Pengendalian Diri adalah Kunci Kesuksesan Hidup

Salah satu kunci kesuksesan adalah kemampuan untuk mengendalikan diri. Pernahkah anda mengalami bahwa hanya untuk memenuhi kebutuhan primer (sandang, pangan, papan) itu saja ternyata uang gaji sudah menipis dan hanya cukup untuk memenuhi kebutuhan lain selama satu bulan sampai gajian lagi. Akhirnya mau tidak mau maka kita harus menahan dan mengendalikan diri untuk memenuhi kebutuhan-kebutuhan sekunder. Baru nanti ketika sampai awal bulan lagi ternyata ada sisa uang dari bulan sebelumnya maka bisa ditabung atau sisa uang tadi dikumpulkan dan semoga bila sudah terkumpul bisa untuk dibelikan kebutuhan sekunder apa yang kita inginkan. Memang terkadang ada saja kebutuhan-kebutuhan mendesak lainnya yang tidak terduga yang tiba-tiba saja harus segera dipenuhi. Yah, apa boleh buat lagi, maka uang yang sudah terkumpul itu tadi dipakai untuk memenuhi kebutuhan mendesak. Terus bagaimana dengan kebutuhan sekunder yang hampir terpenuhi itu tadi? ya terpaksa harus ditunda lagi realisasinya, nabung lagi nabung lagi Coy… sabar… sabar… Namun nanti akhirnya kita akan paham dan mengerti bahwa cara meraih kesuksesan salah satu diantaranya adalah kita harus menguasai ketrampilan pengendalian diri.

Menjadi orang yang kuat, tangguh, penuh kesabaran, dan tekun dalam meraih kesuksesan hidup

rahasia kesuksesan, doa kesuksesan, kata mutiara kesuksesan, cara meraih kesuksesanNamun jangan khawatir, kemampuan untuk menahan dan mengendalikan diri dari apa yang kita inginkan ini tadi sebenarnya akan membentuk kita menjadi orang yang kuat, tangguh, penuh kesabaran, dan tekun dalam meraih kesuksesan hidup. Terkadang memang rasanya pahit, namun inilah hidup, inilah realita hidup yang harus dijalani oleh setiap manusia. Kekuatan berupa kesabaran ini yang nantinya menjadi kunci pembeda bagi masing-masing orang untuk mencapai kesuksesan di bidangnya masing-masing. Pengusaha-pengusaha sukses itu semua pastinya pernah mengalami masa-masa sulit dalam hidupnya. Nah yang membedakan mereka dengan orang kebanyakan adalah mereka pantang menyerah dalam masa-masa sulit pada kehidupannya. Iya memang mereka juga manusia biasa seperti kebanyakan orang, mereka merasakan depresi, mereka merasakan stress, merasakan merasa terpuruk, merasa diri tidak berguna.

Mereka akan menduplikasi bekali-kali cara menuju kesuksesan

Namun mereka tidak merasakan depresi, stress, terpuruk, merasa diri tidak berguna dalam waktu lama dan berlarut-larut karena mereka segera sadar diri untuk bangkit menyusun rencana lalu menjalankan rencana tersebut dengan sungguh-sungguh dan konsisten. Dengan pantang menyerah mereka jatuh bangun dalam proses menuju kesuksesan. Sekali mereka sukses maka mereka akan menduplikasinya bekali-kali cara menuju kesuksesan yang ditemukan ini hingga sukses merekapun juga akan menjadi berlipat-lipat. Mereka mempelajari pola kehidupan. Mereka mempelajari pola bagaimana kesuksesan itu bisa tercapai. Karena selama ini mereka mempelajari bagaimana cara untuk mencapai kesuksesan. Dan akhirnya mereka mendapatkan dan menguasai cara-cara metode-metode bagaimana cara mendapatkan kesuksesan. Mereka itu adalah orang-orang yang selalu belajar. Otak mereka mereka pakai untuk terus berfikir untuk terus dan terus menggapai dari satu kesuksesan ke kesuksesan-kesuksesan yang lain. Karena pada dasarnya rumus kesuksesan itu bisa berlaku secara umum (universal).

Jangan lupa memohon kepada Yang Maha Kuasa dengan doa kesuksesan

Nah, kembali lagi pada ketika ternyata kita tidak atau belum berhasil mencapai mendapatkan apa yang kita inginkan karena ternyata uang gajian kita cukup tipis dan hanya mampu untuk memenuhi kebutuhan primer bulanan maka jangan berkecil hati. Apalagi bila kita sudah mengumpulkan uang sedikit demi sedikit selama beberapa bulan dari sisa uang yang telah dipakai untuk kebutuhan primer, dan ternyata uang yang sudah terkumpul itu tadi ternyata karena suatu kebutuhan mendesak akhirnya habis terpakai, maka jangan merasa sedih. Karena ini semua sebenarnya bila kita pikir dan renungkan secara mendalam adalah bagian dari proses perjalanan pembelajaran bagi kita untuk mecapai kesuksesan lain yang besar. Bila kita berfikir lebih lanjut maka kita akan memikirkan bagaimana cara mendapatkan penghasilan tambahan di luar gaji bulanan. Entah itu dengan menambah jam kerja dengan mengambil lembur atau menambah pekerjaan di lain tempat. Atau bisa juga akhirnya mengarahkan pikiran kita untuk mulai melirik untuk membuat bisnis (entrepreneur). Terus berusaha dan jangan lupa untuk memohon kepada yang maha kuasa dengan doa kesuksesan.

Tiada kata mutiara kesuksesan yang benar-benar ampuh dan terbukti keberhasilannya selain kita perjuangkan dengan aksi-aksi nyata

Ya, jalan untuk mengarah ke kesuksesan itu terkadang memang dari jalan yang tidak disangka-sangka. Bisa jadi bisnis yang berawal dari keinginan untuk mendapatkan uang tambahan untuk memenuhi kebutuhan di luar gaji bulanan ini bisa terus berkembang menjadi besar dan nilai keuntungannya mengalahkan jumlah gaji bulanan. Akhirnya juga mungkin kesuksesan menjalankan bisinis sampingan ini bisa mengantarkan untuk keluar dari menjadi karyawan (bekerja ikut orang atau badan usaha lain) menjadi menjalankan bisnis milik sendiri. Bila bisnis tersebut besar hingga tidak mungkin jika diurus sendiri maka akhirnya perlu untuk mempekerjakan orang lain untuk membantu menjalankannya. Bila sudah seperti itu maka menjadi bos juga akhirnya. Nah, kembali ke awal tentang kesuksesan seperti yang telah dibahas di paragraf-paragraf sebelumnya itu tadi, bila ukuran kesuksesan itu adalah pencapaian kebebasan finansial melalui jalan mempunyai bisnis milik sendiri, maka bisa dikatakan telah sukseslah ketika telah memiliki bisnis sendiri. Tiada kata mutiara kesuksesan yang benar-benar ampuh dan terbukti keberhasilannya selain kita perjuangkan dengan aksi-aksi nyata untuk mencapai keberhasilan meraih kesuksesan tersebut. Salam hangat dari idehidup.com, semoga hari-hari anda dipenuhi dengan inspirasi untuk melangkah menuju kesuksesan.