8 Rahasia Cara Mengatasi Kegelisahan Mengerjakan Tugas dan Pekerjaan

Apakah anda mengalami kegelisahan ketika anda akan memulai mengerjakan atau bahkan di tengah-tegah proses pengerjaan tugas atau pekerjaan? Berikut ini idehidup.com memberikan solusi-solusi yang mungkin bisa memberikan menyelesaikan permasalahan anda tersebut. Bailah, tanpa banyak basa-basi yang membosankan, berikut ini adalah 8 cara mengatasi kegelisahan mengerjakan tugas versi idehidup.com,

1. Rileks dan tenangkan pikiran

Pertama kali yang harus dilakukan adalah membuat pikiran anda tenang dan senyaman mungkin. Karena anda tidak mungkin mengerjakan tugas dengan kondisi pikiran yang kalut dan kusut. Buat tubuh anda senyaman mungkin. Tarik nafas dalam-dalam dan keluarkan secara perlahan-lahan, lakukan beberapa kali hingga tubuh anda tenang. Anda juga perlu menghilangkan pikiran-pikiran ketakutan yang ada di kepala anda. Usirlah hal-hal menakutkan itu dari pikiran anda. Karena belum tentu juga ketakutan-ketakutan yang ada di pikiran anda itu akan benar-benar terjadi. Bisa jadi ketakutan-ketakutan itu hanyalah reaksi pikiran anda ketika menghadapi perubahan yang sedang terjadi.

Hal ini disebabkan karena kecendrungan pikiran yang memang lebih senang berada di zona nyaman. Sehingga ketika akan dilakukan hal-hal baru yang berbeda dengan sebelumnya maka akan timbul reaksi ketakutan. Hal tersebut bisa diartikan bahwa pikiran dan tubuh yang sebelumnya tidak pernah mengalami kesulitan-kesulitan yang dalam hal ini adalah proses pengerjaan tugas maka akan menolak untuk melakukan proses penyelesaian tugas tersebut. Akibatnya adalah timbul kegelisahan. Oleh karena itu katakan pada diri anda dengan tegas bahwa anda tidak takut dengan perubahan. Kakatakan pada diri anda sendiri bahwa tugas-tugas yang harus anda kerjakan adalah tantangan yang akan membuat pribadi anda semakin berkembang ke arah yang lebih baik.

cara mengatasi kegelisahan mengerjakan tugas, cara mengatasi kegelisahan menurut islam, cara mengatasi kegelisahan hati, cara mengatasi kegelisahan

2. Membuat kopi

Anda suka kopi? buatlah kopi sebelum mengerjakan tugas. Kopi akan membuat anda semakin rileks dan tenang. Kopi juga akan membuat anda semakin bersemangat dalam mengerjakan tugas-tugas anda. Kopi akan memberikan bantuan untuk memompa darah anda sedikit lebih kencang. Sehingga suplai darah ke otak akan semakin tercukupi. Dan efeknya adalah anda akan lebih terasa berfikir secara cemerlang. Namun memang perlu diakui bahwa tidak semua orang menyukai kopi. Jangan khawatir, anda juga bisa mengganti kopi dengan teh, atau air jeruk, atu jus buah-buahan lainnya. Intinya adalah sediakan minuman kesukaan anda untuk semakin membuat tubuh anda rileks dan bersemangat dalam mengerjakan tugas. Buatlah senyaman mungkin bagi tubuh anda untuk menghilangkan ketakutan dan kegelisahan dalam mengerjakan tugas. Maka dengan demikian sedikit demi sedikit ketakutan dan kegelisahan dalam mengerjakan tugas akan taratasi.

3. Sediakan camilan

Camilan juga bisa membuat anda semakin bersemangat dalam mengerjakan tugas dan mengurangi kegelisahan anda ketika mengerjakan tugas. Camilan akan membuat anda menjadi rileks dan mengurangi ketegangan serta ketakutan sebelum mengerjakan tugas. Namun yang perlu diperhatikan adalah anda juga jangan terlalu banyak makan camilan. Karena akan membuat anda menjadi mengantuk lalu akhirnya malah tertidur dan tidak jadi mengerjakan tugas. Bila anda suka kopi maka kombinasi camilan adalah kopi. Karena kopi akan membuat anda menjadi tidak mengantuk.

Namun sepengamatan penulis reaksi terhadap kopi pun juga bermacam-macam bagi tiap-tiap orang. Ada yang tidak jadi mengantuk, ada yang biasa-biasa saja, dan bahkan malah ada yang mengantuk setelah meminum kopi. Cobalah sediakan camilan ketika anda mengerjakan tugas. Tak ada salahnya dicoba. Siapa tahu trik mengerjakan tugas sambil makan camilan ini akan menghilangkan kegelisahan anda dalam mengerjakan tugas dan membuat anda semakin enjoy dalam mengerjakan tugas. Karena tugas bukanlah sesuatu yang harus ditakuti. Tugas bukanlah suatu monster buas mengerikan. Tugas bukanlah makhluk ganas yang akan menggigit anda. Tugas adalah tantangan yang harus dikerjakan sebaik mungkin dan seoptimal mungkin.

4. Mendengarkan musik

Trik lain dalam menghilangkan kegelisahan dalam mengerjakan tugas adalah dengan mendengarkan musik. Dengarkan musik kesukaan anda. Masing-masing orang akan beda-beda dalam mengatakan musik mana yang akan membuat dia rileks dan bersemangat dalam mengerjakan tugas. Oleh karena itu cobalah mencari musik jenis apa yang membuat anda menjadi bersemangat ketika mendengarkannya. Cobalah ingat-ingat kembali kira-kira musik atau lagu dengan judul apa dan dari grup band apa yang bisa membuat anda menjadi bersemangat. Tentunya musik atau lagu tersebut tidak hanya satu kan. Oleh karena itu coba buatlah play list dari lagu-lagu yang anda sukai. Putarlah lagu-lagu dalam play list tersebut itu tadi ketika sebelum mengerjakan tugas, atau ketika sedang mengerjakan tugas. Maka niscaya anda akan mendapatkan suntikan semangat tiada tara dari alunan musik-musik tersebut.

5. Membangkitkan motivasi diri

Anda perlu membangkitkan motivasi yang ada di dalam diri anda sendiri. Motivasi ini berhubungan dengan alasan mengapa anda harus mengerjakan tugas tersebut. Carilah alasan-alasan sebanyak mungkin tentang pentingnya tugas yang harus anda kerjakan. Misalnya bagi anda yang pelajar, maka bisa jadi bila anda tidak mengerjakan tugas tersebut maka anda akan mendapatkan nilai jelek di raport, antau anda besok pagi akan dimarahi dan disuruh berdiri di depan kelas. Atau bagi anda para pelajar bisa berfikir panjang, misalnya akan jadi apa generasi mendadatang (karena anda sadar andalah generasi mendatang tersebut) jika bermalas-malasan dalam mengerjakan tugas.

Atau bagi anda mahasiswa, akan bagaimana nanti IP (Indeks Prestasi) atau IPK (Indeks Prestasi Komulatif) anda bila anda bermalasa-malasan dan tidak bersemangat dalam mengerjakan tugas. Akan semakin lama kelulusan anda jika anda bermalas-malasan dan tidak bersemangat dalam mengerjakan skripsi. Atau bagi anda yang sudah bekerja, maka anda akan dimarahi bos atau atasan anda jika anda tidak tuntas dan baik dalam mengerjakan tugas pekerjaan yang ditanggungjawabkan ke anda. Dan juga alasan-alasan lainnya yang bisa anda cari dan fikirkan sendiri yang sesuai dengan kondisi anda. Carilah motivasi sebanyak-banyaknya dan sekuat-kuatnya hingga anda bisa segera bangkit dan akhirnya hilang dengan sendirinya kegelisahan dalam mengerjakan tugas.

6. Pecah-pecahlah tugas atau pekerjaan menjadi sub-sub tugas atau pekerjaan yang lebih kecil

Terkadang kegelisahan dalam mengerjakan tugas atau ketakutan-ketakutan itu muncul karena suatu tugas terlihat cukup banyak dan besar hingga terbayangkan sulit dan rumit untuk diekerjakan. Maka trik untuk menyelesaikannya dan membuang kegelisahan serta ketakutan anda adalah dengan membagi-bagi pekerjaan tersebut menjadi sub-sub bagian pekerjaan yang lebih kecil. Lalu cobalah mengerjakan satu persatu dari sub-sub pekerjaan tersebut hingga anda menyelesaikan semua pekerjaan atau tugas tersebut. Dengan fokus hanya mengerjakan satu persatu sub-sub pekerjaan atau tugas tersebut maka bayangan susah dan berat serta banyak akan terhapuskan dari benak anda. Selain itu juga bayangan susah dikerjakan atau bayangan tidak mungkin dikerjakan akan lenyap dan tergantikan dengan optimisme dalam menyelesaikan tugas.

7. Mulai saja dengan apa yang ada di pikiran anda

Apakah anda merasa tidak percaya dan ragu-ragu dengan ide-ide anda sendiri tentang akan seperti apa anda mengerjakan tugas atau pekerjaan tersebut? Maka hilangkanlah keragu-raguan tersebut. Jangan biarkan keragu-raguan tersebut menggerogoti semangat anda dalam mengerjakan tugas atau pekerjaan yang dibebankan ke anda. Mulai saja dengan membuat konsep pada selembar kertas. Tulis apa saja ide-ide yang ada di kepala anda, apa saja yang terlintas di kepala anda, yang ada di pikiran anda. Jangan takut dalam menuangkan ide-ide yang ada dibenak anda.

Anda juga bisa menuangkan ide-ide atau konsep-konsep anda dalam bentuk peta pikiran (mind map). Kreasikan sesuka anda tentang apa yang akan anda lakukan, dan jangan ragu-ragu untuk melakukannya. Anda bebas sebebas-bebasnya dalam hal pembuatan konsep ini. Nah, setelah anda memiliki konsep dasar atau konsep kasar dari apa yang akan anda lakukan dalam mengerjakan tugas atau pekerjaan anda, maka anda akan lebih percaya diri. Tugas anda selanjutnya adalah tinggal mengembangkan konsep dasar tersebut menjadi lebih utuh dan sempurna. Anda dijamin tidak akan kebingungan atau gelisah lagi karena anda sudah mempunyai panduan dasar atau pegangan dasar bagi anda untuk melangkah. Dan tentunya anda akan lebih bersemangat.

8. Bayangkan hasil akhir

Membayangkan hasil akhir adalah salah satu trik afirmasi atau penguatan semangat untuk mencapai tujuan. Jadi di sini anda perlu untuk membayangkan bagaimana rasanya ketika anda sudah menyelesaikan tugas atau pekerjaan tersebut. Tentunya anda akan merasa lebih bahagia dan lebih tenang serta bangga ketika anda berhasil menyelesaikan tugas atau pekerjaan anda tersebut. Anda tidak akan terbebani lagi dengan pekerjaan tersebut. Anda akan mendapatkan apreasiasi dari teman-teman dan bos atau atasan anda. Anda akan bebas sebebas-bebasnya melaukan apa saja yang ingin anda lakukan bila anda telah selesai mengerjakan tugas atau pekerjaan tersebut.

Anda akan mendapatkan uang atau bonus setelah anda menyelesaikan tugas atau pekerjaan tersebut, dan lain sebagainya. Dengan membayangkan hasil akhir ini maka anda akan mendapatkan suntikan semangat yang kuat untuk segera menyelesaikan tugas atau pekerjaan yang dibebankan kepada anda. Nah dengan demikian kegelisahan dalam mengerjakan tugas atau pekerjaan akan hilang dengan sendirinya dan tergantikan dengan semangat membara yang berkobar-kobar untuk segera mengerjakan serta menyelesaikan tugas atau pekerjaan tersebut.

Nah demikianlah telah diulas secara mendalam oleh idehidup.com tentang cara mengatasi kegelisahan dalam mengerjakan tugas. Harapannya tulisan ini bisa memberikan pandangan baru dan solusi mujarab serta memberika inspirasi bagi anda dalam mengerjakan tugas atau pekerjaan. Selamat beraktivitas dan semoga anda sukses selalu.