Optimalisasi Kesehatan Psikis dan Fisik Melalui Aktivitas Merawat Tumbuhan

Kesehatan psikis dan fisik dapat dioptimalkan melalui aktivitas merawat tumbuhan. Karena manusia dan tumbuhan telah berinteraksi sejak ribuan tahun yang lalu. Banyak sekali manfaat tumbuhan bagi kesejahteraan umat manusia. Sejak zaman dahulu sampai sekarang, manusia terus mencari manfaat-manfaat yang diberikan oleh tumbuhan. Hingga akhirnya pengetahuan-pengetahuan mengenai manfaat tumbuhan-tumbuhan tersampaikan secara turun-temurun dari generasi ke generasi. Berikut ini adalah manfaat merawat tumbuhan untuk kesehatan psikis dan fisik manusia.

Sebagai Hiburan

Menanam dan merawat tumbuhan merupakan suatu kegiatan yang bisa memberikan hiburan tersendiri dan akan memberikan dampak baik pada kesehatan psikis dan fisik. Ada keasyikan-keasyikan tertentu yang hanya bisa dirasakan ketika kita mulai menanam suatu tumbuhan mulai dari kecil atau bahkan mungkin sedari biji. Kemudian kita merawatnya hingga tumbuhan tersebut besar, berbunga, atau mungkin sampai berbuah. Ada semacam antusiasme besar yang membuat kita setiap hari akan mengamati dan merawat perkembangan tumbuhan kita dengan tanpa bosan dan jemu. Meskipun juga tumbuhan tersebut lama sekali untuk mencapai tahap berbunga atau berbuah maka dengan sabar para perawat bunga akan terus merawatnya. Semua itu bagi mereka adalah proses mengasyikkan dan memberikan hiburan luar biasa bagi perawat tumbuhan.

kesehatan psikis dan fisik, artikel kesehatan psikis, psikologi kesehatan, perubahan fisik dan psikis

Sebagai Peningkat Produktivitas Kerja

Peran tumbuhan hias sebagai peningkat produktivitas kerja serta kesehatan psikis dan fisik ini sudah dibahas di artikel sebelumnya. Pada intinya adalah tumbuhan hias bisa memberikan semacam efek optimasi terhadap proses-proses produktif. Dengan adanya tumbuhan hidup pada suatu ruangan akan memberikan suasana nyaman tenang penghilang kepenatan serta kebosanan dan menghilangkan energi-energi negatif. Selain itu tumbuhan hias juga memberikan tambahan oksigen di dalam ruangan. Cobalah untuk meletakkan satu pot kecil tumbuhan di meja kerja anda, maka anda akan merasakan energi positif dari tumbuhan tersebut. Pandangilah tumbuhan tersebut saat anda merasa penat. Maka anda akan mendapatkan suntikan semangat dan kesegaran untuk melanjutkan proses bekerja anda yang penuh dengan tekanan. Tapi jangan lupa untuk sesekali mengeluarkan tumbuhan hias meja anda ke udara luar untuk mendapat sinar matahari supaya pertumbuhannya normal dan tidak terganggu.

Menambah Pengetahuan

Merawat tumbuhan secara disiplin tentu saja akan memberikan pengalaman dan pengetahuan bagi pelakunya tentang seluk beluk tumbuhan tersebut secara langsung. Dengan mempelajari hal-hal baru mengenai tata cara perawatan bumbuhan maka akan mampu mengoptimalkan kesehatan psikis dan fisik. Para perawat tumbuhan akan tahu dan paham pola perkembangan serta gangguan-gangguan dalam proses perkembangan dan pertumbuhan tanaman yang dirawatnya. Secara tidak langsung pula perawat tumbuhan tersebut akan tergerak untuk mencari informasi mengenai cara perawatan tumbuhan yang dirawatnya baik itu melalui media buku, majalah, tabloid atau yang paling mudah adalah internet. Maka akan semakin banyak pula pengetahuan orang tersebut mengenai tumbuhan yang dirawatnya tersebut. Dengan terus digunakannya otak untuk berfikir tentang seluk beluk tumbuhan inilah maka fikiran-fikaran negatif tidak akan mendominasi, sehingga pikiran positifnya yang banyak, maka akibatnya adalah kesehatan psikis dan fisik akan terjamin.

Meningkatkan Kesehatan

Dengan melakukan aktivitas perawatan tumbuhan/tanaman sedari tumbuhan tersebut kecil sampai besar maka tubuh kita akan bergerak. Apalagi bila kita menanamnya di kebun kecil atau langsung di tanah, maka kita akan banyak melakukan kegiatan fisik seperti mencangkul, menyekop, membersihkan gulma dengan sabit, dan kegiatan fisik lainnya yang kesemuanya ini akan membuat tubuh kita bergerak sehingga tubuh kita menjadi sehat. Secara langsung hal ini akan berdampak pada kesehatan psikis dan fisik pelakunya. Dari sisi jenis tanaman yang di tanam yaitu bila kita menanam jenis-jenis tanaman obat maka kita akan mendapatkan manfaat kesehatan darinya. Kita bisa membuat jamu-jamuan untuk tubuh kita berbahan dari tumbuhan-tumbuhan obat yang kita rawat. Atau bila kita terserang gangguan pada tubuh kita yang menyebabkan kita sakit maka kita bisa melakukan terapi pada tubuh kita dengan menggunakan tumbuhan-tumbuhan obat yang kita tanam.

Bisa Mencukupi Kebutuhan Dapur

Ada yang menarik dari hobi menanam tumbuhan. Yaitu kita bisa mencukupi kebutuhan dapur seperti sayuran dan bumbu-bumbu dari yang telah kita tanam. Hal ini terutama apabila jenis tumbuhan yang kita tanam adalah tumbuhan sayur mayur atau tanaman bumbu dapur. Maka bisa jadi kebutuhan dapur akan tercukupi dengan tanaman yang kita rawat sendiri. Akan terasa sangat mengasyikkan bila kita membutuhkan cabe untuk membuat sambal terasi atau hanya sekedar untuk dijadikan lalapan dimakan mentah-mentah dan cabe tersebut dipetik dari tanaman yang kita rawat sedari kecil. Tentu saja diperlukan rotasi penanaman yang memungkinkan tercukupinya kebutuhan harian dapur kita. Atau juga bisa dengan merawat bermacam-macam tanaman sayur dan bumbu-bumbu untuk mengurangi kemungkinan terjadinya kebosanan akibat kurang bervariasinya jenis-jenis sayur yang kita tanam. Kebahagiaan-kebahagiaan jenis ini lah yang membuat kesehatan psikis dan fisik menjadi optimal.

Nah terkadang memang bisa jadi suatu saat kita memiliki stok sayur atau buah yang berlebih dari kebun kita. Maka kita bisa menyiasatinya dengan membuat semacam asinan atau mengolah hasil kebun kita untuk bisa disimpan di dalam toples tertutup sehingga bisa tahan lama untuk bisa dikonsumsi di kemudian hari. Kita bisa membuat hasil olahan hasil kebun kita menjadi awet dan tahan lama dengan sedikit sentuhan teknik pengawetan alami. Yaitu dengan memasukkan hasil bertanam kita ke dalam stoples kemudian melakukan strilisasi dengan mengukus-nya/memanaskannya dengan menggunakan uap. Sehingga hasil olahan kebun di dalam stoples tersebut menjadi steril (bebas hama) sehingga jamur-jamur atau bakteri-bakteri pembusuk tidak dapat tumbuh dan berkembang di dalam stoples-stoples itu tadi. Dengan demikian hasil olahan hasil kebun kita akan awet dan tahan lama. Sewaktu-waktu kita menginginkan untuk mamakannya maka kita tinggal membuka stoples steril tersebut.

Untuk Bisnis

Jangan meremehkan hobi menanam tumbuhan yang anda tekuni. Karena anda mempunyai peluang untuk mengembangkannya menjadi lebih luas dan besar lagi untuk skala bisnis. Semakin anda menekuni hobi anda maka semakin banyak pula pengetahuan dan ketrampilan yang anda kuasai berkenaan dengan seluk-beluk hobi yang anda jalani. Begitupula hobi menanam tumbuhan, Anda akan semakin ahli dalam bidang tanam-menanam dan perawatan tumbuhan yang anda sukai. Dari sini sudah selangkah lagi bagi anda untuk mengembangkannya menjadi bisnis yang menjanjikan. Dari segi pengetahuan dan ketrampilan anda sudah menguasai, maka anda tinggal menambah satu faktor lagi yaitu faktor modal finansial usaha. Bila anda sudah berhasil memenuhi faktor modal finansial usaha tersebut maka maka anda bisa mengembangkan bisnis tumbuhan sesuai dengan hobi anda. Bila ternyata anda terkendala modal finansial, maka anda bisa memulai bisnis tumbuhan anda dalam skala kecil terlebih dahulu.

Bisnis yang bisa dilakukan adalah jual beli tumbuhan hias atau juga persewaan tumbuhan hias. Beberapa perusahaan atau kantor-kantor tertentu ingin praktis dalam memenuhi kebutuhan tanaman hias di dalam kantor mereka. Sehingga mereka menyewa pot-pot bunga ke nurseri-nurseri dalam jangka beberapa minggu atau bulan sehingga mereka akan mendapatkan tumbuhan segar dan sehat tanpa harus dengan memiliki sendiri tukang kebun dan kebun atau green house untuk merawatnya. Terutama lagi untuk jenis-jenis bunga hias semacam Anggrek yang perawatannya membutuhkan perhatian khusus dan tidak semua orang cakap dalam perawatannya. Dan kantor-kantor akan mendapatkan keuntungan yaitu selalu tersedia anggrek-anggrek yang sudah berbunga dan selalu tergantikan dengan yang baru yang juga sudah berbunga. Semuanya ini mungkin untuk dilakukan karena nurseri memiliki persediaan pot-pot anggrek yang sudah berbunga dalam jumlah yang banyak.

Jual beli tumbuhan hias sekarang juga sudah tidak terlalu sulit. Di era internet saat ini maka penjual dan pembeli tidak harus selalu bertemu secara langsung. Sekarang orang bisa memasarkan atau menawarkan barang dagangan melalui internet. Meskipun penjual dan pembeli tidak bertemu secara langsung namun tetap saja kejujuran dan kualitas barang dagangan juga harus tetap diperhatikan. Termasuk dalam jual beli tumbuhan hias ini, jangan sampai anda menjual tidak sesuai dengan apa yang anda promosikan. Karena kepercayaan pembeli sangat mahal harganya. Apabila pembeli tertipu akibat barang yang kita jual tidak sesuai dengan yang kita janjikan atau pembeli tidak puas dengan pelayanan kita maka pembeli tidak akan kembali lagi membeli ke kita. Jika pembeli puas dengan pelayanan dan kualitas barang sesuai dengan promosi, maka pembeli tersebut kemungkinan besar akan menjadi pelanggan tetap yang akan membeli berkali-kali ke kita. Hal ini secara jangka panjang akan baik untuk bisnis kita. Yang perlu diperhatikan lagi adalah tentang permasalahan pengemasan saat proses pengiriman tumbuhan hias. Anda perlu mempelajari teknik-tekni pengemasan sehingga tumbuhan hias tidak malah menjadi mati saat sampai ditujuan dan tidak bisa hidup saat ditanam. Namun apapun itu jangan anggap semua ini adalah suatu kesukaran yang menyurutkan niat anda untuk terus berusaha. Teruslah berusaha dan mencoba hingga anda mencapai puncak kesuksesan. Salam hangat dari idehidup.com untuk anda.