8 Rahasia Cara Orang Sukses Mengambil Pelajaran dari Kegagalan

Inilah 8 cara orang sukses mengambil pelajaran dari kegagalan. Artikel ini akan membahas cara menjadi orang sukses dengan mengenali dan memahami salah satu faktor yang menentukan kesuksesan seseorang, yaitu penyikapan terhadap kegagalan. Orang sukses juga pernah mengalami kegagalan bahkan tidak hanya sekali dua kali, bisa jadi berkali-kali mereka mengalami kegagalan sebelum akhirnya mereka mencapai kesuksesan. Namun mereka mampu mengambil pelajaran dari kegagalan-kegagalan mereka.

Kegagalan merupakan salah satu hal yang paling ditakutkan seseorang ketika mereka akan menetapkan tujuan, yaitu kegagalan dalam mencapai tujuan. Orang sukses tidak akan pernah takut gagal dalam usaha mencapai tujuan-tujuan hidup mereka. Namun kegagalan itu sendiri akan sangat sulit untuk dihilangkan, karena kegagalan itu juga merupakan bagian dari kehidupan itu sendiri. Ada keberhasilan kesuksesan dan ada pula kegagalan. Berikut ini idehidup.com akan menguraikan pelajaran-pelajaran atau hal-hal apa sajakah yang bisa diambil dari kegagalan-kegagalan yang terjadi.

1. Belajar sabar dan menerima

Ketika kita mengalami kegagalan maka sebenarnya adalah kita sedang diuji oleh kehidupan tentang penguasaan terhadap ilmu kesabaran dan menerima dengan lapang dada hasil dari apa yang telah kita usahakan. Sabar dan menerima di sini jangan sampai diartikan bahwa kemudian kita menyerah begitu saja ketika gagal. Namun ini merupakan suatu bentuk kesadaran terhadap kekurangan-kekurangan pada diri kita untuk kemudian dicarikan solusi untuk memperbaikinya. Sehingga dalam kompetisi kehidupan selanjutnya kita akan lebih optimal lagi dalam berjuang karena kita sudah tahu kelemahan-kelemahan kita dan kita sudah memperbaikinya.

Intinya adalah kita harus menerima apapun kondisi diri kita apa adanya. Namun jangan hanya berhenti sampai di situ saja, karena kemudian kita masih perlu untuk memetakan kelemahan-kelemahan dan kelebihan-kelebihan kita secara menyeluruh. Sehingga selanjutnya kita bisa tahu dengan jelas tentang sifat-sifat, kecenderungan-kecenderungan, kebiasaan-kebiasaan baik, kebiasaan-kebiasaan buruk pada diri kita sendiri. Setelah itu kita bisa tahu ancaman-ancaman dari dalam diri kita sendiri dan bisa segera kita kendalikan, selain itu kita juga juga bisa tahu potensi-potensi keunggulan pada diri kita yang bisa kita kembangkan untuk mencapai kesuksesan.

cara orang sukses, cara menjadi orang sukses, cara menjadi orang sukses dunia akhirat

2. Belajar tentang realita kehidupan

Sudah menjadi fakta kehidupan bahwa ada saatnya di bawah dan ada saatnya di atas. Ada saatnya kita gagal dan juga ada saatnya nanti kita berhasil. Realita kehidupan ini terkadang sulit untuk dipelajari dan disadari serta terkadang kita lupa akan keberadaannya. Namun sudah menjadi hukum alam bila di awal-awal ketika kita belum mengetahui dan belum mempunyai ilmu mengenai suatu hal yang ingin kita capai maka bisa dipastikan kita akan mengalami kegagalan untuk mencapai tujuan tersebut.

Kita akan mengalami kesalahan-kesalahan dalam bertindak dan berbuat karena kita memang tidak tahu seluk beluk mengenai tujuan tersebut, karena kita masih baru di bidang tersebut. Selanjutnya adalah tergantung pada diri kita sendiri apakah kita masih ingin melanjutkan untuk mencapai tujuan itu tadi atau tidak. Bila kemudian kita menyerah  setelah kita mengalami kegagalan, maka selesailah sudah hanya sampai di situ saja. Kita sudah bisa dipastikan tidak sampai untuk sukses mencapai tujuan tersebut.

Berbeda dengan bila kita tidak menyerah dan terus berjuang untuk mencapai tujuan tersebut. Maka kita akan terus berfikir untuk mencari jalan supaya sampai di tujuan yang ingin kita capai. Kita akan mempelajari berbagai macam hal untuk mencapai tujuan tersebut. Kita akan terus mencoba dan mencoba tanpa henti dan tak kenal lelah untuk mencari tahu dan mendapatkan cara yang tepat untuk mencapai tujuan. Kita akan banyak membaca buku dan informasi-informasi lainnya yang berkaitan untuk pencapaian tujuan tersebut.

Kita akan banyak mempelajari pengalaman orang-orang yang sudah sukses terlebih dahulu dari kita untuk mencapai tujuan tersebut. Kita jadi banyak tahu mengenai berbagai macam jenis cara untuk mencapai tujuan kita itu tadi. Kita jadi tahu mana cara yang baik dan mana cara yang buruk untuk kita pilih dalam menggapai impian kita. Hingga akhirnya nanti kita berhasil untuk mencapai tujuan tersebut karena kita sudah banyak tahu tentang seluk beluk mengenai tujuan yang ingin kita capai.

3. Belajar untuk perlu menyiapkan banyak rencana supaya berhasil dan memprogramnya dengan baik serta merencanakan kehidupan dengan lebih baik

Nah disinilah salah satu hal yang perlu kita perhatikan dalam kehidupan ini. Dalam hidup kita harus mempunyai tujuan. Apapun itu jenisnya yang jelas anda memerlukan suatu tujuan dalam hidup ini. Tujuan hidup inilah yang akan membuat kita akan menjadi fokus dalam menjalani kehidupan. Bila anda mengalami kegagalan, maka itu pertanda anda masih mempunyai tujuan dalam hidup, namun masih gagal dalam mencapai tujuan hidup tersebut. Ketika kita sudah mempunyai tujuan dalam hidup, maka kita akan menyadari bahwa untuk mencapai tujuan tersebut memerlukan rencana program untuk mencapainya.

Karena hampir mustahil tujuan hidup kita akan tercapai tanpa adanya perencanaan yang terprogram. Dengan merencanakan dan memprogram dengan baik langkah-langkah yang akan dilakukan maka kita sudah termasuk dalam perjuangan pencapaian tujuan. Bila kita sudah gagal dalam merencanakan dan memprogram mengenai langkah-langkah apa saja yang akan kita lakukan untuk mencapai tujuan maka apakah mungkin tujuan tersebut akan tercapai.

Akan sangat kecil sekali kemungkinan tercapainya tujuan tanpa adanya perencanaan dan program untuk mencapainya. Di sinilah letak bagian dari proses pencapaian tujuan bahwa diperlukan perencanaan dan program yang baik, jelas dan memungkinkan untuk dilaksanakan langkah-langkahnya.

4. Belajar untuk tidak mudah putus asa

Saat terjadi kegagalan inilah kita belajar sekaligus diuji untuk tidak mudah putus asa. Kita akan benar-benar diuji dengan rasa kecewa saat tujuan-tujuan dan cita-cita kita ternyata gagal dicapai. Ketika inilah kita akan dihantui oleh rasa putus asa yang teramat sangat mencekam. Pikiran kita akan dipenuhi oleh gejolak-gejolak jiwa untuk putus asa dan menghentikan proses pencapaian tujuan impian dan cita-cita yang telah kita tetapkan. Ketika kita putus asa dan kemudian menghentikan usaha-usaha dalam proses pencapaian tujuan impian cita-cita maka di situlah letak kegagalan yang sebenarnya.

Namun bila kita tidak putus asa dan tetap bangkit dari keterpurukan saat terjadi kegagalan, maka di situlah letak masih adanya kemungkinan bagi kita untuk mencapai kesuksesan. Bangkit dari keterpurukan setelah terjadi kegagalan ini adalah kita segera melakukan evaluasi menyeluruh dari rencana-rencana dan program-program yang telah kita tetapkan untuk kemudian membenahi atau menyusun ulang rencana-recana dan program-program tersebut dan segera bertindak menjalankannya dengan penuh semangat dan pantang menyerah.

5. Belajar menghadapi depresi

Depresi bisa menyerang siapa saja tanpa pilih-pilih. Depresi juga menyerang orang-orang yang mengalami kegagalan. Saat mengalami kegagalan inilah ada kemungkinan besar kita akan bertemu langsung dengan depresi. Apalagi ketika kita memberikan harapan yang sangat besar pada suatu proses dan kemudian proses tersebut ternyata berujung pada kegagalan, maka disinilah gejala depresi akan mulai merongrong dan menyerang secara dahsyat sekali. Saat-saat seperti inilah yang akan membuat kita terasa seperti tidak berguna, gagal, buntu dan terasa tidak ada harapan lagi.

Ketika sedang mengalami depresi inilah orientasi dan semangat kita benar-benar diuji kekonsistenannya. Tidak ada kata-kata lain selain terus melanjutkan perjuangan dengan penuh semangat gagah berani apapun keadaannya baik itu saat senang maupun saat sedih. Bendera-bendera perjuangan untuk mencapai tujuan harus tetap dikibarkan dan akan tetap terus berkibar hingga tercapai apa yang telah ditetapkan di rencana yang telah disusun. Jangan menyerah kawan, kami yakin kamu pasti akan berhasil mewujudkan cita-citamu.

6. Jadi tahu rasanya gagal, sehingga akan lebih maksimal lagi dalam persiapan/perencanaan dan eksekusi yang optimal

Orang-orang yang telah meraih kesuksesan sudah pasti pernah mengalami kegagalan dalam hidup mereka. Orang-orang sukses tersebut sudah sangat kenyang akan kegagalan. Sampai hingga akhirnya mereka jadi paham tentang seluk-beluk mengenai kegagalan. Mereka sangat tahu dan sangat paham mengenai ciri-ciri suatu proses yang akan mengalami dan proses-proses mana yang akan menuju keberhasilan dan kesuksesan.

Karena sangat kuatnya pemahan mereka akan kegagalan inilah mereka bisa mengarahkan diri untuk menghindari kegagalan dan membuatnya menjadi mengarah ke keberhasilan dan kesuksesan. Karena orang-orang sukses ini sudah paham dan hafal mengenai bagaimana rasanya sakit ketika gagal, maka mereka akan semaksimal mungkin untuk menghindari kegagalan dan mengarahkan diri untuk mencapai kesuksesan dan keberhasilan.

7. Belajar untuk selalu ingat dan waspada

Dengan mempelajari kegagalan maka kita akan mendapatkan bahwa kita harus selalu sadar akan diri kita sendiri, tentang apa yang kita rencanakan, kita pilih untuk dilaksanakan (eksekusi), dan ingat tentang segala macam konsekuensi yang ditimbulkan dari setiap pilihan yang dibuat. Sehingga kita sadar bahwa dalam mengambil setiap keputusan perlu kita pertimbangkan masak-masak dan tidak hanya untuk memperturutkan hawa nafsu dan emosi sesaat saja.

Sadarlah dalam setiap proses pengambilan keputusan. Jadi semuanya tindakan yang kita ambil kita harus bisa mempertanggungjawabkannya baik itu pada diri kita sendiri maupun kepada orang lain. Rencanakanlah dengan baik setiap aktivitas yang akan kita lakukan kemudian laksanakan program tersebut sebaik dan seoptimal mungkin, karena kegagalan akan selalu mengintai, maka waspadalah.

8. Menyadari bahwa kita memang makhluk yang terbatas sehingga selalu perlu untuk berproses untuk menuju ke arah yang lebih baik

Kesalahan-kesalahan dalam pengambilan keputusan dalam kehidupan adalah suatu hal yang tidak bisa dihindari. Nah yang membedakan adalah apa yang akan kita lakukan setelah mengalami kesalahan dalam mengambil keputusan yang menyebabkan kegagalan. Apakah kita kemudian menyesal dan kemudian menyerah. Apakah kita menyesal dan kemudian segera bangkit lagi untuk mengavaluasi kesalahan yang telah diperbuat dan menyusun atau merevisi ulang rencana-rencana selanjutnya dengan mempertimbangkan kesalahan-kesalahan yang telah diperbuat untuk mengurangi resiko mendapatkan kegagalan. Keterbatasan pada makhluk manusia akan lebih bik bila diposisikan sebagai suatu kesadaran pada diri dan sebagai motivasi untuk selalu berjuang dalam berproses mendapatkan yang lebih baik dan lebih sempurna dari setiap apa yang diinginkan da diimpikan.

9. Mengingatkan kita untuk tidak menjadi sombong tinggi hati

Kegagalan juga merupakan bagian pelajaran kehidupan supaya kita jadi ingat bahwa jangan sampai kita dihinggapi rasa sombong tinggi hati. Siapapun kita pasti tidak bisa terlepas dari bayang-bayang kegagalan. Karena kegagalan adalah juga merupakan salah satu bagian dalam proses kehidupan manusia yang tidak bisa dilepaskan. Bisa jadi kita sukses dan berhasil di satu bidang, namun kita masih gagal di bidang yang lain. Oleh karena itulah, peringatan-peringatan dari kegagalan-kegagalan yang kita alami alangkah lebih baiknya bila kita maknai sebagai pengingat jangan sampai kita terjebak dalam kesombongan dan tinggi hati.

Setelah anda memahami pelajaran-pelajaran yang telah diajarkan oleh kegagalan, maka tentunya anda akan semakin bijaksana dalam menyikapi kegagalan. Sedih, sakit hati, depresi, dan tekanan-tekanan psikologis lainnya pasti akan menghinggapi kala anda mengalami kegagalan. Namun bagi anda yang sudah memahami dan mempelajari serta merenungkan arti kegagalan, maka anda tidak akan semakin terperosok semakin dalam.

Anda akan segera bangkit dan kembali berjuang mewujudkan cita-cita yang anda impikan. Demikian tadi idehidup.com telah menyajikan uraian secara mendalam mengenai 8 cara orang sukses mengambil pelajaran dari kegagalan. Selamat beraktivitas, selamat menikmati produktivitas, dan sukses selalu untuk anda para pembaca setia idehidup.com di manapun anda berada.