Rahasia Cara Bisa Investasi, Menabung, dan Menjadi Kaya Melalui Hidup di Bawah Standar Penghasilan

Hidup di bawah standar penghasilan (live below your means) merupakan salah satu satu langkah dalam strategi  untuk mencapai keuangan pribadi (personal finance) yang stabil dan strategi untuk mencapai kebebasan finansial. Secara umum hidup dengan di bawah standar penghasilan adalah suatu hal yang susah dilakukan. Hal ini karena kecenderungan pada kebanyakan orang adalah membelanjakan semua uang yang dihasilkannya untuk segala macam kenyamanan dan kemewahan.

Pembahasan secara umum mengenai cara mencapai kebebasan finansial telah diuraiakan pada artikel idehidup.com yang berjudul Rahasia Cara Mencapai Kebebasan Finansial.

Dengan kata lain kebanyakan orang adalah memperturutkan ego dan hawa nafsunya tanpa berpikir panjang jauh ke depan. Akibatnya sebagian besar orang  juga banyak yang terjerat hutang, terus merasa kurang dengan apa yang dimiliki, serta kebingungan karena kurangnya uang saat di akhir bulan, serta krisis-krisis keuangan pribadi lainnya. Oleh karena itu hidup di bawah standar penghasilan bisa dijadikan salah satu cara untuk mengatasi semua permasalahan tersebut. Dengan demikian, pelaksanaan hidup di bawah standar penghasilan juga merupakan salah satu Cara Mengatur Keuangan Pribadi.

investasi yang menguntungkan, investasi terbaik, investasi adalah, investasi paling menguntungkan, investasi aman, investasi aman dan menguntungkan, investasi artinya, investasi bagi pemula, investasi bisnis, investasi dengan modal kecil, investasi dana pensiun, investasi hari tua, investasi kecil-kecilan, investasi menguntungkan, investasi modal kecil, investasi mahasiswa, investasi masa muda, investasi masa depan yang menguntungkan, investasi modal 500 ribu, investasi nyata, investasi nyata menguntungkan

Mengapa prinsip hidup di bawah standar penghasilan bisa dijadikan solusi dalam mengatasi krisis keuangan pribadi dan bahkan bisa digunakan untuk mencapai kebebasan finansial. Jawabannya adalah terletak pada peningkatan kemampuan dan kesiapan seseorang untuk mengatasi segala macam tantangan finansial yang menghadang di kehidupan.

Dengan pencapaian finansial tertentu atau bahkan sampai mendapatkan kebebasan finansial, maka kebutuhan-kebutuhan kehidupan seperti dana kesehatan, dana pendidikan anak, dana pensiun jaminan hari tua, dana cadangan, dan kebutuhan-kebutuhan dana lainnya dalam mengarungi kehidupan tidak menjadi suatu hal yang mengkhawatirkan. Setidaknya kebutuhan-kebutuhan kehidupan yang memerlukan dana dapat tercukupi sehingga lebih bisa menambah ketenangan dan kebahagiaan dalam kehidupan.

Hidup di bawah standar penghasilan itu artinya seseorang dengan penghasilan yang didapatnya menggunakan uangnya tersebut dengan standar di bawah dari sebetulnya yang mampu dia dapatkan dari penghasilan (income) yang dimilikinya.

Prinsip hidup di bawa standar penghasilan ini artinya bisa jadi seseorang itu mampu membeli mobil keluaran terbaru, HP (Hand Phone) keluaran terbaru, mampu membeli motor keluaran terbaru, makan di restoran mewah, namun orang tersebut mampu menahan keinginannya untuk memiliki itu semua dan memilih untuk tetap mempertahankan memakai mobil lamanya yang penting mobilnya tersebut tidak sering mogok dan masih nyaman dinaiki. Orang tersebut tetap bertahan dengan HP lamanya karena dia memiliki prinsip yang penting HP itu adalah bisa digunakan untuk berkomunikasi dengan keluarga menghubungi rekan bisnis dan kebutuhan dasar berkomunikasi lainnya. Sebetulnya orang tersebut mampu makan di restoran mewah namun dia lebih memilih untuk lebih sering memasak makanannya sendiri dan makan di rumah bersama keluarga.

Kemudian sisa uang yang ada dipergunakan untuk apa? ingatlah prinsip tentang menabung dan investasi. Jadi sisa uang tersebut dipergunakan untuk kegiatan menabung, investasi. Inilah mengapa sebetulnya tidak ada alasan untuk tidak bisa menabung dan investasi. Turunkan standar gaya hidup maka anda bisa menabung dan bisa investasi.

Dengan kata lain kemampuan pengendalian diri sangat perlu dan sangat berperan dalam suksesnya melaksanakan prinsip hidup di bawah standar penghasilan. Selain itu, prinsip hidup sederhana juga sangat relevan/sesuai dengan prinsip hidup dibawah standar penghasilan ini. Seseorang yang sudah terbiasa hidup sederhana maka dia tidak kaget dan tidak kikuk lagi dalam menjalani hidup di bawah standar penghasilan.

Inilah alasan mengapa hidup di bawah standar penghasilan perlu dijadikan salah satu prinsip yang perlu dilakukan untuk mencapai keuangan pribadi (personal finance) yang stabil, solid, dan tidak mudah ambruk.