8 Tokoh Dunia yang Gemar Membaca di Dunia Bisnis

Berikut ini akan diulas berkaitan dengan beberapa tokoh dunia yang gemar membaca. Tulisan ini akan secara khusus membahas beberapa tokoh kaliber dunia di bidang bisnis berkaitan dengan kegemaran mereka pada kegiatan membaca. Kegiatan membaca merupakan gerbang pertama  yang harus dilalui oleh seseorang untuk menggapai kesuksesan. Membaca merupakan sumber kesuksesan seseorang. Dari membacalah seseorang bisa belajar segala hal hingga dia mampu menggapai kesuksesan.

Salah satu kebiasaan sama yang dimiliki oleh orang-orang sukses di dunia adalah sangat suka sekali membaca. Ciri-ciri orang yang gemar membaca sudah dibahas pada artikel idehidup.com yang berjudul 8 Ciri Orang yang Gemar Membaca. Kesuksesan-kesuksesan yang mereka peroleh berawal dari kebiasaan mereka yang sangat suka sekali membaca. Steve Siebold telah mewawancarai lebih dari 1,200 orang-orang terkaya sedunia, dan menemukan bahwa membaca untuk mengedukasi diri merupakan ciri yang umum ditemukan di antara mereka semua.

Oleh karena itulah, pada artikel ini idehidup.com akan membahas beberapa tokoh dunia yang gemar membaca, dengan spesifik beberapa tokoh di bidang bisnis. Tulisan ini semoga menyadarkan kita semua akan pentingnya membaca dan sebagai salah satu bukti nyata manfaat yang akan diperoleh dari membaca. Selamat menyimak sajian kami tentang tokoh terkenal dunia saat ini di dunia bisnis yang gemar membaca.

tokoh dunia paling berpengaruh, tokoh tokoh dunia yang menginspirasi, biografi tokoh dunia yang menginspirasi, tokoh terkenal dunia saat ini, tokoh dunia indonesia, 4 tokoh terkenal dunia, tokoh sejarah dunia, tokoh pemimpin dunia, tokoh dunia inspiratif, tokoh dunia paling berpengaruh, tokoh dunia yang menginspirasi, tokoh dunia inspiratif, tokoh dunia terkenal, tokoh dunia terbaik, tokoh dunia wanita, tokoh dunia terbaik, tokoh dunia yang gemar membaca, tokoh dunia yang disiplin, tokoh dunia yang dulunya miskin, tokoh dunia yang sukses dari nol

Bill Gates

Bill Gates, tokoh dunia yang menginspirasi ini beberapa kali pernah menduduki peringkat pertama orang terkaya sedunia memiliki minat baca yang cukup tinggi. Bill Gates dengan kerajaan bisnis microsoft-nya sebagaimana pelaku bisnis besar lainnya sangat menyukai membaca dan pecinta buku. Bill Gates membaca kurang lebih 50 buku selama satu tahun dan kira-kira menyelesaikan satu buku perminggunya. Pada masa kecilnya, saking sukanya membaca, orang tua Bill Gates sampai membuat peraturan tidak ada buku di meja makan. Bisa jadi hal tersebut karena bila dibiarkan maka Bill Gates kecil akan lebih asyik membaca buku dari pada menyantap makanan dan berkomunikasi dengan orangtuanya saat sesi makan bersama. Bill Gates bahkan juga mem-posting resensi tentang buku-buku di blog miliknya.

Pada saat diwawancarai oleh columnist New York Times tentang peran membaca terhadap kehidupannya, Bill Gates pernah menyatakan:

It is one of the chief ways that I learn, and has been since I was a kid. These days, I also get to visit interesting places, meet with scientists and watch a lot of lectures online. But reading is still the main way that I both learn new things and test my understanding”, yang artinya kurang lebih “Ini adalah salah satu cara utama yang saya pelajari, dan sejak saya masih kecil. Hari-hari ini, saya juga mengunjungi tempat-tempat menarik, bertemu dengan para ilmuwan dan menonton banyak ceramah online. Tetapi membaca masih merupakan cara utama saya mempelajari hal-hal baru dan menguji pemahaman saya.”

Mark Zuckerberg

Tokoh dunia inspiratif yang seorang milyarder dari bisnis sosial media ini ternyata juga gemar membaca. Pada 2015, dia pernah membuat suatu resolusi tahun baru bahwa dia akan membaca satu buku dalam dua minggu. Mark Zuckerberg juga membuat suatu klub baca “a year of books” sebagai tempat dia untuk mendiskusikan buku yang sedang dia baca dengan anggota komunitas facebook. Mark Zuckerberg juga memberikan daftar beberapa buku yang dia rekomendasikan untuk dibaca. Menurutnya, buku memungkinkan untuk secara penuh mengeksplorasi suatu topik dan secara penuh totalitas membahasnya secara mendalam jika dibandingkan dengan media lainnya.

Pada salah satu posting di halaman Facebok miliknya, Mark Zuckerberg mengatakan”

Reading has given me more perspective on a number of topics — from science to religion, from poverty to prosperity, from health to energy to social justice, from political philosophy to foreign policy, and from history to futuristic fiction”, yang terjemahan bebasnya kurang lebih adalah ”Membaca telah memberikan padaku banyak perspektif pada berbagai macam jenis topik — dari sains sampai ke agama, dari kemiskinan sampai ke kesejahteraan, dari kesehatan sampai ke energi dan keadilan sosial, dari filsafat politik sampai ke kebijakan luar negeri, dan dari sejarah sampai ke fiksi masa depan”

Warren Buffet

Warren Buffet pernah ditanya salah satu mahasiswa kelas investasi di universitas Columbia tentang apa yang harus dipersiapkan mulai saat ini dalam memulai karir di bidang investasi. Beberapa saat kemudian setelah berfikir beberapa detik, Warren Buffet meraih tumpukan laporan dan berbagai macam dokumen yang dia bawa, “Baca 500 halaman seperti ini setiap hari” katanya. Pada kesempatan lain Warren Buffet juga memberikan daftar beberapa buku yang dia rekomendasikan terutama bagi yang ingin sukses di bidang investasi. Saat diwawancarai pada acara HBO’s documentary dengan judul “Becoming Warren Buffett”, Warren Buffet menyatakan masih menghabiskan waktu sekitar lima hingga enam jam setiap harinya untuk membaca.

Oprah Winfrey

Seorang tokoh dunia wanita, Oprah Winfrey belajar membaca pada umur 3 tahun dan segera setelah itu menemukan bahwa ada keseluruhan dunia yang harus dia taklukkan selain lahan pertanian milik keluarganya di Mississippi. Oprah Winfrey menyatakan bahwa dia menghargai ayah dan ibu tirinya atas dedikasi mereka pada pendidikan. Setiap minggu dalam kehidupannya bersama mereka, Oprah Winfrey harus membaca buku perpustakaan. Hingga akhirnya Oprah Winfrey mendirikan Oprah’s Book Club yang terkenal itu.

Jeff Bezos

Kesukesan Jeff Bezos tidak bisa dilepaskan dari buku. Buku menjadi bagian penting dari bisnis yang dia jalankan saat ini. Kesuksesan Jeff Bezos berawal dari perusahaan yang dia dirikan di bidang penjualan buku secara online, Amazon. Hingga akhirnya Jeff Bezos membuat suatu terobosan revolusioner tentang bagaimana suatu buku dipublikasikan dan dijual. Bisa jadi semua itu terjadi karena memang Jeff Bezos gemar membaca. Hal tersebut diungkap dalam buku biografi tentang dirinya yang berjudul “The Everything Store” karya Brad Stone yang mengulas tentang bagaimana buku telah membentuk cara berfikir dan gaya kepemimpinan Jeff Bezos.

Elon Musk

Salah satu co-founder paypall yang sekarang menjadi CEO Tesla dan SpaceX ini mengaku membaca banyak sekali buku. Bahkan Elon Musk juga menyatakan bahwa dia mendapatkan pengetahuan tentang bagaimana cara membuat rocket secara lebih baik dan dengan biaya yang lebih murah adalah dari membaca. Beberapa laporan juga mengungkap bahwa pada umur 9 tahun, Elon Musk membaca keseluruhan Encyclopedia Britannica. Pada masa itu Elon Musk menghabiskan waktu 9 jam dalam satu hari untuk membaca. Saat itu terutama yang dibaca oleh Elon Musk adalah buku-buku fiksi ilmiah (science fiction).

Richard Branson

Tokoh pebisnis kelas dunia yang gemar membaca berikutnya adalah Richard Branson, pendiri Virgin Group yang bergerak di bidang jasa penerbangan. Di tengah kesibukannya berkegiatan di dunia bisnis, Richard Branson masih menyempatkan dirinya untuk membaca buku.

Richard Branson sangat suka membaca majalah, di salah satu blog posting miliknya dia pernah menulis:

I read a lot of global affairs magazines and like to look over a range, whether it is The Economist, The New Yorker or the FT [Financial Times], or websites such as The World Post”.

Untuk memperingati hari buku dunia dan sebagai tanggapan dari pengagumnya, Richard Branson mem-posting di blog miliknya dengan judul My top 65 books to read in a lifetime yang berisi daftar 65 buku yang menurutnya setiap orang akan mendapatkan manfaat di seluruh kehidupannya setelah membacanya. Daftar buku tersebut mencakup buku anak-anak klasik, novel-novel, autobiografi, hingga masalah lingkungan. Tidak dibayangkan bila daftar tersebut ternyata tidak hanya berisi tentang buku-buku bisnis dan dan buku-buku self-help pengengambangan diri yang biasanya disaran kepada para pemimpin.

Mark Cuban

Mark Cuban pernah menulis di salah satu posting di blog-nya bahwa dia membaca lebih dari tiga jam hampir setiap harinya. Di posting tersebut Mark Cuban juga menceritakan di awal-awal dia merintis bisnis pertamanya, Microsolutions, bahwa dia membaca setiap buku dan majalah sebisa dia hingga berhasil membawanya pada pelanggan dan menemukan solusi di bisnisnya. Mark Cuban menyatakan bahwa yang dia baca tersedia secara umum, semua orang bisa membeli buku-buku dan majalah-majalah yang dia baca, informasi-informasi yang sama yang tesedia untuk setiap orang yang menginginkannya, meski ternyata kebanyakan orang ternyata tidak menginginkannya.

Everything I read was public, Anyone could buy the same books and magazines. The same information was available to anyone who wanted it. Turns out most people didn’t want it.”

Mungkin bisa jadi itulah yang membedakan Mark Cuban dengan kebanyakan orang. Mark Cuban merupakan pebisnis dan investor. Mark Cuban adalah pemilik NBA’s Dallas Mavericks, co-owner 2929 Entertainment dan merupakan chairman dari AXS TV. Mark Cuban juga merupakan investor utama di acara serial reality show di saluran televisi ABC dengan judul Shark Tank.

Bila kita amati dari beberapa tokoh di atas, maka tidak ada jalan pintas untuk untuk menuju puncak-puncak kesuksesan di dunia bisnis. Ada banyak jalur jalan-jalan yang harus dilalui oleh para pebisnis kelas dunia tersebut, yang salah satunya kesamaan yang dimiliki oleh mereka adalah kegemaran mereka dalam membaca. Aktivitas membaca telah meluaskan cakrawala pengetahuan mereka. Aktivitas membaca telah membentuk mindset atau pola pikir mereka dalam menapaki jalan-jalan berliku di dunia bisnis.

Aktivitas membaca juga membuat mereka menguasai keterampilan-keterampilan khusus yang diperlukan dalam menjalankan roda bisnis, seperti misalnya Elon Musk yang membaca buku-buku yang berkaitan dengan roket untuk mengetahui seluk beluk bisnis ruang angkasa yang dia jalankan. Bila lebih lanjut kita amati, maka para pebisnis tersebut merupakan para pembelajar ulung yang mendedikasikan diri mereka untuk tidak pernah berhenti belajar sepanjang hayat mereka. Mereka belajar apapun yang mereka minati dari membaca buku-buku yang berkaitan dengan hal tersebut.

Demikianlah tulisan idehidup.com yang membahas beberapa tokoh dunia yang menginspirasi, tokoh dunia yang gemar membaca, terutama tokoh dunia di bidang bisnis. Semoga tulisan ini mampu memberikan pencerahan dan semangat baru bagi kita semua terutama dalam hal pentingnya membaca bagi kesuksesan. Selamat beraktivitas dan semoga kita semua diberi kelancaran dalam menjalankan program-program kerja yang telah disusun dan juga mendapat segala apa yang kita cita-citakan.

data-matched-content-rows-num="4,2" data-matched-content-columns-num="1,2" data-matched-content-ui-type="image_stacked"