Cara Meningkatkan Produktivas Kerja dengan Tumbuhan Hias

Pernahkah kita sempat berfikir mengapa di beberapa kantor layanan publik semisal kantor pos atau bank bisa dipastikan terdapat tanaman di dalam pot sebagai penghias ruangan. Penulis sampai pada kesimpulan bahwa hal tersebut adalah suatu cara meningkatkan produktivas kerja dengan tumbuhan hias. Pada awalnya penulis hanya sempat menganalisis bahwa hal ini berhubungan dengan nilai-nilai estetika keindahan untuk membuat nyaman para pengunjung kantor serta bagi karyawan kantor tersebut. Karena secara umum memang kebanyakan orang menyukai keindahan tumbuhan. Hal ini sehingga mengilhami orang untuk memindahkan pesona keindahan tumbuhan yang ada di taman atau kebun ke dalam ruangan sehingga setiap saat bisa dinikmati dari dalam ruangan.

Pernah suatu kali penulis mengantri di kantor pos. Saat itu penulis memerlukan materai yang kebetulan penulis cari di toko-toko tidak ada dan mereka menyarankan untuk membeli langsung di kantor pos. Sesampai di kantor pos ternyata terjadi antrian yang begitu panjang yang mengharuskan penulis berdiri berjajar menunggu kesempatan untuk dilayani petugas kantor pos. Nah saat itulah penulis dari kejauhan melihat ada anggrek lengkap dengan daun dan bunganya yang sedang mekar beserta potnya yang indah berada di meja depan petugas teller kantor pos. Sedikit demi sedikit bersamaan dengan selesai dilayaninya orang-orang di depan penulis, akhirnya penulis semakin dekat dengan bunga tersebut.

cara meningkatkan produktivitas kerja, pengertian produktivitas kerja, produktivitas tenaga kerja, indikator produktivitas kerja, produktivitas kerja karyawan

Awalnya penulis mengira bahwa bunga anggrek tersebut adalah bunga imitasi/tiruan yang dibuat dari plastik. Namun ternyata bunga anggrek tersebut adalah asli. Penulis mengamatinya secara langsung dari dekat dan sempat juga memegang daun dan bunganya untuk memastikan keasliannya. Lumayanlah hal ini membuat aktivitas menunggu penulis tidak terasa membosankan karena terhibur oleh bunga indah tersebut. Nah itu tadi hanyalah pengalaman pribadi penulis yang memang bersifat subjektif.

Hanya sejauh itukah manfaat tumbuhan hias dalam ruangan? Dari penulusuran penulis terhadap beberapa makalah di jurnal-jurnal ilmiah ternyata terdapat banyak sekali manfaat tanaman hias dalam ruangan. Dari segi estetika keindahan memang benar adanya, namun ternyata ada manfaat lain yang lebih mendalam dari hanya sekedar hiasan. Penelitian Lohr dan Pearson-Mims (2000) menunjukkan bahwa manfaat-manfaat positif dari suatu tumbuhan tidak hanya secara sederhana dihubungkan dengan nilai dekorasi/hiasan saja. Lohr dan Pearson-Mims (2000) melaporkan bahwa keberadaan tumbuhan interior berkecendrungan bisa mengurangi ketidaknyamanan pada fisik manusia serta membuat udara ruangan menjadi lebih segar. Nah dari sini penulis mulai mendapatkan jawaban mengapa ada anggrek hidup yang segar diletakkan di meja teller petugas kantor Pos. Anggrek tersebut digunakan untuk memberikan semacam hiburan bagi pengguna jasa kantor pos sehingga mereka tidak mengalami kebosanan ketika sedang menunggu untuk dilayani petugas. Semakin terbukti bahwa cara meningkatkan produktivas kerja dengan tumbuhan hias mempunya dasar alasan yang kuat.

Lebih lanjut lagi, Lohr dkk. (1996) melaporkan bahwa Tumbuhan hias interior berkecendrungan meningkatkan produktivitas dan mengurangi stress pada pekerja yang berada di ruangan tanpa jendela. Hal ini menjawab mengapa tumbuhan-tumbuhan hias banyak ditaruh di dalam ruangan-ruangan gedung perkantoran. Pemberian hiasan interior berupa tumbuhan lebih jauh selain untuk meningkatkan nilai estetika ternyata juga bisa digunakan untuk meningkatkan produktivitas para pekerja. Selain itu juga bisa digunakan untuk usaha mengurangi tingkat stres atau tertekan para pekerja.

Berdasarkan hal ini, maka tidak ada salahnya bila anda ingin meningkatkan produktivitas maka bisa dicoba untuk menaruh tumbuhan hias di dekat atau di meja kerja anda. Keberadaan tumbuhan hias tersebut bisa meningkatkan produktivitas anda dan juga bisa mengurangi tingkat stres yang diakibatkan oleh beban kerja anda. Meskipun tentunya efeknya juga bergantung pada masing-masing individu. Cara ini akan sangat memberikan efek positif terutama bila memang dasar orang tersebut menyukai keindahan tumbuhan. Nah demikian tadi uraian mengenai cara meningkatkan produktivas kerja dengan tumbuhan hias yang tidak ada salahnya untuk anda coba. Selamat berkarya dan semoga sukses selalu.