7 Tipe Mahasiswa Berdasarkan Cara Mencatat di Kampus Perguruan Tinggi

Halo sobat idehidup.com, bagaimana kabarnya? semoga saat ini sobat dalam kondisi terbaik. Tulisan idehidup.com edisi ini akan membahas mengenai tipe mahasiswa di kampus perguruan tinggi berdasarkan cara mencatat di perkuliahan. Hal ini karena barangkali selama ini sobat sudah banyak membaca di artikel-artikel yang bertebaran di internet mengenai macam tipe jenis mahasiswa di kampus perguruan tinggi. Namun dari sekian artikel itu sejauh yang penulis ketahui belum ada yang membahas secara spesifik berkaitan dengan tipe mahasiswa berdasarkan cara dia mencatat pada proses belajar di perguruan tinggi.

Penulis idehidup.com merasa perlu membahas mengenai seluk beluk catat-mencatat di perkuliahan perguruan tinggi karena aktivitas mencatat merupakan salah satu faktor yang ikut andil dalam kesuksesan akademik mahasiswa. Apabila pada artikel sebelumnya idehidup.com telah mengulas berkaitan dengan cara mencatat pada artikel yang berjudul 7 Cara Mencatat Efektif di Perkuliahan Perguruan Tinggi, maka kali ini akan dibahas berkaitan dengan pelakunya, yaitu macam-macam tipe mahasiswa berdasarkan jenis kecenderungan perilaku mencatat yang diperlihatkan oleh mahasiswa.

Tipe mahasiswa dalam proses mencatat di perguruan tinggi ini adalah dibahas secara umum lintas jurusan dan tidak hanya membahas Tipe mahasiswa berdasarkan jurusan kuliahnya saja. Selain itu bahkan bisa jadi hal ini juga berlaku juga pada tipe mahasiswa baru, karena bisa saja kebiasaan sejak masih di sekolah menengah terbawa ke bangku perguruan tinggi. Selamat menikmati sajian kami kali ini.

tipe mahasiswa di kampus, tipe mahasiswa baru, tipe mahasiswa saat ujian, tipe mahasiswa di kelas, tipe mahasiswa ideal, tipe mahasiswa kritis, tipe mahasiswa apakah kamu di kelas, tipe mahasiswa menurut ahli, tipe mahasiswa yang baik, tipe belajar mahasiswa, macam-macam tipe mahasiswa, tipe mahasiswa berdasar jurusan, Tipe mahasiswa berdasarkan jurusan kuliahnya, tipe mahasiswa berdasarkan jurusan, tipe mahasiswa berdasarkan jurusannya, tipe unik mahasiswa berdasarkan jurusan, beberapa tipe mahasiswa, berbagai tipe mahasiswa, tipe-tipe mahasiswa jaman sekarang, 4 tipe mahasiswa, jenis mahasiswa, tipe mahasiswa yang disukai dosen, 5 tipe mahasiswa yang disukai dosen, tipe tipe mahasiswa menurut dosen, tipe2 mahasiswa, 3 jenis mahasiswa, tipe2 mahasiswa, 4 jenis mahasiswa, jenis-jenis karakter mahasiswa, macam mahasiswa, tipe karakter mahasiswa, tipe kepemimpinan mahasiswa, tipe mahasiswa lucu, tipe mahasiswa mipa, macam tipe mahasiswa, tipe mahasiswa presentasi, tipe pemimpin mahasiswa, tipe mahasiswa saat presentasi, tipe mahasiswa seni, tipe mahasiswa sesuai jurusan, tipe mahasiswa sekarang, tipe mahasiswa secara umum, tipe mahasiswa skripsi, tipe tipe mahasiswa stan, tipe mahasiswa jaman sekarang, tipe mahasiswa teknik, tipe tipe mahasiswa, tipe tipe mahasiswa baru, tipe tipe mahasiswa kaskus, tipe tipe mahasiswa its, tipe tipe mahasiswa kedokteran, tiga tipe mahasiswa, tipe mahasiswa ui, tipe mahasiswa unik, tipe mahasiswa ugm

1. Tipe Mahasiswa Kolektor Peralatan dan Perlengkapan Tulis (Stationary)

Jenis mahasiswa ini sangat benar-benar niat dan all out dalam mencatat di dunia perkuliahan perguruan tinggi. Alasannya adalah mereka ini memiliki peralatan dan perlengkapan tulis yang lengkap dan mereka tidak segan-segan merogoh kantong cukup dalam untuk membeli peralatan dan perlengkapan tulis menulis.  Mahasiswa jenis ini memiliki semangat mencatat yang tinggi, hal tersebut ditandai dengan tidak hanya lengkapnya catatan perkuliahan, namun juga sampai pada taraf menghiasi lembar-lembar catatan perkuliahan sehingga terlihat menarik dan indah dipandang mata.

Namun terkadang yang menjadi masalah adalah apabila obsesi mengoleksi dan mengumpulkan peralatan dan perlengkapan tulis menulis lebih tinggi daripada mencatat dan belajar. Hasrat mengoleksi peralatan dan perlengkapan tulis menulis itu sah-sah saja namun jangan sampai justru sampai melalaikan inti dan esensi dari mencatat itu sendiri. Mengoleksi alat tulis dan menghias sedemikian rupa buku catatan atau menjadi hal yang baik bila itu menjadi pembangkit semangat dalam proses mencatat pada khususnya dan dalam proses belajar pada umumnya.

2. Jenis Mahasiswa yang Hanya Mencatat dengan Ballpoint dan Buku Tulis

Mungkin jenis mahasiswa ini adalah jenis mahasiswa kebanyakan pada umumnya. Peralatannya cukup standar yaitu ballpoint dan buku tulis. Mereka ini mencatat apa adanya saat perkuliahan berlangsung di kelas maupun saat sesi proses mencatat ketika mereka belajar mandiri dengan membaca text book maupun scientific journal paper dan jenis makalah-makalah lainnya. Jadi secara umum kegiatan mencatat mereka ini cukup sederhana saja.

3. Tipe Mahasiswa yang Mencatat di Laptop

Ada juga tipe mahasiswa yang mencatat langsung di laptop. Namun yang perlu diperhatikan adalah jangan sampai ketukan keyboard laptop mengganggu peserta perkuliahan lainnya ketika laptop tersebut digunakan untuk mencatat di dalam kelas. Hal ini mengingat jenis laptop tertentu memiliki suara ketukan keyboards yang cukup berisik saat digunakan untuk mengetik. Permasalahan bunyi papan keyboard yang bisa menganggu peserta perkuliahan lainnya ini bisa diminimalisir  atau bukan menjadi suatu masalah apabila proses mencatat menggunakan laptop digunakan atau dilakukan di luar jalannya proses penyampaian kuliah dosen di kelas. Misalnya saat mencat ketika proses belajar mandiri dengan membaca dan meringkas text books atau journal paper.

Selain itu ada beberapa penelitian yang menunjukkan bahwa mencatat mengggunakan laptop kurang optimal digunakan untuk mencatat di kelas saat dosen memberikan kuliah di depan kelas. Hal ini karena kecenderungan untuk menulis semua yang diucapkan dosen di depan kelas. Hal ini dimungkinkan karena mengetik menggunakan keyboard bisa lebih cepat bila dibandingkan dengan menggunakan ballpoint.

Berbeda dengan mencaat menggunakan ballpoint dan kertas yang prosesnya lambat sehingga tidak memungkinkan untk menulis semua yang diucapkan dosen di depan kelas dan akhirnya harus memikirkan ulang, memparafrase, menuliskan ulang dengan kalimat sendiri dari apa yang dikatakan dosen di kelas. Proses inilah yang membuat mencatat menggunakan tulis tangan lebih optimal dari segi penyerapan materi perkuliahan.

Namun pada intinya mencatat menggunakan laptop itu boleh-boleh saja asalkan diatur sedemikian rupa sehingga di kelas bunyi ketukan keyboard tidak mengganggu peserta perkuliahan lainnya. Selain itu juga apabila diperbolehkan dosen membuka laptop di kelas, karena ada beberapa dosen yang tidak memperbolehkan membuka laptop di kelas perkuliahan. Bila mencatat pada laptop pada saat sesi belajar mandiri maka itu tidak ada masalah sama sekali.

4. Jenis Mahasiswa yang Hanya Sedikit Mencatat

Ada juga jenis mahasiswa yang hanya sedikit saja mencatat di kelas. Bisa jadi dikarenakan mahasiswa tersebut tertidur di kelas atau malah justru lebih sering melamun di kelas. Raga atau badannya memang berada di kelas namun juwa dan pikirannya melayang-layang entah berada di mana. Atau bisa juga karena terlalu banyak bermain handphone di kelas. Mahasiswa jenis ini biasanya sering memilih duduk di pinggir jendela supaya selalu bisa melihat keluar kelas dan bisa jadi pikirannya lebih banyk keluar kelas daripada di dalam kelas.

5. Tipe Mahasiswa yang Merekam Jalannya Perkuliahan

Berikutnya adalah tipe mahasiswa rajin yang selain mencatat secara lengkap dan teliti seluruh perkuliahan yang disampaikan dosen dia juga masih sempat merekam suara dosen yang sedang menyampaikan kuliah. Tujuannya adalah supaya bila ada suatu kalimat atau suatu hal tertentu yang tidak sempat tertulis dan tercatat saat perkuliahan di kelas. Tipe mahasiswa rajin seperti ini biasanya akan melengkapi atau menyempurnakan catatan perkuliahan mereka segera setelah perkuliahan selesai. Dengan cara demikian catatan perkuliahan mahasiswa jenis ini bisa dikatakan hampir mendekati sempurna dari sisi kelengkapannya karena catatannya ditunjang rekaman audio kuliah.

Namun ada juga jenis mahasiswa yang juga merekam audio perkuliahan namun ya hanya sebatas merekam saja dan tidak mencatat sama sekali di kelas saat perkuliahan dengan alasan nanti dari hasil rekaman tersebut akan ditulis ulang sambil belajar  saat perkuliahan selesai. Pada akhirnya ternyata tak kunjung menulis ulang hasil rekaman tersebut hingga saat ujian akan berlangsung. Selanjutnya tetap saja meminjam catatan mahasiswa lainnya di-fotocopy untuk dipelajari dalam menghadapi ujian yang akan berlangsung tepat esok hari.

6. Jenis Mahasiswa yang Jarang Terlihat di Kelas, Bila pun Terlihat di Kelas tapi Dia Lupa Membawa Alat Tulis

Entah apa yang terjadi dengan jenis mahasiswa ini. Dia jarang masuk kuliah menghadiri perkuliahan di kelas perguruan tinggi. Sekalipun masuk ke ruang kuliah ternyata tidak membawa alat tulis, ballpoint maupun buku tulis. Untuk catatan perkuliahan mungkin akan meminjam buku catatan mahasiswa yang rajin mencatat untuk difofokopi. Namun ada satu hal risiko yang mungkin akan dihadapi mahasiswa jenis ini yaitu prosesntase kehadiran yang tidak memenuhi syarat untuk mengikuti ujian tengah semester maupun ujian akhir semester. Bagaimana dengan titip absen? titip absen ke teman cukup beresiko apabila dosen mengabsen dan memanggili satu persatu peserta perkuliahan. Apabila dosen tahu ada mahasiswa titip absen ke temannya maka urusannya akan menajdi panjang bagi mahasiswa titip maupun dititipi absen.

7. Tipe Mahasiswa yang Tidak Pernah Mencatat Tetapi Nilainya Terbaik di Kelas

Tipe mahasiswa ini terlihat tidak pernah mencatat saat perkuliahan berlangsung. Bahkan dia terlihat sangat santai saat perkuliahan. Namun ajaibnya dialah yang mendapatkan nilai terbaik di kelas tersebut. Ada beberapa kemungkinan yang terjadi untuk menjelaskan fenomena ini. Ada kemungkinan dia sudah mempelajari secara keseluruhan materi yang disampaikan dosen di kelas sebelum dia mengikuti perkuliahan sehingga dia terlihat santai saja saat mengikuti perkuliahan.

Jadi sepertinya dia saat di depan kawan-kawannya memang terlihat santai namun ketika sendirian di tempat kos atau sendirian dia benar-benar bekerja keras dengan belajar secara mandiri dengan membaca lebih awal text book maupun journal paper yang berkaitan dengan topik perkuliahan. Kemungkinan lainnya adalah memang dia memiliki kemampuan yang tidak dimiliki oleh mahasiswa lainnya yaitu kemampuan untuk menyerap materi perkuliahan secara sempurna meski dia terlihat sangat santai di kelas perkuliahan.

Demikianlah telah diulas mengenai beberapa tipe mahasiswa berdasarkan cara mencatat di perguruan tinggi versi idehidup.com. Bisa jadi berbagai tipe mahasiswa yang telah dibahas di atas merupakan cerminan tipe-tipe mahasiswa jaman sekarang. Semoga kita semua bisa mengambil manfaat dari sajian kami kali ini. Semoga sukses selalu untuk sobat mahasiswa di manapun sobat berada.

data-matched-content-rows-num="4,2" data-matched-content-columns-num="1,2" data-matched-content-ui-type="image_stacked"