7 Manfaat Berlatih Beladiri Yang Mungkin Belum Anda Ketahui

Di balik kegiatan berlatih beladiri ternyata banyak sekali manfaat yang bisa didapatkan. Apapun jenis aliran beladiri baik itu beladiri yang tergolong rumit sampai beladiri praktis maka semuanya memiliki banyak manfaat.

Berlatih beladiri bukan hanya untuk mendapatkan kemampuan untuk membela diri sendiri, namun merupakan suatu proses tekun berlatih secara terus menerus untuk mencapai kesempurnaan teknik. Berikut ini akan dibahas apa saja manfaat yang didapatkan ketika seseorang berlatih beladiri.

1. Sehat

Berlatih beladiri bisa meningkatkan kesehatan jantung (kardiovaskuler) sehingga membuat anda menjadi lebih segar dan berenergi. Selain itu, berlatih beladiri juga membakar lemak. Jika anda menginginkan olahraga menyehatkan yang murah, maka salah satu pilihannya adalah berlatih beladiri. Anda bisa berlatih sendiri gerakan-gerakan dasar beladiri maupun berlatih jurus yang terdiri dari rangkaian gerakan. Efek dari berlatih ini sama dengan ketika anda mengikuti senam aerobik atau senam-senam yang lain di tempat fitness.

pengertian beladiri, beladiri terbaik, beladiri tenaga dalam, beladiri pencak silat, beladiri kopassus, beladiri paling mematikan, beladiri polri, beladiri praktis

flickr.com/photos/devcentre/22351699/

2. Melatih Kesabaran

Berlatih beladiri memerlukan mengulang-ngulang gerakan yang sama sebanyak mungkin. Mengulang-ulang gerakan yang sama sebanyak mungkin ini bertujuan untuk mendapatkan kesempurnaan teknik gerakan. Sehingga anda akan berlatih untuk bersabar.

Bila anda tidak bersabar mengulang-ulang gerakan yang sama, maka sulit sekali untuk mencapai target kesempurnaan teknik gerakan tersebut. Untuk mendapatkan kesempurnaan gerakan maka diperlukan proses latihan berulang-ulang. Dengan berlatih beladiri, maka anda akan mendapatkan sifat sabar dan menghargai proses.

3. Melatih Kedisiplinan

Berlatih beladiri melatih kedisiplinan anda. Hal ini karena berlatih beladiri memerlukan serangkaian latihan yang rutin dan terus-menerus. Bila anda jarang latihan maka gerakan anda juga akan tidak segera sempurna. Dan bahkan jika anda jarang latihan maka tubuh anda juga akan susah untuk menyesuaikan. Berlatih beladiri yang paling baik adalah secara rutin dan terus menerus.

Dengan berlatih beladiri secara rutin dan terus menerus secara disiplin maka penguasaan teknik-teknik beladiri akan segera didapat. Selain itu kedisiplinan berlatih beladiri ini juga akan memberikan efek kedisiplinan dalam keseharian seorang praktisi beladiri. Tercerminnya kedisiplinan dalam keseharian inilah nilai plus dari berlatih beladiri.

4. Melatih Percaya Diri

Percaya diri merupakan manfaat yang juga didapatkan dari proses berlatih beladiri. Berlatih beladiri memerlukan penguatan mentalitas pantang menyerah pada diri praktisinya. Bagaimana mau membela diri bila pada kemampuan diri sendiri saja tidak dimiliki. Maka tentu saja rasa percaya diri ini perlu dipupuk secara perlahan seiring waktu secara perlahan saat latihan beladiri. Sehingga bisa dikatakan bahwa seorang praktisi beladiri adalah seseorang yang memiliki tingkat percaya diri yang tinggi.

5. Melatih Penguasaan Diri

Praktisi beladiri yang sudah berpengalaman akan mampu mengatur dan menguasai diri. Praktisi beladiri mampu membuat dirinya tidak terlalu percaya diri secara berlebihan dan juga tidak merasa rendah diri. Praktisi beladiri tidak akan pernah terbawa emosi karena dia mampu menguasai diri. Praktisi beladiri tahu bahwa emosi adalah awal dari pancingan untuk lepas kendali diri hingga tidak mampu menguasai diri.

6. Menjadikan Diri Bersikap Sportif

Praktisi bela diri akan memiliki sifat sportif. Dalam berlatih beladiri seorang praktisi akan banyak mengatahui sejauh mana kemampuan dirinya. Seorang praktisi beladiri akan mengetahui dan bisa menilai kemampuan orang lain serta tidak merendahkan mereka. Hal ini karena seorang praktisi beladiri banyak berlatih dengan lawan tanding (sparring partner) yang memiliki berbagai macam kemampuan. Seorang praktisi beladiri sejati akan mengakui kelebihan lawan tanding dan menjadikannya motivasi bagi dia untuk terus berlatih supaya lebih baik lagi kemampuannya.

7. Pantang Menyerah

Seorang praktisi beladiri tidak akan menyerah begitu saja ketika menghadapi suatu permasalahan. Hal ini karena seorang praktisi beladiri sudah faham bahwa ketika dia tidak menguasai atau penguasaannya belum sempurna terhadap suatu teknik beladiri, maka dia akan terus berlatih ribuan kali mengulang-ngulang teknik tersebut tanpa henti hingga sempurna.

Oleh karena itulah seorang praktisi beladiri akan memahami bahwa permasalahan kehidupan pasti ada jalan keluarnya dan bisa dilalui bila semangat pantang menyerah terus dikobarkan. Filosofi pantang menyerah yang dimiliki oleh praktisi beladiri inilah yang mampu membawa mereka secara sukses mengarungi secara gagah berani badai kehidupan yang siap menerpa.