketidaktahuan kita akan manfaat dari apa yang kita kerjakan. Kita merasa bahwa pekerjaan tersebut adalah pekerjaan sepele yang tidak signifikan. Maka cara untuk mengatasi permasalahan ini adalah dengan mencari apa saja manfaat dari pekerjaan yang sedang anda kerjakan. Karena bila dipikirkan secara mendalam, bahwa tidak ada pekerjaan yang tidak penting. Masing-masing pekerjaan adalah komponen penyusun dari kesuksesan suatu proyek yang lebih besar. Bila satu pekerjaan meskipun betapa sederhananya pekerjaan tersebut, maka bila pekerjaan tersebut tidka dilakukan secara baik bisa berpengaruh pada gagalnya proyek besar secara keseluruhan. Misalnya anda hanya bekerja mengerjakan memasukkan data-data pada kolom spreadsheet, bisa dibayangkan bila data-data ini tidak dimasukkan dalam di spreadsheet dan diolah sedemikian rupa maka tim akan kesulitan untuk mengambil suatu keputusan berdasarkan data-data yang ada. Atau bisa jadi akhirnya tim salah dalam mengambil keputusan sehingga mengakibatkan gagalnya suatu proyek. Carilah alasan untuk menguatkan anda dalam bersemangat dalam mengerjakan tugas kerja yang sedang anda kerjakan, maka produktifitas kerja anda akan semakin meningkat.

7. Bersabar dalam proses untuk meningkatkan produktivitas kerja

Sabar adalah bagian dari penentu kesuksesan peningkatan produktivitas kerja anda. Karena bekerja ada adalah suatu proses, dan proses membutuhkan waktu. Tergantung dari tingkat kesulitan suatu pekerjaan. Semakin sulit suatu pekerjaan maka biasanya membutuhkan waktu yang cukup lama dalam proses pengerjaannya. Sehingga diperlukan kesabaran yang tinggi untuk melaluinya. Kesabaran ini bisa dilatih, maka latihlah ketrampilan anda dalam mengendalikan kesabaran untuk hasil kerja yang sempurna. Dan tentu saja kesabaran juga akan memberikan bonus dalam menjadikan anda semakin bijaksana dalam menyikapi setiap keadaan.