8 Rahasia Cara Menjadi Orang Sukses dan Berhasil dari Suatu Foto di Sosial Media

Baiklah, idehidup.com kali ini akan membahas mengenai beberapa rahasia menjadi orang sukses dan berhasil dalam hidup yang tentunya akan sangat berguna bagi kita semua. Saat itu penulis jalan-jalan di salah satu jejaring sosial berbagi foto. Beberapa saat kemudian mata penulis tertuju pada salah satu foto yang berisi beberapa poin tentang kunci sukses dalam hidup. Kemudian penulis merasa perlu mencoba untuk menguraikan poin-poin tersebut menjadi lebih jelas lagi.

Tentunya penjelasan cara menjadi orang sukses dan berhasil secara panjang lebar pada masing-masing poin yang ada di foto tersebut adalah subjektif menurut penulis sendiri. Namun setidaknya semoga ada hal-hal yang bisa diambil pelajaran atau inspirasi dari uraian-uraian dari penulis. Selain itu tulisan ini juga bisa digunakan sebagai panduan ringkas cara hidup sukses di usia muda. Selamat menikmati sajian kami kali ini.

1. Membaca Setiap Hari

Membaca setiap hari memberikan kebiasaan untuk melatih otak supaya terus terasah dan menambah informasi-informasi terbaru. Membaca merupakan suatu proses memanen ide-ide dan pemikiran-pemikiran untuk kita ambil sebagai bahan mentah proses kreatif yang ada di pikiran. Dengan adanya persediaan informasi-informasi maka daya kreatif otak mencipta pada proses kreatif maupun daya untuk menyelesaikan masalah (problem solving) akan semakin tinggi dan optimal. Membaca setiap hari merupakan salah satu rahasia kunci orang sukes yang jarang disadari oleh semua orang.

 cara hidup sukses dan kaya, kunci sukses menurut, cara hidup sukses di usia muda, kunci sukses, kunci orang sukses, kunci sukses pengusaha, kunci sukses dalam belajar, cara jadi orang sukses dalam berdagang, cara hidup sukses di usia muda, rahasia menjadi orang sukses, cara menjadi orang sukses dan berhasil

Bisa jadi permasalahan-permasalahan yang sedang dihadapi pernah berhasil diselesaikan dengan baik oleh orang lain. Atau bisa juga didapatkan suatu inspirasi untuk menyelesaikan suatu permasalahan dari metode-metode penyelesaian suatu masalah yang sebelumnya telah digunakan untuk menyelesaikan permasalahan lain. Penggabungan, pemodifikasian, pengadaptasian, dan penyesuaian dari metode-metode atau cara-cara penyelesaian permasahalan-permasalahan yang pernah ada yang dituliskan oleh penulis lain akan memberikan sumber-sumber bahan untuk menyelesaikan permasalahan-permasalahan yang dihadapi sendiri.

Pada kerangka berpikir seperti ini maka semakin banyak yang dibaca maka semakin terbuka peluang untuk mencapai kesuksesan. Dengan demikian, kebiasaan membaca setiap hari merupakan salah satu kunci sukses dalam hidup yang perlu dilakukan oleh orang-orang yang menginginkan pencapaian keberhasilan-keberhasilan dalam hidupnya. Membaca setiap hari ini juga merupakan kunci sukses dalam belajar.

2. Fokus pada Tugas-tugas Pekerjaan Level Tinggi (high level task)

Kebiasaan untuk membuat pengelompokan tugas-tugas akan memberikan gambaran jelas apa yang akan dilakukan. Tugas-tugas yang ada perlu didata dan dipetakan untuk mempermudah penyelesaian tugas-tugas yang ada tersebut. Setelah diketahui macam-macam jenis tingkatan dari tugas-tugas yang ada, maka menurut foto di sosial media yang penulis temukan ini adalah perlu fokus pada tugas-tugas yang memiliki level tinggi, yaitu tugas-tugas yang sangat penting keberadannya.

Menurut penulis, yang perlu ditekankan di sini adalah penentuan skala prioritas dari suatu kumpulan tugas-tugas yang ada. Dengan kata lain, perlu adanya pemfokusan pada pengerjaan tugas-tugas yang memiliki impact factor yang tinggi, dan bila perlu maka tugas-tugas yang ber-“impact factor” kecil bila bisa didelegasikan (membagi tugas dengan orang lain). Fokus pada tugas-tugas dengan level tinggi merupakan rahasia menjadi orang sukses yang jarang diketahui banyak orang.

Berkaitan dengan produktivitas kerja, idehidup.com memiliki artikel yang berjudul 7 Cara Mudah Meningkatkan Produktivitas Kerja

3. Jadikan Kesehatan Sebagai Prioritas Utama

Bagaimanapun juga, semuanya yang telah dicapai tidak akan ada artinya bila itu semua itu dibayar dengan rusaknya kesehatan yang kita miliki. Selain itu juga dalam proses pencapaian kesuksesan maka juga diperlukan tubuh yang sehat dan bugar untuk mencapainya. Situasinya akan menjadi sulit apabila saat melakukan usaha-usaha kerja untuk mencapai kesuksesan namun tubuh sakit-sakitan.

Badan yang sakit atau tidak bugar akan berat dan kesulitan bila digunakan untuk memikirkan strategi-strategi dan melaksanakan kerja-kerja untuk mencapai kesuksesan. Untuk bisa berfikir menyelesaikan suatu permasalahan secara optimal maka juga diperlukan otak yang tenang dan tubuh yang bugar. Oleh karena itulah kesehatan merupakan salah satu kunci sukses dalam hidup. Menjadikan kesehatan sebagai prioritas utama adalah rahasia cara hidup sukses di usia muda hingga kelak di usia tua.

4. Belajar dari Orang atau Sosok yang Dikagumi

Belajar dari orang atau sosok yang dikagumi akan memberikan efek semangat belajar yang tinggi dan menggelora. Proses belajar merupakan kunci kesuksesan, sehingga bila proses belajar ini bisa terus dilakukan maka semakin dekat pula jalan menuju kesuksesan. Karena pada dasarnya belajar merupakan kegiatan tanpa henti sampai saatnya nanti dipanggil pulang oleh yang maha kuasa. Untuk menstabilkan semangat belajar inilah maka terkadang diperlukan suatu sosok inspiratif yang dikagumi. Karena biasanya memang untuk merealisasikan cara hidup sukses di usia muda adalah dengan memiliki semacam role model dari suatu tokoh di bidang tertentu yang menginspirasi.

Ada yang perlu diperhatikan dalam hal ini, yaitu terkadang  di kemudian hari seseorang menemukan hal-hal yang mengecewakan dari sosok figur yang dikagumi tersebut. Maka bila terjadi seperti ini maka bisa sampai pada tahap mematahkan semangat belajar. Karena pada dasarnya tidak ada manusia yang sempurna di dunia ini dan pasti ada kelemahan atau kekurangan tertentu yang ada pada sosok figur inspiratif tersebut. Intinya adalah proses belajar harus tetap terus berjalan apapun yang terjadi dan tidak boleh berhenti hanya karena kecewa dengan sosok figur yang dikaguminya. Belajar secara terus menerus merupakan rangkaian tangga yang harus dilalui untuk mencapai puncak-puncak kesuksesan.

Mungkin anda tertarik untuk membaca artikel idehidup.com yang berjudul 8 Rahasia Cara Orang Sukses Mengambil Pelajaran dari Kegagalan

5. Merencanakan Kegiatan yang akan Dilakukan pada Malam Sebelumnya

Salah satu hal yang juga menjadi kunci sukses dalam hidup adalah merencakan segala sesuatu yang akan dilakukan pada malah sebelumnya. Seseorang yang terbiasa merencanakan apa yang akan dilakukan esok hari adalah orang yang benar memegang alur perjalanan hidupnya. Jalur hidup orang tersebut benar-benar tertata sehingga lebih mudah baginya untuk mencapai target-target dalam hidupnya. Dengan merencanakan segala sesuatu yang akan dilakukan maka setidaknya orang tersebut telah berhasil 50% dari keseluruhan kesuksesan. Cara jadi orang sukses salah satunya adalah dengan memiliki impian yang kemudian tertuang dalam bentuk rencana-rencana yang matang dan terpogram rapi.

Rencana yang telah disusun secara baik akan membuat seseorang tidak akan mengalami kebingungan dan orang tersebut akan tahu secara pasti apa yang harus dia kerjakan pada setiap waktunya. Rencana yang telah disusun secara rapi akan mampu digunakan untuk mengetahui mana kegiatan yang memiliki prioritas tinggi dan harus segera dikerjakan dan mana yang memiliki prioritas rendah sehingga masih bisa ditunda pengerjaannya. Hal ini karena tidak akan optimal hasilnya bila dalam satu waktu mengerjakan banyak hal sekaligus.

Oleh karena itu inilah pentingnya merencanakan apa saja yang akan dilakukan dengan membuat semacam antrian tentang apa saja yang akan dilakukan. Dengan menerapkan pendekatan yang taktis dan strategis seperti ini maka kemungkinan tercapainya kesuksesan akan semakin besar. Selain itu kesuksesan juga akan semakin mudah untuk dilihat dari kejauhan sehingga lebih yakin bahwa kesukesan tersebut bisa diraih. Keyakinan kuat dan membara akan membuat semangat yang tinggi dalam proses kerja-kerja dengan tujuan untuk mewujudkan rencana-rencana yang telah disusun.

Barangkali anda tertarik untuk membaca artikel idehidup.com lainnya yang berjudul 5 Rahasia Perencanaan Tujuan dan Pembuatan Keputusan yang Jarang Diketahui Banyak Orang

6. Melatakkan Daftar Target Pencapaian di Tempat yang Bisa Dilihat Setiap Hari

Misalnya adalah dengan meletakkan daftar tersebut di depan meja kerja atau meja belajar sehingga setiap kali memandang pasti terlihat tulisan daftar tersebut. Tujuan dari cara ini adalah supaya seseorang akan terus ingat target-target yang telah dia rencanakan sehingga harapannya adalah dia bisa fokus melakukan usaha-usaha untuk meraih target-target yang telah di tetapkan sendiri. Hal ini adalah karena fokus merupakan salah satu dari kunci sukses dalam hidup dan faktor penentu keberhasilan suksesnya pencapaian target-target yang telah dicanangkan.

Saat ini banyak sekali godaan penghilang fokus yang mengancam produktivitas seseorang. Sebut saja misalnya tergoda untuk berlama-lama bermain di jejaring sosial media, terlalu sering mengecek email yang masuk, terlalu asyik menonton acara televisi, yang kesemuanya ini secara tidak sadar bisa mengalihkan fokus utama kerja dalam usaha pencapaian target-target yang telah ditetapkan. Oleh karena itu, usaha-usaha untuk tetap memfokuskan diri pada pengerjaan rencana-rencana yang telah disusun adalah relevan untuk dilakukan. Inilah salah satu rahasia menjadi orang sukses, selalu mengingat dan mengetahui target-target yang akan diwujudkan hari demi hari secara konsisten, hingga target-target pencapaian tersebut terwujud.

7. Segera Lakukan, Meskipun itu Terlihat Menakutkan

Bersegera melakukan apa yang telah direncanakan (take action) merupakan langkah penentu utama kunci sukses dalam hidup. Take action ini merupakan pembeda apakah rencana yang telah disusun itu hanya sekadar wacana tanpa realisasi ataukah memang suatu usaha nyata dalam mewujudkan rencana yang telah ditetapkan. Take action adalah perbuatan wajib yang harus dilakukan karena bila hanya berangan-berangan atau hanya disusun rencana saja tanpa aksi nyata melakukan langkah-langkah yang telah disusun, maka kesuksesan juga hanya akan ada di angan-angan dan tidak akan pernah terwujud.

Secara umum untuk mewujudkan atau merealisasikan suatu target tujuan yang ingin dicapai, maka secara strategisnya perlu dilakukan usaha kerja secara terus-menerus sampai didapatkan kesuksesan pencapaian yang telah ditargetkan. Take action merupakan bagian dari pelaksaan rangkaian proses yang tidak bisa dipisahkan bila ingin hasil nyata dalam berusaha mewujudkan kesuksesan. Cara menjadi orang sukses dan berhasil salah satunya yaitu yakin terhadap apa yang akan dikerjakan dan tidak terjebak dalam situasi yang penuh diselimuti keraguan, kegamangan, dan keinginan untuk menunda pekerjaan.

Berkaitan dengan menunda-nunda pekerjaan, idehidup.com memiliki artikel yang berjudul 7 Cara Ampuh Mengatasi Menunda Pekerjaan

8. Memiliki Rasa Ingin Tahu yang Tinggi

Pikiran yang selalu bertanya dan ingin mendapatkan jawaban dari pertanyaan “mengapa” akan membuat bersemangat dalam mencari jawaban.  Kegiatan mencari jawaban inilah yang melahirkan semangat membaca dan semangat belajar yang tinggi. Pengetahuan yang luas akan mendukung kesuksesan seseorang. Hal ini karena ibarat menuju suatu tempat, maka orang yang memiliki pengetahuan luas akan memiliki banyak pilihan jalan yang akan diambil untuk menuju ke sana. Bila suatu jalan terputus dan tidak bisa dilewati maka orang tersebut masih memiliki banyak pilihan jalan lain yang bisa dilalui.

Bandingkan bila pengetahuannya sempit, ibarat menuju suatu tempat maka orang tersebut hanya tahu jalan-jalan yang itu-itu saja, sehingga bila sedikit jalan tersebut rusak dan tidak bisa dilalui maka berhentilah dia dan tidak bisa melanjutkan perjalanan ke tempat yang akan dituju. Salah satu rahasia cara hidup sukses di usia muda hingga kelak di usia senja adalah selalu menjaga dan mengobarkan rasa ingin tahu yang tinggi, sehingga secara otomatis juga akan memunculkan rasa semangat belajar yang tinggi.

Berkaitan mengenai belajar, idehidup.com memiliki artikel yang berjudul 8 Cara Belajar yang Baik dan Cara Belajar Efektif

Demikian tadi telah diulas mengenai beberapa macam kunci sukses dari suatu foto yang ada di jejaring sosial media. Sebetulnya masih banyak kunci-kunci kesuksesan yang tidak tercakup dalam daftar kunci sukses yang ada di foto tersebut. Namun sekiranya semoga uraian penjelasan dari idehidup.com di atas memberikan inspirasi, semangat, motivasi, maupun panduan aplikatif dalam mencapai puncak-puncak kesuksesan.