7 Rahasia Manfaat Bersyukur Untuk Menggapai Kesuksesan

Artikel idehidup.com kali ini akan membahas manfaat bersyukur dalam kaitannya dalam optimalisasi proses pencapaian kesuksesan. Terkadang memang banyak kata-kata yang sering kita dengar dan ucapkan namun kita lupa akan kandungan maksud dari kata-kata tersebut. Ada makna-makna mendalam yang apabila kita gali maka kita akan menemukan bongkahan-bongkahan emas permata kebajikan dibalik kata-kata tersebut.

Mungkin ajakan untuk selalu bersyukur sudah berkali-kali kita dengar dari banyak pembicara serta sering kita baca dari berbagai macam tulisan di media masa maupun dari buku-buku. Namun pernahkan kita memikirkan apa sebenarnya manfaat dari bersyukur itu sendiri bagi kita. Bagaimana bisa dengan ungkapan rasa syukur bisa membuat kita bahagia. Serta berbagai macam pertanyaan-pertanyaan lainnya. Oleh karena itu maka, berikut ini akan diulas mengenai manfaat bersyukur versi idehidup.com,

 pengertian bersyukur, arti bersyukur, cara bersyukur, kata kata bersyukur, manfaat bersyukur, cara bersyukur, hikmah bersyukur dan bersabar

1. Manfaat bersyukur: Mengendalikan diri dari hal-hal yang tidak penting

Pernahkah anda merasa selalu ingin dan terus ingin berbagai macam barang yang tidak ada habisnya. Ketika satu keinginan tercapai maka muncul lagi keinginan yang lain. Ketika anda berada di depan televisi, tiba-tiba anda ingin membeli suatu produk yang sedang diiklankan. Ketika anda membaca koran atau majalah, anda tiba-tiba ingin membeli barang yang gambarnya begitu elegan berada di salah satu halaman kertas yang sedang anda pegang. Ketika anda berkendara, anda tiba-tiba menginginkan barang yang gambarnya berada di baliho-baliho besar di pinggir jalan.

Begitu hebatnya gempuran iklan-iklan dalam kehidupan kita sehari-hari hingga kita terkadang terlena dan larut dalam bujuk rayu propaganda tersebut. Era dunia industri disadari atau tidak telah menggiring manusia untuk menjadi merasa selalu tidak cukup dengan apa yang telah dipunyai. Bisa jadi muncul di benak kita bahwa kita merasa belum kaya, belum makmur, belum terhormat, atau “belum-belum” yang lain bila kita tidak membeli produk-produk koleksi terbaru, keluaran terbaru, pokoknya serba baru. Hal-hal seperti ini terus-menerus didengung-dengungkan secara berulang-ulang baik secara langsung, secara terang-terangan, maupun secara halus dan diam-diam di setiap denyut kehidupan kita.

Sudah sewajarnya para produsen memasarkan produk-produk supaya tercapai target penjualan sebesar-besarnya. Salah satunya dengan berbagai macam iklan yang terus-terusan memborbardir kehidupan kita itu tadi. Oleh karena itu kita perlu menyadari hal ini. Kita harus sadar bahwa kita sedang dibujuk dan dirayu oleh iklan-iklan itu. Setelah kita sadar, maka kita akan mencari cara yang tepat untuk memberikan kemampuan pada diri kita supaya bisa terkendali. Salah satu caranya adalah dengan mengaplikasikan ide bahwa kita harus selalu bersyukur atas apa yang telah kita miliki. Dalam hal ini, manfaat bersyukur adalah memberikan kendali diri dalam menghindari dari hal-hal yang tidak penting dan menghindarkan diri dari rayuan gombal iklan-iklan.

2. Manfaat bersyukur: Membawa/memicu kebahagiaan

Pernahkan kita berfikir “Hanya dengan memiliki … maka saya baru merasa bahagia”. Apabila kita terus-terusan terjebak pada pola pikir seperti ini maka konsekuensinya adalah kita tidak akan pernah merasa bahagia. Mengapa begitu, karena akan selalu ada sesuatu yang lebih yang akan selalu kita inginkan, dan itu tidak ada habisnya. Apabila ini terjadi maka kita akan terserang kemiskinan secara pikiran. Jadi sebetulnya kita sudah berkecukupan, namun pikiran kita selalu tidak puas akan apa yang sudah dimiliki, sehingga pikiran kita merasa bahwa kita selalu miskin.

Ketika tetangga atau teman kita membeli barang tertentu kemudian kita merasa miskin karena tidak bisa membeli barang yang sama. Padahal kita pada kenyataannya tidak mengalami kemiskinan, kita hanya berfikir bahwa kita miskin. Dalam konteks ini, manfaat bersyukur adalah sebagai pembawa kebahagiaan hakiki, yaitu kebahagiaan yang sebenarnya (real happiness), bukan hanya sekadar kebahagiaan semu yang hanya terasa sebentar. Bersyukur akan memberikan kebahagiaan yang menenangkan, bukan hanya kebahagiaan sementara dan setelahnya menyisakan kegalauan.

3. Manfaat bersyukur: Menjadikan lebih berempati pada sesama manusia

Oleh karena itu perlu segera kita sadari bahwa kita terjebak dalam pemikiran miskin secara pikiran seperti ini. Kemudian kita perlu sadar bahwa jangan sampai kita terjebak lagi dalam pemikiran seperti itu. Kita perlu mengubah kondisi pikiran kita yang salah satu caranya adalah dengan mengetahui kondisi orang yang jauh lebih kekurangan dari diri kita. Lihatlah orang-orang yang tidak memiliki rumah, yang perutnya selalu kelaparan. Masih lebih baik kita yang masih ada atap yang selalu menaungi, masih ada makanan di meja kita meskipun itu hanya nasi dan tempe.

Mungkin memang rumah anda bukan rumah mewah dan mungkin anda tidak makan steak, namun anda masih terlindungi dari sengatan panas dan guyuran hujan dan anda masih bisa makan, meski hanya dengan nasi dan ikan asin. Anda boleh percaya boleh tidak bahwa masih ada orang-orang yang tidak memiliki kebutuhan dasar ini (sandang, pangan, papan). Maka, salah satu manfaat bersyukur adalah kita menjadi bisa lebih berempati kepada sesama manusia.

4. Manfaat bersyukur: Menerima apa yang sudah dimiliki

Mungkin kita akan berfikir bahwa kita tidak memiliki banyak hal. Maka kita masih bisa tetap bersyukur dengan sedikit yang kita miliki. Apakah anda masih memiliki atap yang selalu menaungi, apakah anda masih memiliki seseorang yang mencintai dan menyayangi anda, apakah anda masih memiliki orang yang anda cintai, apakah anda masih memiliki makanan, apakah anda masih diberi kesehatan, apakah anda masih memiliki pekerjaan, apakah anda masih memiliki bantal dan selimut yang menjaga anda supaya tetap hangat di suatu malam yang dingin.

Hal-hal seperti ini yang terkadang lepas dari kesadaran kita bahwa kita masih memiliki sesuatu pada diri kita dan itu harus disyukuri. Terkadang kita lupa bahwa sebetulnya kita sudah berkecukupan dan selalu ingin lagi dan lagi hingga menjadi semacam tidak ada batasan. Manfaat bersyukur adalah kita menjadi sadar bahwa kita harus berterimakasih atas apa yang telah kita miliki.

5. Manfaat bersyukur: Menginspirasi diri untuk selalu berpikiran positif (positive thinking)

Di sinilah letak pentingnya bersyukur. Manfaat bersyukur adalah akan memberikan landasan bagi kita untuk selalu berpikiran positif (positive thinking) terhadap apa yang belum kita punyai dan apa yang telah kita miliki. Kita menginginkan sesuatu yang lebih baik itu adalah wajar, yang menjadikannya tidak wajar adalah bila keinginan-keinginan itu tadi membuat kita menghalalkan segala cara untuk mencapai tujuan dan menjebak kita dalam larutan stres tertekanan dan depresi serta menutupi mata kita untuk melihat apa yang sudah kita miliki.

6. Manfaat bersyukur: Menghindarkan dari serangan stres tertekan dan depresi

Apabila kita bersyukur, maka kita akan lebih tenang dalam mencapai target-target yang sudah kita tetapkan dan kita juga tidak terlalu stres, tertekan, dan depresi bila kita belum berhasil mencapai target-target tersebut, karena kita masih sadar bahwa kita masih punya sesuatu untuk disyukuri. Dengan demikian maka manfaat bersyukur adalah membantu menghindarkan dari serangan stres, tertekan, dan depresi.

Kesemuanya ini bukan berarti kita harus menghentikan segala macam cita-cita yang kita miliki. Sikap selalu bersyukur justru akan memberikan perlindungan pada diri anda dalam proses jatuh bangun anda dalam mencapai cita-cita anda. Jika anda belum berhasil mencapai target kehidupan, maka anda tidak akan terjangkiti stres, tertekan dan depresi yang berkepanjangan, karena anda akan segera sadar dan mensyukuri apa yang telah kita punya, dan kemudian kita akan bangkit menyusun rencana-rencana dan kembali berlari mengejar cita-cita yang kita impikan.

7. Manfaat bersyukur: Membantu memberikan kesadaran diri dan mengembalikan logika yang hilang

Bersyukur juga akan memberikan landasan dasar pada kita dari segala macam gempuran iklan-iklan produk bahwa kita perlu berpikir ulang apakah kita benar-benar memerlukan barang tersebut ataukah kita hanya dikuasai oleh keinginan dan emosi sesaat yang mengalahkan logika kita. Apakah produk tersebut benar-benar akan meningkatkan produktivitas kita. Berbagai macam iklan atau endorsement atau juga bujukan-bujukan untuk memiliki hal-hal yang tidak terlalu penting (essential) selalu membombardir pikiran kita dan terkadang pula kita lengah dan hilang logika karena hal tersebut. Dengan bersyukur maka kita akan segera sadar dan bisa berpikiran jernih dalam menyikapi lebih lanjut tentang tantangan-tantangan kehidupan yang harus kita selesaikan. Manfaat bersyukur adalah juga bisa untuk membantu menyadarkan diri dan mengembalikan logika yang hilang karena terlena.

Telah di ulas secara detail peranan beryukur dalam pengoptimalan proses pencapaian kesuksesan. Secara umum bisa disimpulkan bahwa bersyukur itu memberikan kestabilan dan ketenangan batin serta kebahagiaan yang sebenarnya (real happiness) yang kesemuanya ini akan menimbulkan efek semangat dan memuluskan jalan dalam proses pencapaian puncak-puncak kesuksesan. Terimakasih sudah berkenan berkunjung ke idehidup.com dan semoga anda selalu mendapatkan kebahagiaan dan tercapai segala cita-cita kesuksesan anda.