Rahasia Kesuksesan Apple: Kesuksesan Meraih Keberhasilan Setelah Banyak Mencoba dan Gagal

Artikel kesuksesan ini akan menggali tentang rahasia kesuksesan perusahaan Apple yang bisa diterapkan pada usaha pencapaian kesukesan hidup semua orang. Terkadang memang seseorang hanya melihat pada puncak keberhasilan saja tanpa melihat banyak usaha-usaha sebelumnya yang mengalami kegagalan banyak sekali. Bangunan megah kesuksesan berdiri dari susunan batu bata kegagalan demi kegagalan. Kebanyakan orang begitu silau saat melihat keberhasilan seseorang. Fantastis inspiratif dan membangkitkan decak kagum ketika membaca artikel atau menonton video tentang keberhasilan-keberhasilan orang-orang sukses itu tadi.

Jarang ada sekali yang menceritakan kesusahan-kesusahan dan jenis-jenis kegagalan yang pernah dialami oleh orang-orang sukses tersebut. Padahal kesusahan dan kegagalan adalah bagian dari cerita panjang rahasia kesuksesan. Justru yang kebanyakan dilihat adalah kesuksesan dan keberhasilan mereka saja. Selalu ada perjuangan di balik setiap kesuksesan karena memang pada intinya kesuksesan memerlukan proses dan proses itu sendiri memerlukan ruang dan waktu. Kehidupan itu sendiri merupakan susunan dari proses-proses yang terjadi. Semua kehidupan pasti mengalami proses-proses yang membedakannya adalah apakah proses-proses yang terjadi itu mengarah ke arah yang lebih baik, atau mengarah ke kegagalan.

kata mutiara kesuksesan,  motivasi kesuksesan,  artikel kesuksesan,  pengertian kesuksesan,  kesuksesan seseorang,  rahasia kesuksesan,  arti kesuksesan,  kesuksesan hidup

Rahasia kesuksesan apple dan kesuksesan-kesuksesan lainnya adalah bahwa kesuksesan memerlukan proses yang melibatkan penyusunan rencana-rencana, bukan hanya satu rancana tetapi banyak rencana. Dari sekian banyak rencana-rencana yang sudah dijalankan maka akan terlihat mana-mana yang berhasil dan mana-mana yang gagal. Bila ternyata banyak rencana yang gagal maka jangan berkecil hati, karena kegagalan-kegagalan tersebut akan memberikan pelajaran bagaimana cara menyusun rencana yang akan mengarahkan ke kesuksesan/keberhasilan. Dan akhirnya akan tercapailah kesuksesan keberhasilan setelah mangalami serangkaian kegagalan demi kegagalan.

Seperti halnya yang terjadi pada perusahaan Apple, barangkali yang sering kita ketahui adalah cerita dan berita mengenai keberhasilan produk-produk apple saja. Tidak banyak orang yang tahu mengenai rahasia kesuksesan apple. Padahal ternyata banyak juga produk-produk apple yang mengalami kegagalan di pasaran. Sebut saja produk-produk apple seperti eWorld, iTunes Ping, Macintosh TV, MobileMe, 20th Anniversary Mac, Apple Bandai Pippin, Apple Macintosh Portable, ROKR, Apple III, Apple Lisa, MessagePad, Power Mac G4 Cube, iPod Hi-Fi, yang kesemuanya itu menurut beberapa pihak dinilai gagal di pasaran. Dari sini bisa terlihat bahwa di balik kesuksesan mereka ternyata juga ada kegagalan-kegagalan yang menyertainya. Namun itulah rahasia kesuksesan yang berlaku umum bagi semua orang. Yaitu bahwa jangan pernah menyerah bila mengalami kegagalan dan mencobalah sebanyak mungkin berbagai macam usaha.

Demikianlah tentang apple dengan perjalanan tentang produk-produk gagalnya hingga akhirnya mampu mencapai keberhasilan penjualan produk-produk yang sukses di pasaran. Demikian pula dengan kesuksesan seorang anak manusia. Tentunya kesuksesan mereka setelah mengalami fase-fase kegagalan yang mereka lalui dengan penuh ketabahan. Mereka selalu mempunyai banyak rencana untuk dilaksanakan. Mereka siap menggapai puncak-puncak kesuksesan dengan semangat abadi yang tak pernah padam. Kegagalan adalah hal biasa bagi mereka, mereka sudah kenyang dengan kegagalan. Gagal, terjatuh, terperosok, dan bangkit lagi dan lagi. Sesekali mereka memang berhenti, mengambil nafas sebentar, kemudian lari lagi mengejar mimpi. Inilah rahasia kesuksesan orang-orang itu. Berkali-kali mereka gagal, sesekali mereka memang sedih, terpuruk, stres, tertekan dan depresi, namun mereka tidak berlama-lama dengan itu, kemudian mereka bangkit lagi dan berusaha kembali mengajar rencana-rencana yang telah ditetapkan.

Mereka sadar bahwa kegagalan itu merupakan hal yang biasa ditemui dalam proses perjalanan mencapai kesuksesan. Kegagalan adalah teman mereka, sehingga mereka tahu secara mendalam tentang kegagalan, mereka sadar bahwa kesuksesan tanpa kegagalan adalah sesuatu yang tidak mungkin ada. Mereka mencapai kesuksesan adalah setelah mengetahui dan paham tentang seluk-beluk kegagalan. Kegagalan bagi mereka adalah bukan sesuatu untuk ditakuti, namun bagi mereka kegagalan merupakan bagian dari kesuksesan.

Karena mereka pernah mendengar pula ungkapan tentang seruan untuk menghabiskan jatah kegagalan hingga tak tersisa dan yang ada tinggalah kesuksesan. Dengan demikian, rahasia kesuksesan bahwa pantang menyerah dan terus mencoba ini bisa jadi sudah diketahui banyak orang, namun memang dalam prakteknya meskipun mereka tahu rahasia ini tetapi mereka tidak bisa menerapkannya. Berarti memang kita harus menyadari bahwa untuk sukses itu diperlukan kepantang menyerahan dan terus mencoba hingga kesuksesan ada di tangan kita. Salam hangat dari idehidup.com dan Selamat berjuang.