8 Cara Belajar yang Baik dan Cara Belajar Efektif

Cara belajar yang baik dan cara belajar efektif merupakan kunci dasar bagi orang yang ingin meningkatkan kualitas cara belajar mereka. Artikel idehidup.com kali ini akan membahas bagaimana cara belajar yang baik apapun itu bidang yang ingin anda kuasai. Bisa jadi mungkin anda sudah mulai sadar bahwa ada yang tidak beres dengan cara belajar anda. Sehingga anda saat ini perlu untuk mengevaluasi ulang cara belajar anda. Berikut ini akan diuraikan mengenai langkah-langkah ide untuk belajar yang baik dan belajar efektif versi idehidup.com, selamat membaca sobat,

1. Tulis secara jelas apa yang akan anda lakukan dalam jadwal mingguan

Penting sekali bagi anda untuk membuat suatu rencana yang jelas terhadap apa yang akan anda lakukan karena ini merupakan salah satu cara belajar yang baik. Rencana yang jelas ini ibaratnya adalah sebagai panduan dan pegangan ketika anda mengalami goncangan-goncangan atau kehilangan arah selama proses perjalanan menuju apa yang anda ingin capai melalui proses belajar. Dengan adanya rencana akan membuat anda menjadi terus termotivasi dan tidak kehilangan api semangat yang terus berkobar di dada anda untuk terus berjuang hingga mencapai kesuksesan. Menuliskan rencana sejelas-jelasnya adalah modal dasar bagi anda supaya tidak kebingungan apa yang akan dikerjakan.

Baca juga: 14 Trik Super Rahasia Meraih IPK Tertinggi: Pengantar Dasar-dasar Cara Belajar di Perguruan Tinggi Secara Optimal

Misalnya anda akan belajar untuk persiapan mengikuti tes TOEFL, maka anda bisa menjadwalkan materi-materi apa saja yang akan anda pelajari dalam satu minggu serta minggu-minggu berikutnya hingga hari pelaksanaan ujian tes TOEFL. Anda harus menuliskan target-target mingguan pada selembar kertas dan menempelkannya di dinding kamar anda. Hal ini supaya akan terus membuat anda ingat akan tujuan anda. Bila contoh yang disebutkan tadi adalah persiapan belajar untuk tes TOEFL, nah anda bisa menyesuaikan dengan kebutuhan belajar atau pembentukan kebiasaan apa yang akan anda bentuk atau inginkan.

cara belajar yang baik, cara belajar efektif, pengertian cara belajar, cara belajar yang baik dan cepat masuk otak

2. Pecah-pecahlah apa yang anda pelajari menjadi hal-hal/topik kecil yang spesifik

Selanjutnya adalah anda perlu memecah-mecah lagi menjadi lebih kecil lagi tujuan besar pembelajaran anda karena itu salah satu cara belajar efektif. Misalnya adalah dalam berusaha untuk bisa sit up sebanyak seratus kali (untuk usaha menjaga kesehatan dan kebugaran anda), maka anda perlu memecahnya lagi menjadi lebih kecil. Yaitu dimulai dari hari Senin sampai Rabu maka anda cukup sit up sebanyak lima puluh kali terlebih dahulu. Kemudian Kamis sampai Minggu maka anda baru perlu meningkatkan menjadi seratus kali.

Hal ini bisa anda sesuaikan dengan kemampuan anda. Bila dirasa anda kurang mampu melaksanakan topik-topik yang sudah dipecah-pecah itu tadi maka anda bisa memecahnya lagi menjadi lebih kecil lagi sehingga memungkinkan bagi anda untuk melakukannya. Bila dirasa sit up limapuluh kali masih terlalu susah untuk dilakukan, maka anda bisa memecah lagi menjadi lebih kecil lagi, misal menjadi duapuluh lima kali, atau berapapun yang mampu anda lakukan. Namun ingat anda juga harus meningkatkan jumlahnya hingga anda mencapai target sit up seratus kali itu tadi.

3. Lakukan atau belajarlah dalam durasi waktu yang pendek-pendek namun secara terus menerus dan rutin

Maksudnya adalah hal ini untuk mengurangi kebosanan anda. Karena membiasakan suatu kebiasaan baru apabila dilakukan langsung dalam durasi waktu yang langsung lama maka hanya akan menyebabkan kebosanan. Yang paling baik adalah sedikit-demi sedikit namun dilakukan secara rutin. Seperti halnya ketika kita belajar untuk menghadapi suatu ujian, misalnya ujian tes TOEFL. Bila kita langsung belajar dua hari menjelang tes TOEFL maka akan terjadi semacam over load atau kelebihan beban muatan pada otak kita. Berbeda bila kita menyicil dua jam perhari selama satu bulan sebelum ujian. Maka materi-materi tes TOEFL akan lebih mudah tertanam di otak. Usaha-usaha untuk mengurangi kebosanan dalam belajar adalah suatu pendekatan cara belajar yang baik.

Baca juga: 7 Langkah Rahasia Belajar TOEFL Tanpa Kursus

4. Berdisiplinlah untuk melaksanakan latihan dan belajar sesuai jadwal yang telah ditetapkan tersebut selama satu bulan

Cara belajar yang baik adalah berdisiplin dalam menetapi jadwal yang telah disusun dan merupakan kunci dari keberhasilan penguasaan suatu keterampilan (skill) atau materi tertentu. Jadi intinya kita terus melakukan apa yang sudah dijadwalkan dengan tanpa menawar dan menggampangkan. Oleh karena itu apa yang sudah dijadwalkan oleh kita sendiri maka harus kita lakukan secara konsekuen. Apabila kita sudah menjadwalkan untuk belajar materi-materi yang akan diujikan pada tes TOEFL dua jam setiap harinya selama satu bulan maka kita harus benar-benar melakukannya tanpa jeda. Bila kita sudah menetapkan jadwal untuk berlatih sit up (untuk latihan menjaga kebugaran) maka kita juga harus konsekuen melakukannya.

5. Lakukan evaluasi terhadap perkembangan dan progres (kemajuan) yang terjadi

Melakukan proses evaluasi merupakan pasangan dari penetapan rencana dan juga merupakan cara belajar yang efektif karena untuk mengukur dan untuk mengetahui sejauh mana keberhasilan yang telah dicapai. Evaluasi berperan sebagai kontrol kualitas terhadap apa yang telah dijalankan. Misalnya adalah ketika anda sudah belajar untuk persiapan tes TOEFL, maka anda harus mengevaluasi hasil belajar dengan menguji sejauh mana hasil belajar anda melalui mengerjakan soal-soal prediksi tes TOEFL. Sehingga anda akan tahu sejauh mana penguasaan materi yang akan diujikan. Anda akan tahu kelemahan-kelamahan anda di mana saja pada bagian topik apa saja. Nah setelah tahu maka anda perlu membenahi kelemahan-kelamahan anda tersebut dan menjadikannya lebih baik lagi hingga mendakati nyaris sempurna. Dengan adanya evaluasi maka anda akan tahu sejauh mana pencapaian-pencapaian yang telah anda dapatkan.

Baca juga: 8 Rahasia Cara Orang Sukses Mengambil Pelajaran dari Kegagalan

6. Terapkan apa yang telah anda pelajari tersebut pada suatu permasalahan atau pekerjaan yang nyata (real)

Untuk semakin membuat apa yang anda pelajari semakin merasuk ke dalam jiwa dan menjadikan semacam refleks maka anda perlu menerapkannya atau menggunakannya pada permasalahan-permasalahan yang anda hadapi. Penerapan secara nyata apa saja yang telah dipelajari merupakan salah satu cara belajar yang efektif. Misalnya adalah dalam hal belajar TOEFL maka anda bisa tidak hanya dengan mengerjakan soal-soal untuk persiapan tes TOEFL saja. Tetapi anda juga bisa memulai dengan membaca artikel-artikel yang ditulis dalam bahasa Inggris. Pada era internet saat ini tentunya tidak susah bagi anda untuk mencari artikel-artikel yang ditulis dalam bahasa Inggris. Anda bisa mencarinya dengan bantuan mesin pencari, misal google.com.

Baca juga: 7 Cara Ampuh Mengatasi Menunda Pekerjaan

Dengan semakin banyak membaca teks-teks dalam Bahasa Inggris maka keterampilan reading comprehension anda akan semakin terasah dan mendekati nyaris sempurna. Anda juga bisa menggunakan video-video di youtube untuk mengasah kemampuan listening anda. Atau anda juga bisa mengobrol dengan menggunakan bahasa Inggris dengan native speaker bahasa Inggris dengan menggunakan skype, google talk, yahoo messenger dan lain-lainnya. Nah itu tadi contoh-contoh dalam belajar untuk persiapan tes TOEFL. Anda bisa mengaplikasikannya pada hal-hal yang berhubungan dengan keseharian anda. Anda juga bisa belajar dari aktivitas anda di kegiatan kesiswaan atau organisasi kemahasiswaan.

Baca juga: Manfaat Aktif di Kegiatan Organisasi Kepemudaan dan Kemahasiswaan

7. Tambahlah pengetahuan

Salah satu cara belajar yang baik adalah dengan terus menambah membaca buku-buku, artikel-artikel di internet atau majalah, melihat video di youtube vimeo dailymotion tentang hal-hal yang anda pelajari. Hal ini dikarenakan sifat dari apa yang kita pelajari itu adalah sangat dinamis. Kesemuanya itu karena orang-orang dari belahan dunia manapun akan berusaha untuk mengembangkan bidang-bidang keilmuwan dan pengetahuan menuju ke arah pemahaman dan keefisiensian serta keefektifan. Oleh karena itu maka anda juga perlu memperbarui pengetahuan anda dengan terus belajar hal-hal yang baru.

8. Dilakukan dengan riang gembira

Salah satu cara belajar yang baik dan juga cara belajar efektif adalah dengan melakukannya penuh riang-gembira. Kegembiraan akan membuat hati penuh antusias dalam belajar. Karena kegembiraan akan meghilangkan kesedihan, dan kesedihan itu lah salah satu yang akan membuat semangat belajar menjadi luntur. Dengan riang-gembira akan membuat anda tidak serasa sedang belajar. Dan tentu saja dalam kondisi riang-gembira akan membuat materi-materi yang dipelajari akan mudah masuk dan terpatri secara kuat di otak.

Demikian tadi telah dibahas oleh idehidup.com mengenai cara belajar yang baik serta cara belajar yang efektif tentang segala hal yang perlu dipelajari. Semoga langkah-langkah itu tadi bisa memberikan inspirasi bagi anda untuk meningkatkan kapasitas diri dalam penguasaan terhadap suatu materi maupun keterampilan tertentu. Kedelapan poin di atas tidak harus semuanya dilakukan, anda bisa memilih beberapa saja yang sesuai dan memungkinkan untuk dilakukan sesuai kondisi anda. Semoga anda berhasil dalam setiap proses pembelajaran anda. Salam sukses selalu untuk anda pembaca setia idehidup.com.