7 Manfaat Percaya Diri Dalam Menggapai Kesuksesan

Idehidup.com merasa perlu membahas manfaat percaya diri untuk mencapai kesuksesan. Percaya diri adalah modal dasar yang harus dimiliki untuk mencapai keberhasilan dalam hidup. Percaya diri akan membawa kepada kepastian dalam mengambil tindakan yang harus segera dilakukan dalam proses mencapai kesuksesan. Sikap mental percaya diri muncul dari diri manusia sejak mereka masih usia anak-anak. Maka manfaat percaya diri bagi anak dan manfaat percaya diri bagi siswa perlu digali dan dipertahankan sejak dari usia dini hingga kelak ketika dewasa.

Namun pola pendidikan dan pengasuhan sejak mulai anak-anak sampai beranjak dewasalah yang paling menentukan apakah sikap percaya diri ini masih ada pada manusia tersebut atau tidak. Apabila seseorang sudah dewasa dan mengalami kekurang percaya dirian, maka masih ada kemungkinan sikap mental percaya diri dibangkitkan dan dihidupkan kembali dari diri manusia tersebut. Begitu banyak sekali kerugiaan tidak percaya diri sehingga sikap percaya diri perlu dipupuk dan disiram supaya tumbuh dan berkembang menuju arah yang lebih baik.

manfaat percaya diri bagi siswa, manfaat sikap mandiri, kerugian tidak percaya diri, manfaat percaya diri menurut para ahli, tujuan percaya diri, manfaat percaya diri bagi anak, manfaat mandiri, keuntungan tekun

Berikut ini akan diulas beberapa macam manfaat percaya diri versi idehidup.com, meskipun tulisan ini tidak membahas tentang manfaat percaya diri menurut para ahli, namun semoga bisa memberikan sekilas gambaran mengenai percaya diri. Dengan mengetahui manfaat percaya diri maka secara langsung juga akan mendorong meningkatnya rasa percaya diri pada diri seseorang. Selamat menikmati sajian kami kali ini.

1. Percaya Diri Membangkitkan Semangat

Kuatnya percaya pada diri sendiri itu mampu memberikan suntikan semangat pada seseorang. Semangat membara merupakan modal dasar untuk menghadapi berbagai macam lika-liku kehidupan. Semangat yang kuat adalah hal yang diperlukan dalam usaha untuk mencapai tujuan-tujuan hidup yang telah ditetapkan, baik itu tujuan jangka pendek maupun tujuan jangka panjang. Membangkitkan rasa percaya diri berarti secara langsung juga membangkitkan semangat kerja dan berproses untuk mencapai tujuan-tujuan yang telah disusun. Dengan demikian maka bisa dikatakan bahwa tujuan percaya diri salah satunya adalah untuk membangkitkan semangat yang ada di dalam diri.

2. Percaya Diri Menghilangkan Rasa Takut

Rasa takut tidak akan pernah menguasai jiwa seseorang yang memiliki sikap mental percaya diri. Takut bagi mereka hanyalah kondisi pikiran yang lebih menginginkan untuk terus berada pada kondisi zona nyaman. Mereka yang memiliki sikap mental percaya diri mampu mengolah rasa takut yang biasanya lebih mengarah ke hal negatif menjadi hal yang positif. Mereka mampu menghilangkan takut yang mengarah ke hal negatif dan hanya menyisakan takut yang mengarah ke hal positif saja. Percaya diri menjadikan seseorang mampu mendesak rasa takut dan menggantinya dengan keberanian untuk menghadapi tantangan yang ada di depan mata. Itulah manfaat percaya diri yang akan didapatkan.

3. Percaya Diri Menjadikan Lancar Dalam Menjalani Karir

Orang yang memiliki sikap mental percaya diri akan mempunyai kecenderungan untuk lancar dalam mencapai puncak-puncak prestasi dalam karirnya. Sikap percaya diri memberikan efek pantang menyerah bagi orang yang memilikinya dalam mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Percaya kepada kemampuan diri sendiri berarti orang tersebut telah memahami akan potensi-potensi yang dimiliki olehnya. Oleh karena itu mereka akan mengoptimalkan setiap potensi yang terdapat pada diri mereka dalam proses mencapai puncak-puncak prestasi pada karirnya.

4. Percaya Diri Menumbuhkan Sikap Menciptakan Peluang Dan Bukan Hanya Menunggu Peluang

Percaya diri akan membawa orang yang memilikinya menjadi tidak pasif. Percaya diri akan membuat seseorang lebih aktif menciptakan peluang dan mengurangi menunggu kesempatan. Karena orang yang percaya diri sadar memiliki potensi-potensi di dalam diri, maka mereka menggunakannya untuk mencapai kesuksesan. Sehingga orang percaya diri akan lebih memilih untuk menciptkan peluang dan mengeksekusinya lebih lanjut sampai mendapatkan hasil terbaik. Kemampuan untuk menciptakan peluang inilah yang membuat orang percaya diri lebih mempunyai kesempatan besar mencapai kesuksesan. Dengan mengetahui hal ini maka manfaat percaya diri tidak bisa dianggap remeh.

5. Percaya Diri Membangkitkan Keberanian Mengambil dan Menghadapi Resiko

Sikap mental percaya diri membawa seseorang yang memilikinya untuk berinteraksi dengan resiko secara lebih elegan. Bagi mereka yang memiliki sikap mental percaya diri, risiko dianggap sebagai bagian dari fenomena alam yang harus dilalui sebagaimana fenomena-fenomena alam lainnya. Mereka menyadari bahwa risiko dapat diatur sedemikian rupa dengan kemampuan yang mereka miliki sehingga risiko tersebut akhirnya menjadi sesuatu yang tidak menakutkan. Di tangan orang yang memiliki sikap mental percaya diri, resiko telah dijinakkan dan dibagi-bagi menjadi sub-sub resiko sehingga dampak negatif dari resiko tersebut bisa diantisipasi dan lebih bisa diprediksi.

6. Percaya Diri Menjadikan Lebih Banyak Tersenyum dan Lebih Menikmati Kehidupan

Hal lain yang merupakan manfaat dari memiliki sikap mental percaya diri adalah lebih tenang serta bergembira apapun yang terjadi dan pada puncaknya akan lebih bisa menikmati kehidupan. Kehidupan adalah suatu proses dinamis yang melibatkan berbagai macam variabel. Cara orang percaya diri dalam menghadapi berbagai macam variabel itu tadi akan lebih terkontrol dan melaluinya dengan senyum gembira penuh antusias. Percaya diri yang dimiliki seseorang akan mampu mendukung penterjemahan tantangan-tantangan kehidupan menjadi sesuatu yang menarik dan terus menerus ingin dinikmati. Akibat dari ini semua adalah terpancarnya aura menyenangkan dari orang tersebut. Yang lebih menakjubkan lagi adalah orang-orang yang berada di sekitarnya pun akan ikut pula menjadi lebih bergairah dalam hidup. Manfaat percaya diri tidak hanya dirasakan oleh orang yang memilikinya, namun juga dirasakan oleh orang-orang di sekitarnya.

7. Percaya Diri menjadikan Badan Lebih Sehat

Dan akhirnya tanpa disadari tubuh orang yang memiliki kondisi sikap mental percaya diri akan lebih sehat. Mental dan kondisi kejiwaan setiap manusia mempunyai hubungan yang kuat dengan kondisi kesehatan tubuh. Banyak penelitian ilmiah yang membuktikan akan hal tersebut. Proses-proses fisiologis dan imunitas dalam tubuh manusia akan terdongkrak sistem kerjanya menjadi lebih optimal dan lebih sehat. Akhirnya bisa ditarik kesimpulan secara umum bahwa kondisi pikiran mampu mempengaruhi kondisi tubuh secara keseluruhan. Manfaat percaya diri ternyata tidak hanya dari segi psikis saja, ternyata juga dari segi fisik.

Dengan demikian maka percaya diri wajib dimiliki oleh siapun orangnya. Pastinya semua orang menginginkan kesuksesan. Sedangkan percaya diri merupakan salah satu modal dasar yang harus dimiliki oleh seseorang dalam menggapai kesuksesan. Oleh karena itu maka percaya diri harus dibangkitkan pada masing-masing diri seseorang. Ibarat seseorang ingin menyalakan api kesuksesan, maka percaya diri adalah pemantik api untuk menyalakan keseluruhan api kesuksesan yang nantinya akan berkobar-kobar.

Begitu pentingnya manfaat percaya diri pada diri maka seseorang harus belajar dan mengusahakan supaya percaya diri selalu berada pada dirinya. Percaya diri itu bisa dilatih. Percaya diri itu bisa dibangkitkan. Karena pada dasarnya semua orang memiliki hak dan kesempatan yang sama dalam menggapai kesuksesan, maka percaya diri juga bisa dimiliki oleh semua orang. Ada cara-cara tersendiri dalam membangkitkan atau melatih sikap percaya diri. Mengenai cara membangkitkan percaya diri  dibahas lebih lanjut di artikel idehidup.com yang berjudul 5 Tips Mengatasi Rasa Minder dan Meningkatkan Percaya Diri.

Manfaat percaya diri memang tidak bisa dipandang sebelah mata. Sedangkan kerugian karena tidak percaya diri akan lebih banyak diderita oleh seseorang. Sehingga percaya diri harus dimiliki oleh seseorang yang ingin menggapai puncak-puncak kesuksesan dalam kehidupannya. Percaya diri adalah salah satu kunci kesuksesan yang sangat penting keberadaannya di dalam diri seseorang. Percaya diri harus dimiliki oleh anak-anak, siswa, mahasiswa, pekerja, pebisnis, entrepreneur, para ahli, dan semua orang yang ada di muka bumi ini.

Demikian telah diulas oleh idehidup.com mengenai manfaat percaya diri. Semoga tulisan ini mampu memberikan inspirasi bagi pembaca sekalian mengenai pentingnya percaya diri untuk menggapai kesuksesan dalam menjalani kehidupan. Mari mengedepankan sikap percaya diri, bersemangat, serta pantang menyerah dalam menjalani dan menjawab tantangan-tantangan kehidupan. Semoga artikel-artikel yang ada di idehidup.com mampu memberikan sajian-sajian inspiratif bagi pembaca sekalian. Sampai jumpa di titik-titik tertinggi puncak kesuksesan anda. Salam sukses selalu untuk anda sekalian.