Cara Membuat Anda Betah Bekerja dari Rumah

Apabila anda salah seorang penggiat trend bekerja dengan kantor yang berpindah-pindah (nomadic office worker), mungkin anda pernah merasakan kerja dari rumah dengan penuh kebuntuan, tidak semangat, malas, susah muncul ide-ide kreatif, ingin tidur terus, dan segudang hal-hal negatif lainnya. Apa bila sudah mengalami hal-hal tersebut maka bisa lepaslah peluang bisnis rumahan yang sedang anda jalani. Sedangkan bila anda bekerja dari cafe, kedai kopi, dan tempat-tempat di luar lainnya terasa lebih bersemangat dan selalu muncul gagasan-gagasan baru dan pekerjaan terasa cepat selesai serta terasa sempurna. Padahal jika anda kerja online dari rumah sebetulnya rumah anda mampu menyediakan manfaat yang sama dengan tempat-tempat di luaran tersebut. Kemudian bagaiman caranya membuat rumah anda menjadi nyaman untuk bekerja dengan penuh antusias? ide-ide berikut ini barangkali bisa anda coba terapkan di rumah anda,

menunda pekerjaan, jangan menunda pekerjaan, menunda-nunda pekerjaan

Buat tempat khusus untuk anda bekerja dari rumah

Anda memerlukan tempat yang memang difokuskan untuk tempat anda bekerja. Apabila rumah anda masih mempunyai kamar tersisa dan selama ini tempat tersebut menganggur tanpa fungsi yang jelas, maka anda bisa mulai memanfaatkannya untuk ruang kerja anda. Ya, kamar tersebut akan menjadi kantor anda di rumah. Manfaat dari mengkhususkan satu ruangan untuk tempat anda bekerja adalah anda bisa menyesuaikan keseluruhan keadaan ruangan tersebut sesuai dengan keinginan anda. Apabila anda tidak memiliki kamar kosong yang tidak terpakai, dengan sedikit kreativitas maka anda dapat memanfaatkan sudut-sudut ruangan, ruangan kosong bawah tangga, garasi, dan lain sebagainya untuk disulap menjadi tempat kerja anda. Anda bisa browsing di internet untuk mencari inspirasi pemanfaatan tempat-tempat tersebut sebagai tempat khusus anda bekerja.

Atur dan hiasi ruang kerja pribadi anda dengan posisi dan pernak-pernik yang membuat anda semangat bekerja dari rumah

Ide dasar dari hal ini adalah karena masing-masing orang mempunyai kondisi-kondisi tertentu untuk membangkitkan semangat kerja mereka. Disinilah letak eksplorasi diri anda sendiri dengan mencari cara-cara tertentu untuk meningkatkan semangat kerja dan memunculkan gagasan-gagasan kreatif baru. Bisa jadi dengan menata meja kerja menghadap ke jendela, sehingga anda bisa memandang taman bunga dan kolam ikan koi anda di luar rumah sambil mengerjakan tugas-tugas anda dengan rileks. Bisa dengan menempelkan poster, lukisan, atau ornamen lain di dinding yang jika anda memandangnya anda akan merasa damai dan menjadi semangat untuk berkarya. Atau bisa juga dengan melengkapi ruangan anda dengan aquarium berisi ikan-ikan kesayangan anda maupun koleksi anggrek-anggrek anda yang sedang bermekaran, sehingga anda merasa bekerja dengan ditemani mereka. Yang perlu diperhatikan adalah juga jangan sampai kesemunya itu tadi malah membuat anda kehilangan konsentrasi dan mengalihkan anda dari pekerjaan anda. Oleh karena itu pilihlah dengan bijaksana.

Selalu bersihkan ruang kerja pribadi anda untuk Bekerja dari Rumah

Hal ini mungkin yang paling utama dalam perawatan secara berkesinambungan dari ruang kerja anda. Mungkin saja anda sudah benar-benar menyiapkan satu kamar khusus untuk anda bekerja dengan segala pernak-perniknya yang membuat anda semangat bekerja. Namun apabila ruangan tersebut tidak pernah anda rawat dengan baik, sampah-sampah berserakan, kertas-kertas bertumpuk-tumpuk di atas meja, alat-alat tulis berserakan di atas meja kerja, maka lambat laun anda juga akan menjadi malas dan tidak bersemangat bekerja di situ. Dari sini bisa diambil kesimpulan mengapa bekerja dari cafe, kedai kopi, dan tempat-tempat sejenisnya lebih membuat anda bersemangat, karena di tempat-tempat tersebut kondisi meja dan ruangannya selalu terjaga kebersihannya sehingga menimbulkan rasa nyaman untuk berlama-lama di tempat tersebut.

Siapkan minuman dan camilan kesukaan anda saat Bekerja dari Rumah

Bagi sebagian orang, bekerja di depan laptop sambil menikmati secangkir kopi atau minuman lainnya bisa meningkatkan produktifivitas kerja mereka. Oleh karena itu tidak ada salahnya sebelum anda memulai kerja bisa disiapkan terlebih dahulu minuman kesukaan anda. Berbeda dengan bekerja dari cafe, bekerja dari rumah berarti anda harus menyiapkan minuman dan camilan anda sendiri. Apabila anda suka kepraktisan, maka anda bisa menyediakan minuman-minuman instan siap minum atau apabila anda penggila kopi maka anda bisa menyiapkan kopi tubruk dan lebih lagi bila anda bisa memiliki mesin pembuat kopi otomatis (home coffe brewer). Dengan bekerja dari rumah, maka anda tidak dibebani untuk setiap beberapa jam anda harus memesan makanan atau minuman ke kasir seperti halnya jika anda bekerja dari cafe. Dan tentu saja bisa mengurangi pengeluaran-pengeluaran keuangan anda.

Mendengarkan musik-musik instrumentalia atau rekaman suara-suara tertentu ketika Bekerja dari Rumah

Menurut penelitian, paduan antara suara-suara yang menenangkan (calm) yang tidak terlalu keras dan tidak terlalu lembut dapat meningkatkan daya kreatifitas dan produktifitas. Hal inilah yang juga diduga mengapa anda begitu antusias menyelesaikan pekerjaan-pekerjaan di cafe. Suara sayup-sayup orang yang sedang bersenda-gurau, suara samar-samar denting gelas dan sendok saling beradu, dan suara-suara khas cafe lainnya inilah yang diduga meningkatkan produktivitas anda. Namun jangan khawatir, andapun bisa menciptakan suasana ini di kantor rumah anda, aplikasi web seperti coffitivity.com menyediakan suara-suara khas cafe, anda juga bisa memanfaatkan aplikasi web soundrown.com yang menyediakan suara-suara khas cafe, suara rintik hujan, suara gemiricik sumber air, suara seperti saat kita di dalam kereta api yang sedang melaju, dan suara-suara lainnya. Namun kesemuanya ini bagi masing-masing orang berbeda-beda, bisa jadi suara-suara ini menjadi pengganggu bagi orang-orang tertentu yang lebih menyukai bekerja dalam kesunyiaan. Jadi pilihlah mana yang paling membuat anda bekerja dari rumah secara optimal.

Apapun jenis pekerjaan anda dari rumah maka sangat perlu untuk memperhatikan segala hal yang berkaitan dengan semangat gairah (mood) anda dalam bekerja. Mengapa ini sangat perlu untuk diberi perhatian, karena akhir-akhir ini tren bisnis rumahan mulai banyak dianut oleh kebanyakan orang. Tidak memandang apakah itu hanya kerja sampingan di rumah atau anda memang memiliki usaha rumahan sebagai sumber penghasilan utama maka anda perlu untuk memberi perhatian pada cara-cara untuk meningkatkan produktivitas anda. Karena bila dicermati maka kerja dari rumah akan lebih banyak mengalami kendala dan gangguan. Misal saat anda sedang konsentrasi mengerjakan tugas-tugas pekerjaan anda tiba-tiba anda ingat bahwa cucian belum diangin-anginkan. Mungkin ditengah-tengah pekerjaan anda tiba-tiba anda merasa suntuk dan akhirnya anda tergoda untuk menuju kamar tidur dan rebahan yang bisa jadi anda justru tidur dan melupakan pekerjaan anda.

Bekerja dari rumah baik itu menjalankan bisnis rumahan atau usaha rumahan akan memberikan tantangan tersendiri bagi yang menjalaninya. Anda akan dituntut untuk lebih mandiri dalam bekerja dan anda akan memimpin dan mengontrol diri anda sendiri dengan porsi lebih banyak. Anda tidak lagi menjumpai atasan atau bos anda yang akan memelototi atau menegur anda dalam setiap proses kerja anda. Bisa jadi anda terlena dan tidak terasa tiba-tiba sudah berada di penghujung dead line tenggat waktu yang telah diberikan untuk menyelesaikan tugas anda. Maka yang terjadi adalah tidak optimalnya hasil dari pekerjaan yang anda kerjakan secara tergesa-gesa saat mendekati dead line.Oleh karena itulah sekali lagi perlu diperhatikan berkaitan dengan hal-hal yang berkaitan dengan cara-cara peningkatan produktivitas kita saat bekerja dari rumah.