7 Tanda Jiwa Entrepreneur dan Bisnis Mulai Anda Miliki

Apakah anda ingin menjadi seorang entrepreneurBusinessman? Business owner? pemilik usaha? Tepat sekali jika anda membaca tulisan kami ini. Salah satu langkah awal untuk mewujudkan semua itu tadi adalah anda harus menjiwai terlebih dahulu tentang hal tersebut. Tulisan idehidup.com ini akan mencoba mengulik tentang ciri-ciri bahwa anda mulai menjiwai entrepreneurship dan dunia wirausaha versi idehidup.com, selamat menyimak sajian kami berikut ini.

1. Anda Mulai Membaca Artikel-artikel Tentang Bisnis dan Usaha

Anda akan mulai tertarik untuk membaca artikel-artikel di majalah-majalah bisnis, di koran, di internet, dan di tempat lainnya. Ketertarikan ini adalah awal bagi anda untuk tertarik dalam dunia entrepreneurship, bisnis, dan usaha. Bisa jadi juga anda mulai tertarik dengan ulasan-ulasan mengenai tren pendirian bisnis start up. Anda mulai menaruh perhatian terhadap dunia bisnis yang penuh tantangan. Anda akan mulai membaca artikel-artikel mengenai cerita-cerita sukses orang-orang yang telah berhasil dan sukses dari berbisnis. Atau mungkin anda juga mulai melirik peluang-peluang bisnis modal kecil yang artikelnya bertebaran di majalah-majalah bisnis yang sekiranya bisa anda mulai rintis secepatnya.

 bisnis modal kecil, bisnis yang menjanjikan, bisnis sampingan, lahan bisnis, bisnis rumahan, bisnis online gratis, bisnis online, bisnis pulsa, pengertian entrepreneur, entrepreneur muda, menjadi entrepreneur, entrepreneur sukses, arti entrepreneur, entrepreneur indonesia, definisi entrepreneur, entrepreneur university, entrepreneur indonesia yang sukses, tokoh entrepreneur indonesia, entrepreneur indonesia terkenal, entrepreneur muda indonesia, entrepreneur adalah, peluang entrepreneur indonesia, usaha entrepreneur indonesia, cara entrepreneur indonesia, komunitas entrepreneur muda, entrepreneur muda sukses, entrepreneur muda dibawah 25 tahun, artikel entrepreneur muda, entrepreneur muda dibawah 20 tahun, entrepreneur muda indonesia, menjadi entrepreneur

2. Anda Sering Mengunjungi Website/Portal/Blog Inspiratif

Ketika anda berselancar di internet maka anda mulai suka mengunjungi website/portal/blog inspiratif yang membahas mengenai bisnis dan usaha. Waktu on line anda lebih banyak dihabiskan dengan membaca tulisan-tulisan mengenai bisnis dan usaha. Selain itu anda juga mulai membaca posting-posting serta diskusi mengenai bisnis dan usaha di forum-forum on line atau di grup-grup Facebook tentang bisnis dan usaha.

3. Anda Mulai Membaca Buku-buku Tentang Bisnis

Anda akan berusaha menyisihkan sebagian uang untuk dibelikan buku-buku tentang bisnis dan usaha. Anda merasa bahwa anda harus memperbanyak pengetahuan dan seluk beluk tentang dunia bisnis dan usaha. Selain itu juga untuk memperluas pandangan terhadap peluang-peluang bisnis dan usaha. Dengan banyak membaca buku-buku itu berarti anda juga sedang meluaskan pengetahuan mengenai lahan bisnis yang memungkinkan untuk anda masuki. Hal ini karena anda sadar bahwa anda perlu menambah pengetahuan dalam dunia usaha dan bisnis yang ingin anda masuki.

4. Twitter dan Facebook Anda Mem-follow CEO-CEO Perusahaan atau Pebisnis Sukses

Bila anda secara refleks mulai mem-follow akun twitter atau facebook para pengusaha atau pebisnis sukses maka kemungkinan besar anda mulai ada tanda-tanda menjiwai dunia bisnis dan usaha. Anda akan berusaha menggali pengalaman-pengalaman yang mereka posting di akun sosial media milik mereka. Anda juga akan mendapatkan inspirasi sebagai bahan bakar semangat untuk terus berusaha.

5. Anda Mulai Menyadari Pentingnya Pengaturan Uang

Ciri anda mulai menjiwai entrepreneurship layaknya seorang businessman adalah anda mulai melakukan pengaturan terhadap keuangan. Anda akan mulai menerapkan prinsip-prinsip pengaturan keuangan pribadi (personal finance). Langkah kecil ini dengan memulai dari diri sendiri ini adalah dasar dari pengelolaan keuangan bisnis yang sedang anda rintis. Pengaturan uang adalah salah satu syarat dasar dari keberhasilan proses menjalankan suatu roda bisnis. Bila anda sudah berhasil mengelola keuangan pribadi, maka ini merupakan keterampilan yang sangat mendukung kesuksesan dalam menjalankan bisnis.

6. Anda Mulai Melihat Sesuatu Dihubungkan dengan Ide Bisnis

Pikiran anda mulai terisi oleh ide-ide bisnis. Ide-ide bisnis tersebut berkelebatan secara otomatis setiap anda melihat segala yang anda lihat. Adanya proses menghubung-hubungkan dan menggabung-gabungkan ini adalah anda memiliki banyak ide bisnis. Ide-ide bisnis ini selanjutnya akan anda seleksi dari sekian banyak ide bisnis tersebut. Anda akan memilih satu atau beberapa dari kumpulan persediaan ide bisnis yang sekiranya menurut anda setelah dipertimbangkan masak-masak ternyata memungkinkan untuk anda jalankan. Dengan memiliki keterampilan untuk melihat segala sesuatu dan dihubungkan dengan memungkinkan atau tidak untuk dijalankan sebagai bisnis, maka anda tidak akan pernah kehabisan ide bisnis dan terus menerus mencari peluang.

7. Anda Memulai Usaha Kecil-kecilan

Ciri paling nyata dan kuat yang menandakan anda mulai menjiwai entrepreneurship adalah anda mulai menjalankan usaha meskipun itu kecil-kecilan. Karena anda sadar bahwa untuk mendapatkan yang besar maka harus dimulai dari langkah kecil. Anda memulai belajar bisnis dengan mulai menjalankan bisnis kecil-kecilan. Meskipun anda masih belum melepas pekerjaan anda namun anda juga menjalankan bisnis sampingan untuk merintis bisnis besar anda. Sekecil apapun bisnis anda, apapun jenis bisnis tersebut (yang penting halal), selama tujuannya adalah untuk mendapatkan laba atau pemasukan, meskipun juga laba belum juga didapatkan atau dapat laba namun masih sedikit, maka itu lebih baik daripada tidak memulai sama sekali dan hanya berangan-angan saja. Sebab bisnis yang baik adalah bisnis yang dijalankan dan bukan hanya yang masih direncanakan apalagi masih diangan-angan saja.

Demikianlah ciri-ciri anda mulai menjiwai entrepreneurship serta wirausaha. Bisa jadi juga anda miliki ciri-ciri lain yang belum disebutkan di tulisan ini. Apapun itu ciri-cirinya, yang penting anda teruslah pantang menyerah dalam merintis bisnis-bisnis atau usaha yang sedang anda rintis dan jalankan. Selamat berjuang dan semoga sukses selalu.