Menanam Cabe di Rumah Penghilang Stres dan Depresi

Panen hasil tanaman yang telah dirawat adalah kebahagiaan tersendiri. Rasanya menggetarkan jiwa dan menggelorakan raga. Panen dari hasil menanam cabe di rumah sungguh membuat bahagia. Keinginan untuk terus menanam, merawat, dan menyirami akan terus tumbuh terpupuk oleh semangat yang terbangkitkan dari panen meskipun tidak berjumlah banyak. Bangga akan terasa bila apa yang kita tanam menuai hasil dan terlihat ada perkembangan yang cukup berarti. Minimal adalah dorongan untuk terus menanam, merawat, dan menyirami tanaman di pot-pot sekitar rumah. Dan masih dapat bonus terbebas dari stres dan depresi. Benar, bahagia itu adalah sederhana.

Seperti halnya pada hari ini. Satu pot berisi satu batang tanaman cabe telah dipanen. Buah-buah cabe yang berwarna merah menghias indah. Sekarang waktu yang tepat untuk memanennya. Sungguh bahagia saat memetik satu persatu cabe-cabe tersebut. Ada sensasi tersendiri ketika jari-jari tangan menyentuh pangkal tangkai cabe dan memutuskan ikatan ujung tangkai yang melekat pada ranting pohon cabe. Begitu terasa indahnya saat membayangkan tanaman yang dirawat mulai dari menyemaikan biji hingga sekarang menjadi tumbuhan dewasa dan menghasilkan buah siap petik. Terbayang saat dulu menyirami setiap hari dan menjaganya dari serangan hama serta penyakit.

menanam cabe di rumah, menanam cabe keriting, cara menanam cabe rawit, menanam cabe organik

Hasil panen dari satu pot cabe hasil menanam cabe di rumah memang tidak tidak terlalu banyak. Hanya ada kebahagiaan dan senyum yang menyeruak. Ingin tambah pot lagi dan lagi setelah tau bagaimana cara merawat tanaman cabe dalam pot. Tidak terlalu sulit dalam merawat cabe dalam pot, hanya diperlukan tanah yang subur, campuran antara kompos dan tanah biasa, sirami dan jangan sampai kekeringan, dan taruh pot pada tempat yang banyak mendapatkan sinar matahari. Pengalaman penulis menunjukkan bahwa tanaman cabe lebih suka terhadap banyak sinar matahari secara langsung. Terbukti dengan banyaknya buah cabe yang terbentuk pada pot yang ditaruh di tempat yang mendapat banyak sinar matahari secara langsung.

Saat itu penulis berfikir, bagaimana seandainya selain pot bunga juga ditambah pot berisi tanaman yang bisa dikonsumsi. Untuk memulai langkah ini maka penulis coba untuk menanam cabe terlebih dahulu. Karena sekilas penulis melihat tanaman cabai yang mudah tumbuh dan mudah perawatannya. Setelah mengetahui hal ini maka penulis memutuskan untuk segera mengambil aksi dengan mulai menanam anakan cabe dalam pot. Dan akhirnya sekaranglah waktunya untuk membuktikan bahwa ternyata cabe dalam pot juga bisa berbuah. Ternyata menanam itu mengasyikkan dan cukup memberi hiburan.

Hasil panen satu pot tanaman cabe ini lumayan untuk membuat sambal, sebagai bumbu untuk membuat oseng, atau sebagai teman makan gorengan. Cabe hasil tanaman sendiri akan sangat meyakinkan dan bebas dari rasa khawatir. Kita akan tahu seluk beluk mulai dari penyemaian, perawatan, penyiraman, hingga pemanenan karena kita sendiri yang melakukannya. Kita jadi tahu seluruh proses bagaimana cabe dihasilkan. Karena menanam sendiri maka kita bisa menghindarkan tanaman kita dari pemberian pupuk buatan yang berlebihan serta menghindari penggunaan pestisida. Cara penanaman cabe seperti ini tergolong cara menanam cabe organik. Oleh karena itu kita akan semakin sehat jiwa dan raga saat kita menanam, merawat, memanen, dan memasak hasil tanaman kita sendiri.

Dari segi psikologis seperti halnya merawat tumbuhan lainnya, menanam cabe di rumah juga bisa memberikan relaksasi pikiran. Manfaatnya adalah pikiran tidak akan mudah terserang stres dan depresi. Stres dan depresi akan lenyap dengan sendirinya ketika pikiran menjadi rileks tenang saat menyiram atau sedang memandang pot-pot tanaman cabe yang tumbuh hijau diselingi dengan kemerah-merahan buah-buahnya yang menyeruak di antara dedaunan. Sungguh ini merupakan kebahagiaan tersendiri yang terkira dan tentunya cukup membanggakan.

Selamat menanam!

data-matched-content-rows-num="4,2" data-matched-content-columns-num="1,2" data-matched-content-ui-type="image_stacked"