8 Ciri Orang yang Gemar Membaca

Seperti apakah ciri orang yang gemar membaca, barangkali sahabat idehidup.com pernah terlintas di pikiran tentang pertanyaan tersebut. Secara sekilas orang yang gemar membaca tidak memiliki perbedaan yang mencolok dengan orang kebanyakan. Namun bila diamati secara lebih jeli, maka akan bisa ditemukan ciri-ciri tertentu yang membedakan mereka dengan orang pada umumnya.

Berikut ini idehidup.com akan mengulas berkaitan dengan beberapa fakta unik membaca buku terutama pada orang-orang yang suka membaca. Fakta-fakta tersebut bisa menjadi acuan untuk menjabarkan berbagai macam ciri-ciri orang rajin membaca. Inilah ciri-ciri orang yang gemar membaca versi idehidup.com, selamat menyimak.

1. Gemar Berkunjung Ke Perpustakaan

Perpustakaan merupakan tujuan utama disaat tidak ada aktivitas lain bagi orang yang gemar membaca. Bila dia seorang pelajar maka dia akan sangat mudah dijumpai di perpustakaan sekolah. Bila dia seorang mahasiswa maka dia akan sangat gampang ditemui di ruang baca jurusan atau perpustakaan fakultas maupun di perpustakaan pusat universitas. Bila dia sudah tidak menjadi pelajar atau mahasiswa maka bila ada kesempatan dia akan lebih suka berkunjung ke perpustakaan umum (public library) di kota tempat dia berada.

ciri orang yang gemar membaca , contoh orang gemar membaca , orang yang gemar sekali membaca buku , tokoh dunia yang gemar membaca , orang yang hobi membaca disebut , fakta unik membaca buku , contoh gemar membaca, ciri ciri orang rajin membaca, fakta tentang buku

2. Gemar Berkunjung Ke Toko Buku

Tempat ke dua  yang disukai orang yang gemar membaca buku adalah toko buku. Toko buku menyediakan deretan buku-buku yang baru terbit. Meskipun dalam kondisi sedang tidak memiliki uang, dia akan tetap terpuaskan hanya dengan melihat-lihat buku terbitan terbaru sambil menimbang-menimbang buku mana yang nantinya akan dibeli saat punya uang. Toko buku juga terkadang menyediakan buku contoh yang segelnya sengaja dibuka. Tujuannya supaya calon pembeli bisa membaca sekilas isi buku tersebut sebelum memutuskan untuk membelinya.

Meskipun memang tidak semua jenis buku ada contoh yang segelnya dibuka. Misalnya adalah buku jenis fiksi yang bila ada satu buku yang segelnya sengaja dibuka maka akan menjadi semacam spoiler. Dengan adanya spoiler maka akan bisa mengurangi keseruan dalam membaca karya fiksi terbaru. Toko buku bekas juga tidak lepas dari jamahannya. Toko buku bekas memberikan kesempatan baginya untuk mengecek barangkali ada buku-buku tertentu yang sudah tidak diterbitkan lagi namun dia ingin memilikinya untuk dijadikan koleksi pribadi.

3. Memiliki Banyak Koleksi Buku

Ciri orang yang gemar membaca adalah memiliki banyak koleksi buku. Koleksi bukunya tersebut menjadi semacam perpustakaan pribadi yang ada di rumahnya. Paling tidak dia memiliki satu lemari yang dipenuhi berbagai macam jenis buku. Pelan namun pasti lemari tersebut akan semakin penuh dijejali buku dan mungkin akan segera muncul lemari baru lagi di sampingnya.

4. Hampir Selalu Membawa Buku Kemanapun Dia Pergi

Saking sukanya mengeja barisan huruf, orang yang gemar membaca akan merasa rugi bila waktu luang yang dimilikinya berlalu begitu saja tanpa membaca. Oleh karena itulah dia akan menyelipkan satu dua buku di tas yang dia bawa. Dia sangat paham saat dia bepergian dia akan sering menemui dirinya hanya diam tanpa kegiatan. Saat-saat seperti itulah dia akan mengeluarkan buku yang dia bawa dan membacanya. Beruntung sekali saat ini banyak tersedia buku dalam bentuk digital.

Buku digital tersebut memungkinkan dia untuk hanya membawa alat pembaca buku elektronik seperti kindle, tablet, atau bahkan dia juga bisa membaca buku elektronik (ebook) melalui smartphone yang dia bawa. Jadi pada saat dia bepergian dan ada saat-saat tertentu semisal menunggu angkutan atau harus duduk di ruang tunggu, dia akan membuka buku. Atau membaca ebook di peralatan elektronik yang dia bawa.

5. Berwawasan Luas

Akibat dari banyaknya bacaan yang dikonsumsi oleh orang yang gemar membaca, dia akan memiliki wawasan yang luas. Dia akan mudah dan cepat sekali nyambung saat diajak ngobrol dengan topik apapun. Kemungkinan besar topik tersebut sudah pernah dia baca. Karena memiliki wawasan luas maka cara pandang dia terhadap suatu hal juga tidak terlalu sempit. Dia akan mampu memandang suatu hal dari berbagai macam sudut pandang (perspektif). Dengan demikian maka dia akan lebih bisa menjadi berpotensi menjadi orang yang arif dan bijaksana.

6. Kritis

Efek lain dari banyak membaca adalah menjadikan seseorang menjadi kritis. Dia akan banyak mempertanyakan segala macam hal yang ada di hadapannya. Dia akan menjadi tidak mudah percaya akan segala sesuatu yang sampai padanya. Dia akan menganalisis terlebih dahulu segala informasi yang sampai padanya. Barulah kemudian dia akan memberikan penilaian dan kemudian akan menentukan sikap terhadap informasi yang datang padanya.

7. Jeli Dalam Memandang Suatu Hal

Orang yang gemar sekali membaca buku akan cenderung jeli dalam memandang suatu hal. Kegiatan membaca memerlukan pemusatan pikiran dan konsentrasi untuk mengikuti rangkaian alur pemikiran yang tertuang pada tulisan yang sedang dibaca. Kebiasaan menelusuri serpihan-serpihan rangkaian alur pemikiran inilah yang menjadikan orang yang gemar membaca menjadi jeli dalam memandang suatu hal. Dia menjadi jeli karena dia semakin terampil dalam membuat perbandingan dari suatu literatur dibandingkan dengan literatur lainnya. Dia jeli karena bisa jadi dia terbiasa membuat atau melakukan suatu kajian perbandingan literatur.

8. Gemar dan Terampil Menulis

Banyak membaca juga membuat seseorang menjadi tergerak untuk menulis. Orang yang banyak membaca akan merasakan adanya letupan-letupan yang ada di pikirannya dan menuangkannya dalam bentuk tulisan. Menulis merupakan bentuk dari pantulan atau refleksi dari apa yang dibaca. Semakin berkualitas bacaannya maka akan semakin berkualitas pula tulisannya. Membaca merupakan suatu proses pemberian masukan (input) pada pikiran dan menulis merupakan suatu proses pembentukan suatu keluaran (output) dari pikiran. Inilah fakta tentang buku, jadi buku itu merupakan suatu hasil pemikiran yang tersistematisasi dalam bentuk uraian-uraian rangkaian huruf yang menyusun suatu teks yang menyusun suatu sistem pemikiran. Seorang penulis yang baik pastilah juga seorang yang sangat gemar membaca.

Demikianlah telah dibahas mengenai berbagai macam ciri orang yang gemar membaca versi idehidup.com. Bisa jadi masih banyak lagi ciri-ciri yang belum tercakup dalam uraian di atas. Namun setidaknya semoga poin-poin yang telah diuraiakan di atas bisa memberikan sekilas gambaran berkaitan dengan ciri-ciri orang yang rajin membaca.

Hal-hal yang mencirikan orang yang rajin membaca di atas bisa dimanfaatkan menjadi semacam patokan umum untuk mengukur apakah diri kita atau orang-orang terdekat dari kita sudah gemar membaca atau belum. Alasan pentingnya adalah bahwa membaca memberikan manfaat dan dampak yang luar biasa positif bagi kehidupan seseorang. Kebiasaan membaca bisa mengubah jalur hidup seseorang. Sehingga sangat disayangkan apabila seseorang kurang suka membaca atau malas membaca.

Terimakasih atas kunjungan anda di idehidup.com, semoga kita semua tergolong orang-orang yang gemar membaca dan mampu memetik manfaat-manfaat dari kegiatan membaca. Selamat beraktivitas dan semoga sukses selalu untuk anda pembaca setia idehidup.com di manapun anda berada.

data-matched-content-rows-num="4,2" data-matched-content-columns-num="1,2" data-matched-content-ui-type="image_stacked"