7 Rahasia Cara Menjadi Pribadi Yang Lebih Baik

Seseorang yang ingin maju dan berkembang pastinya ingin mengetahui cara menjadi pribadi yang lebih baik. Karena pada intinya seseorang yang berfikiran maju dan berkembang maka akan selalu ingin mengubah diri menjadi lebih baik. Hal ini karena untuk menggapai target-target yang harus dicapai dalam kehidupan memerlukan kemampuan diri untuk selalu dinamis dalam menghadapi tantangan-tantangan kehidupan.

Sehingga akan disadari bahwa berproses ke arah yang lebih baik merupakan suatu keharusan yang harus dimiliki oleh orang-orang yang ingin mencapai kesuksesan. Berikut ini akan diulas mengenai cara memperbaiki diri menjadi lebih baik versi idehidup.com, selamat menikmati sajian kami kali ini.

1. Selalu Berusaha Menguasai Diri

Keterampilan dasar yang harus dimiliki oleh seseorang yang ingin menjadi pribadi yang lebih baik adalah kemampuan untuk menguasai diri. Apabila seseorang telah menguasai keterampilan penguasaan diri ini maka berarti dia telah memiliki modal dasar untuk mencapai kesuksesan. Bisa dikatakan penguasaan diri adalah mudah dan juga bisa dikatakan susah.

Kunci penguasaan keterampilan ini adalah selalu berusaha untuk berfikir terlebih dahulu sebelum bertindak. Jadi seseorang yang berusaha untuk menguasai diri akan selalu melihat dan mengevaluasi setiap apa yang terlintas di pikirannya. Selain itu juga akan selalu memperhatikan kecenderungan-kecenderungan diri akan hal-hal tertentu.

cara bekerja dengan baik, cara bekerja yang baik, cara menjadi lebih baik, cara berubah menjadi lebih baik, cara merubah diri menjadi lebih baik, cara merubah sikap menjadi lebih baik, cara memperbaiki diri menjadi lebih baik, cara menjadi pribadi yang lebih baik

Dengan demikian maka seseorang yang mampu menguasai diri akan mampu mengontrol setiap perilakunya. Orang tersebut akan selalu berusaha mengendalikan emosi. Dia tidak akan pernah membiarkan emosi menjadi liar hingga meledak-ledak. Menguasai diri berarti seseorang akan selalu mengedepankan akal sehat dan logika dalam setiap jengkal kehidupan yang dijalani.

Penguasaan terhadap diri sendiri seperti yang telah diuraikan di atas memang jelas terlihat ideal. Kesemuanya di atas terlihat tidak mungkin untuk dilakukan secara sempurna oleh seorang manusia. Namun demikian, keterampilan penguasaan diri ini minimal harus tertanamkan dalam diri seseorang. Meskipun tidak seratus persen seseorang mampu menguasai dirinya, tetapi setidaknya seorang manusia menjadi mengarah pada selalu berusaha untuk membawa dirinya dalam kondisi menguasai diri. Sehingga diperlukan suatu latihan terus-menerus sampai kapanpun dalam hal menguasai diri ini. Karena menguasai diri merupakan fondasi cara menjadi lebih baik.

2. Selalu Merencanakan Apa Yang Akan Dilakukan

Menyusun rencana juga merupakan salah satu cara merubah diri menjadi lebih baik. Secara luas membuat suatu rencana pada apa yang akan dilakukan bisa memberikan panduan jelas pada apa yang akan dilakukan. Ketika seseorang memiliki rencana yang jelas maka dia tidak akan kebingungan serta tidak gamang dan bingung terhadap tahapan-tahapan apa saja yang akan dilakukan. Kegiatan merencanakan apa yang akan dilakukan juga berarti memberikan target yang jelas terhadap apa yang akan dicapai.

Adanya target yang ingin dicapai berarti memberikan kejelasan pada gambaran kesuksesan seperti apa yang ingin dicapai. Perencanaan yang terperinci hingga ke detail-detail apa saja yang akan dikerjakan untuk mencapai tujuan, serta pemberian patokan bagaiman suatu pencapaian bisa dikatakan berhasil atau tidak, maka akan memberikan peningkatan keberhasilan kemungkinan tercapainya kesuksesan.

Maka di sinilah letak benarnya perkataan “kesuksesan berawal dari mimpi”. Mimpi adalah suatu romantisme keinginan untuk mencapai atau mendapatkan sesuatu. Namun untuk mencapai atau mendapatkan sesuatu itu tadi tidak hanya cukup dengan bermimpi. Diperlukan langkah selanjutnya untuk mencapai terealisasinya keinginan itu tadi. Oleh karena itu diperlukan tahap selanjutnya yaitu mengubah mimpi menjadi cita-cita hingga kemudian diolah lebih lanjut menjadi suatu bentukan rencana detail apa saja yang perlu dilakukan sebagai suatu kerja usaha untuk menggapai keinginan itu tadi.

3. Selalu Bersungguh-sungguh Dalam Melaksanakan Rencana

Bersungguh-sungguh dalam melaksanakan rencana yang telah disusun merupakan cara merubah sikap menjadi lebih baik. Setelah kita membuat rencana sebaik-baiknya dan sedetail-detailnya maka langkah selanjutnya adalah melaksanakan langkah-langkah yang telah disusun dalam rencana tersebut. Bersungguh-sungguh dalam melaksanakan rencana yang telah disusun merupakan akibat dari optimisme dan semangat yang tinggi untuk selalu berjuang menggapai impian. Dengan demikian maka optimisme dan semangat juang yang tinggi merupakan poin yang perlu diperhatikan dalam cara memperbaiki diri menjadi lebih baik.

Mimpi dan cita-cita yang sudah tertuang dalam rencana yang detail mengenai tahap-tahap kerja usaha untuk mencapainya itu tidak akan membawa kepada kesuksesan bila tidak disertai dengan bersungguh-sungguh dalam melaksanakannya. Sedangkan bersungguh-sungguh dalam melaksanakan rencana yang telah disusun itu tidak akan ada tanpa adanya optimisme dan keyakinan akan berhasilnya usaha yang dilakukan. Itulah alasan perlunya menumbuhkan optimisme dalam diri dan semangat yang tinggi dalam berjuang melaksanakan rencana yang telah disusun.

4. Selalu Melakukan Evaluasi Terhadap Apa Yang Sudah Dilakukan

Apa yang harus dilakukan setelah membuat rencana kerja, yaitu kemudian melaksanakan rencana tersebut secara sungguh-sungguh, selanjutnya adalah melakukan evaluasi pelaksanaan kerja itu tadi. Apapun hasil yang didapatkan maka perlu untuk dilakukan evaluasi. Evaluasi tersebut berfungsi untuk:

  • mengetahui sejauh mana pencapaian dari rencana yang telah disusun,
  • mengetahui dan mennginventarisasi (mencatat) kendala apa saja yang dihadapi dalam menjalankan kerja untuk mencapai target rencana, dan
  • menyusun ulang atau merombak rencana dengan penyesuaian berdasarkan pertimbangan-pertimbangan yang didapatkan dari hasil catatan kendala-kendala yang ada.

Dari sini bisa terlihat bahwa proses kerja pencapaian tujuan itu adalah bersifat dinamis. Proses kerja pencapaian tujuan itu perlu memperhatikan tantangan-tantangan yang dihadapi. Selain itu juga perlu membuat strategi-strategi untuk mengoptimalkan pencapaian tujuan. Di sinilah letak pentingnya evalusi sebagai salah satu cara merubah diri menjadi lebih baik.

5. Selalu Pantang Menyerah

Sikap selalu berusaha semaksimalmungkin untuk pantang menyerah perlu dimiliki untuk merubah diri menjadi lebih baik. Pantang menyerah adalah ketetapan hati untuk tetap terus berjuang mencapai tujuan yang telah ditetapkan meskipun mengalami berbagai macam kendala, gangguan, hambatan dan rintangan. Sikap untuk terus berusaha dan tabah dalam bekerja dan berjuang dalam mencapai tujuan sangat perlu dimiliki oleh seseorang yang ingin sukses. Jangan bermimpi untuk menjadi sukses bila ketika sudah menghadapi sedikit saja hambatan maka kemudian lemas menyerah lalu berhenti begitu saja. Kesuksesan adalah milik orang-orang yang tetap gigih berusaha meski kegagalan demi kegagalan menyergapnya.

6. Selalu Menghormati Orang Lain

Selalu menghormati orang lain adalah juga termasuk dalam cara menjadi pribadi yang lebih baik. Menghormati orang lain itu berarti menempatkan dan memperlakukan orang lain seperti halnya kita memperlakukan diri kita. Saling menghormati antara satu orang dengan lainnya akan menciptakan suasana proses pencapaian tujuan menjadi lebih optimal. Cara bekerja yang baik adalah bekerja dengan tidak menjatuhkan orang lain, namun dengan menghormati orang lain. Dalam hal ini bisa diterapkan prinsip dari ide Stephen Covey mengenai sinergisme melalui prinsip win-win solution nya. Maju bersama dan tidak ada yang dirugikan, karena semua mendapatkan kesempatan yang sama untuk maju dan berkembang.

7. Selalu Berpikiran Bersih

Semuanya berawal dari pikiran, kata Napoleon Hill dalam bukunya yang berjudul “Think And Grow Rich”. Apabila kita ingin sukses, maka pertama kali yang perlu dibenahi adalah pikiran kita. Maka di sinilah letak pentingnya berpikiran bersih sebagai salah satu bagian dalam cara memperbaiki diri menjadi lebih baik. Dengan berpikiran bersih maka juga akan tercipta perbuatan dan tindakan-tindakan yang bersih pula. Pikiran, perbuatan dan tindakan-tindakan yang bersih akan membawa kedamaian dan ketenangan pikiran yang pada akhirnya akan mengoptimalkan proses usaha pencapaian kesuksesan.

Demikian tadi telah diulas panjang lebar mengenai cara menjadi pribadi yang lebih baik versi idehidup.com. Tentunya kesemuanya ini memerlukan latihan atau pembiasaan untuk menguasainya. Maka proses itu adalah sangat penting adanya. Selamat berproses dan semoga tercapai apa yang anda cita-citakan. Salam hangat dari idehidup.com untuk anda.