7 Rahasia Cara Mengatasi Demam Panggung

Pernahkah terpikir bagi anda tentang cara mengatasi demam panggung yang mungkin selama ini anda alami? Apakah anda pernah berfikir dan berdecak kagum serta ingin tahu rahasianya ketika anda melihat mereka dengan sangat berani dan begitu bagusnya tampil di depan hadirin? Berita baiknya adalah andapun juga bisa seperti mereka. Artikel idehidup.com kali ini akan mengetengahkan bagaimana cara mengatasi demam panggung. Sehingga harapannya anda akan lebih optimal lagi ketika tampil di depan forum besar baik itu sebagai pemateri utama, sebagai peserta yang menyampaikan pendapat atau pertanyaan, atau anda sebagai performer suatu pertunjukan di pentas panggung. Selamat menyimak.

1. Menyiapkan materi sebaik-baiknya

Menyiapkan materi yang akan disampaikan atau dipertunjukkan di panggung pentas atau podium dengan sebaik-baiknya adalah kunci dasar yang paling utama dalam cara mengatasi demam panggung. Apabila anda sudah menguasai materi yang akan disampaikan dengan baik maka bisa dikatakan 75 persen anda sudah siap tampil dan tidak akan mengalami demam panggung. Karena faktor utama terjadinya demam panggung adalah karena anda belum siap atau tidak menguasai materi yang akan anda sampaikan. Siapkanlah materi yang akan anda anda sampaikan atau tampilkan sebaik mungkin dan kuasailah seakurat mungkin maka dijamin anda tidak akan mengalami demam panggung. Namun tetap diperlukan hal-hal pendukung lainnya seperti yang akan dijelaskan pada poin-poin berikutnya.

cara mengatasi demam panggung

2. Berlatih di depan cermin

Setelah anda menyusun dan menyiapkan materi yang akan anda sampaikan atau tunjukkan sebaik-baiknya maka anda bisa berlatih menyampaikannya di depan cermin. Cara ini adalah cara yang sederhana dan anda bisa melakukannya sendirian sebelum nantinya anda mencoba tampil di depan teman atau kelompok kecil. Anda bisa tahu letak keasalahan anda sendiri dengan mengoreksi diri dari pantulan cermin. Latihlah sebanyak dan sesering mungkin dengan beraksi berbicara atau pertunjukan di depan cermin. Anggaplah anda sendiri yang tampil dan anda sendirilah yang juga sebagai hadirin. Sepengalaman penulis, cara mengatasi demam panggung jenis ini cukup efektif untuk melatih diri dalam mempersiapkan segala macam bentuk komunikasi yang tidak hanya untuk tampil di panggung tapi juga bisa misalnya untuk persiapan tes wawancara.

3. Belajar pengucapan vokalisasi yang benar

Salah satu teknik cara mengatasi demam panggung yang perlu anda lakukan adalah dengan belajar mengucapkan vokalisasi cara ngucapkan bunyi tertentu secara benar. Belajar cara mengucapkan bunyi tertentu dari suatu kata ini akan lebih membuat anda terhindarkan dari mulut yang tiba-tiba kelu dan salah dalam mengucapkan suatu kata. Selain itu juga untuk menghindari anda manjadi gagap ketika berbicara karena mengalami demam panggung. Latihlah vokalisasi yang benar ini salah satunya dengan menggunakan teknik-teknik latihan yang banyak dilakukan oleh anggota kelompok teater atau kelompok paduan suara.

4. Belajar berbicara di depan teman (kelompok kecil)

Bentuklah kelompok-kelompok kecil untuk anda belajar berbicara menyampaikan materi yang akan anda sampaikan atau cobalah tampil di depan mereka. Tentunya teman-teman baik anda akan memberikan masukan-masukan dan saran serta kritik membangun yang berharga bagi perbaikan penampilan anda. Tampil di depan kelompok kecil ini bisa dianggap sebagai latihan atau gladi bersih sebelum anda tampil di depan forum atau kelompok yang lebih besar. Cara mengatasi demam panggung dengan berbicara atau tampil di depan kelompok kecil ini terbukti efektif. Hal ini dikarenakan anda akan lebih merasa nyaman dan tidak merasa terintimidasi sebab audiens anda adalah teman-teman anda sendiri yang anda percaya. Serta tentunya mereka tidak akan merendahkan atau mengolok-ngolok anda bila ada yang salah ketika anda sedang berada pada tahap belajar.

5. Mempelajari gaya orang lain

Salah satu cara mengatasi demam panggung adalah dengan mencoba memperhatikan orang lain ketika dia berada di panggung atau podium. Coba perhatikan gerak-gerik mereka, perhatikan arah pandangan mata mereka, perhatikan posisi cara mereka berdiri, perhatikan posisi tangan mereka, perhatikan cara mereka berbicara, perhatikan pola mereka menyampaikan materi, dan lain sebagainya. Atau bila anda di panggung adalah untuk tampil (perform) maka coba perhatikan bagaimana gaya artis-artis lain dalam melakukan aksi-aksi panggung mereka. Tidak ada salahnya anda mencontoh total gaya orang lain (tokoh atau artis) dalam masa belajar anda. Namun tentunya seiring berjalannya waktu maka anda akan bisa menemukan sendiri gaya khas penampilan anda yang unik berbeda dengan orang lain.

6. Menguatkan mental

Anda perlu menguatkan mental anda untuk mengatasi demam panggung. Mental di sini adalah anda harus menguatkan mental dan watak anda supaya berani berbicara di depan panggung. Keberanian di sini tentunya bisa dibangkitkan dengan berlatih secara terus-menerus. Salah satu latihannya adalah anda harus berani mengutarakan pendapat di suatu forum atau kelompok orang. Dalam lingkup yang sama yaitu di dalam suatu forum tingkatan kesulitan dalam menyampaikan pendapat secara terbuka sebagai peserta forum. Jadi bila anda belum berani berbicara sebagai pembicara inti atau pembicara utama, maka latihlah diri anda untuk menyatakan pendapat atau mengeluarkan pertanyaan kepada pemateri (pembicara utama) ketika sesi tanya jawab sedang berlangsung. Latihlah keberanian anda untuk berbicara di forum sesering mungkin. Bila anda belum berani menjadi pembicara yang di depan maka perbanyaklah berpartisipasi aktif dengan bertanya ke pemateri atau menyampaikan pendapat di forum sesering mungkin. Tentunya keaktifan di forum berupa pengajuan pertanyaan atau pendapat ini juga perlu memperhatikan pemberian kesempatan kepada anggota forum lainnya, jangan sampai anda memonopoli.

7. Melatih percaya diri

Cara mengatasi demam panggung yang lainnya adalah anda harus melatih rasa percaya diri. Ketika anda berbicara di panggung atau di podium atau di depan kelas maka itu akan menunjukkan tingkat percaya diri anda. Semakin kuat percaya diri anda maka semakin anda tidak merasa demam panggung. Untuk menguatkan rasa percaya diri maka anda harus menghargai diri anda sendiri terlebih dahulu. Hargailah diri anda sendiri dan berikan kepercayaan pada diri anda sendiri bahwa anda bisa membawakan materi atau performance dengan baik dan luar biasa di atas panggung podium atau di depan forum. Juga berkaitan dengan poin pertama, bila anda sudah menyiapkan materi sebaik-baiknya maka tidak ada alasan bagi anda untuk tidak percaya diri menyampaikannya atau mempertunjukkannya di hadapan hadirin.

Demikian tadi telah diuangkapkan mengenai bagaimana cara mengatasi demam panggung. Yang perlu diperhatikan adalah anda harus terus melatih ketrampilan berbicara dan penampilan pertunjukan (performance) anda di depan audience. Terutama bila anda masih malu-malu atau dipenuhi oleh rasa ragu-ragu ketika anda tampil di depan hadirin. Latihlah terus menerus tujuh hal yang telah disampaikan itu tadi sampai anda menjadi terbiasa dengan berbicara atau tampil di depan hadirin. Hingga sampai tahap anda menjadi tidak dilingkupi rasa takut, gagap, nervous ketika anda berdiri di depan hadirin. Berdirilah di depan forum dengan penuh percaya diri dan antusiasme yang tinggi. Salam sukses selalu untuk anda pembaca setia idehidup.com.